47 DAFTAR PUSTAKA Allen, M., & Sites, R. (2012). Leaving ADDIE for SAM: An Agile Model for Developing the Best Learning Experience. United States of America: The American Society for Training & Development. An'nur, S., & Noor, A. F. (2015, November). Perbedaan Hasil Belajar Antara yang Menggunakan Model Pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation) dan EIA (Exploration Introduction Application) pada Siswa Kelas XI IPA SMA NEGERI 4 Banjarmasin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 185-193. Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Alat Pirolisis Sampah Plastik sebagai Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan di SMP Musi Rawas. Journal of Natural Science Teaching, 95-104. Bouhnik, D., & Deshen, M. (2014). WhatsApp Goes to School: Mobile Instant Messaging between Teachers and Students. Journal of Information Technology Education: Research, 217-231. Buyuaji, P., Hikmawati, & Rahayu, S. (2017, Maret 1). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar MIPA, 15-18. Darmayanti, N. S., & Wijaya, I. B. (2020). Evaluasi Pembelajaran IPA. Bali: Nilacakra. Elwi, L. C., Festiyed, & Djusmaini. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 97-104. Erryanti, M. R., & Poedjiastoeti, S. (2013). Lembar Kerja Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses Materi Zat Aditif Makanan untuk Siswa Tunarungu SMALB-B. UNESA Journal of Chemical Education, 51-58. Fajarini, A. (2018). Diklat Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar IPS. Jember: FTIK IAIN Jember. Fitriani, N., Gunawan, & Sutrio. (2017, Juni). Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 24-33. Giancoli, D. C. (2001). Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Giancoli, D. C. (2005). Physics : Principle with Applications Sixth Edition. London: Prentice Hall International, Inc. Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of E-Learning through Whatsapp as a Teaching Learning Tool. MVP Journal of Medical Sciences, 19-25. Gonzalez, T., Rubia, M. A., Hincz, K. P., Comas-Lopez, M., Subirats, L., Fort, S., & Sacha, G. M. (2020). Influence of COVID-19 confinement on students' performance in higher education. 1-23. Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginantra, N. S., Manuhutu, M. A., . . . Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis. 48 Herdianawati, S., Fitrihidajati, H., & Purnomo, T. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Inkuiri Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Daur Biogeokimia Kelas X. BioEdu, 99-104. Ibrahim, Kosim, & Gunawan. (2017, Juni). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedure (CUPs) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 14-23. Jafar Al-idrus, S. Q., Hikmawati, & Wahyudi. (2015, Maret). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Video Kartun terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Sikur Tahun 2014/2015. Jurnal Pijar MIPA, 22-25. Jannah, J. L., Zainuddin, & Mastuang. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 10 Banjarmasin dengan Menggunakan Model kooperatif Tipe Stad pada Materi Fluida Statis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 33-43. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kulsum, & Nugroho.