45 Bab V Kesimpulan Penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa telah dikembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik berbantuan PhET Simulations dengan model pengembangan ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi LKPD dilakukan oleh dua orang validator yaitu satu orang dosen pendidikan fisika dan satu orang guru IPA. LKPD dinilai dari aspek penyajian, materi, dan kebahasaan. Aspek penyajian memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik, aspek materi memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat baik, dan aspek kebahasaan memperoleh persentase 87% dengan kategori sangat baik. LKPD yang telah divalidasi kemudian diimplementasikan kepada peserta didik kelas IX di salah satu SMP di Tasikmalaya. Peserta didik yang mengerjakan LKPD getaran berjumlah 18 orang dan peserta didik yang mengerjakan LKPD gelombang berjumlah 16 orang. Nilai rata-rata LKPD getaran yaitu 80 artinya sudah memenuhi KKM dan rata-rata nilai rata-rata LKPD gelombang yaitu 73 artinya belum memenuhi KKM. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peserta didik lebih memahami materi getaran. Simpangan baku untuk LKPD getaran yaitu 19 dan simpangan baku untuk LKPD gelombang yaitu 26. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKPD getaran lebih mendekati rata-rata dibandingkan LKPD gelombang. Nilai rata-rata materi getaran dan gelombang dengan pembelajaran tanpa PhET dari guru IPA yaitu 63. Hasil nilai rata-rata LKPD berbasis pendekatan saintifik berbantuan PhET lebih tinggi dari nilai hasil pembelajaran konvensional. Setelah mengerjakan LKPD, peserta didik mengisi angket yang berjumlah 25 butir indikator pernyataan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap LKPD yang digunakan. Persentrase paling tinggi sebesar 86% dengan kategori setuju terdapat pada indikator nomor 2 mengenai tampilan cover LKPD menarik, indikator nomor 18 mengenai kemampuan peserta didik membuat kesimpulan dari setiap percobaan, dan indikator nomor 22 mengenai peserta didik lebih paham materi getaran dan gelombang ketika pembelajaran menggunakan LKPD berbantuan PhET Simulations dibandingkan dengan pembelajaran seperti biasanya. Rata-rata respons peserta didik pada LKPD yang telah dibuat diperoleh respons positif dengan persentase 27% sangat setuju dan 68% setuju. Selain itu juga diperoleh respons negatif dengan persentase 5% tidak setuju. 46 Hasil komentar peserta didik nomor 3 terhadap LKPD mengatakan bahwa adanya LKPD berbantuan PhET Simulations sangat membantu karena sebelumnya tidak melakukan praktikum getaran dan gelombang..