Hasil Ringkasan
ABSTRAK Fathia Aulia Rahmah

Jumlah halaman: 5 · Jumlah kalimat ringkasan: 25

PENGARUH GREEN MARKETING DAN PERCEIVED INNOVATION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DAN KEAMANAN LINGKUNGAN (Kasus Pada Konsumen Love Beauty and Planet di Jawa Barat) TESIS Oleh: Fathia Aulia Rahmah 21320008 Program Studi Magister Biomanajemen INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Agustus 2021 PENGARUH GREEN MARKETING DAN PERCEIVED INNOVATION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DAN KEAMANAN LINGKUNGAN (Kasus Pada Konsumen Love Beauty and Planet di Jawa Barat) Oleh Fathia Aulia Rahmah 21320008 Program Studi Biomanajemen Institut Teknologi Bandung Menyetujui Tim Pembimbing 18 Agustus 2021, Pembimbing 1 Pembimbing 2 ______________________ ______________________ Dr. Mia Rosmiati, Ir., MP Dr. Sofiatin, S. Hut, M.Si ABSTRAK PENGARUH GREEN MARKETING DAN PERCEIVED INNOVATION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DAN KEAMANAN LINGKUNGAN (Kasus Pada Konsumen Love Beauty and Planet di Jawa Barat) Oleh Fathia Aulia Rahmah 21320008 Program Studi Biomanajemen Green marketing merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh suatu pelaku usaha dengan tujuan untuk menyediakan produk yang ramah lingkungan bagi konsumen targetnya, salah satunya bagi perusahaan skincare. Salah satu brand yang menggunakan konsep peduli lingkungan adalah Love Beauty and Planet. Love Beauty and Planet memiliki beragam inovasi yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan manfaat kepada konsumen dan khususnya juga kepada lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara green marketing dan perceived innovation terhadap loyalitas konsumen dan keamanan lingkungan serta mengetahui efektivitas dari variabel loyalitas konsumen dalam memediasi variabel green marketing dan perceived innovation terhadap keamanan lingkungan. Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh dari variabel independent (green marketing dan perceived innovation), variabel intervening (loyalitas konsumen) dan variabel dependent (keamanan lingkungan) menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOS versi 26.0. Hasil uji hipotesis dari SEM digunakan untuk membandingkan hipotesis awal dengan nilai hipotesis hasil pengujian. Kemudian nilai dari standardize direct effect dan standardize indirect effect dapat menentukan efektivitas dari varibel loyalitas konsumen dalam memediasi variabel green marketing dan perceived innovation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel green marketing berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dan keamanan lingkungan. Hal ini terjadi karena upaya green marketing dan inovasi yang dilakukan oleh perusahaan seperti produk yang terbuat dari bahan-bahan alami, kemasan yang dapat didaur ulang dan teknologi cepat bilas pada kondisioner yang dapat meningkatkan manfaat bagi konsumen dan lingkungan, dikategorikan baik (70,37%) dan sangat baik (14,07%) berdasarkan persepsi konsumen. Variabel perceived innovation mempengaruhi keamanan lingkungan melalui loyalitas konsumen. Artinya, inovasi produk yang dirasakan oleh konsumen menyebabkan konsumen menjadi loyal dan pada akhirnya mempengaruhi keamanan lingkungan. Kata Kunci: green marketing, keamanan lingkungan, loyalitas konsumen, perceived innovation, SEM. "#$%#&'(')*. . . . . . . . . . . . . . +,-#$!.#/0)/0)$1!2. . 3+45!")6!7,-/)6&)*!845*!".9. +,-#$!.#/0)/0)$1!88. . 3+45!:,;)6&)$*!:5!<'&*!"5:)9. ABSTRACT THE INFLUENCE OF GREEN MARKETING AND PERCEIVED INNOVATION ON CONSUMER LOYALTY AND ENVIRONMENTAL SECURITY (Case of Love Beauty and Planet Consumers in West Java) By Fathia Aulia Rahmah 21320008 Green marketing is one of the efforts made by a business actor with the aim of providing environmentally friendly products for target consumers, one of which is for skincare companies. One brand that uses the concept of caring for the environment is Love Beauty and Planet. Love Beauty and Planet has a variety of innovations carried out with the aim of providing benefits to consumers and in particular also to the environment. So this research was conducted for the purpose of knowing the effect of green marketing and perceived innovation on consumer loyalty and environmental safety and knowing the effectiveness of consumer loyalty variables in mediating green marketing and perceived innovation variables on environmental safety. The method used to analyze the effect of the independent variables (green marketing and perceived innovation), the intervening variable (consumer loyalty) and the dependent variable (environmental security) using SEM (Structural Equation Modeling) with AMOS software version 26.0. The results of hypothesis testing from SEM are used to compare the initial hypothesis with the value of the hypothesis test results. Then the value of the standardize direct effect and standardize indirect effect can determine the effectiveness of the consumer loyalty variable in mediating the green marketing and perceived innovation variables. The results showed that the green marketing variable had an effect on consumer loyalty and environmental safety. This happens because the green marketing and innovation efforts made by the company based on consumer perceptions are categorized as very good (70.37%) and good (14.07%). The perceived innovation variable affects environmental security through consumer loyalty. That is, product innovation perceived by consumers causes consumer loyalty and ultimately affects environmental safety. Keywords: green marketing, environmental safety, consumer loyalty, perceived innovation, SEM..