MODEL MATEMATIS INTEGRASI PERMASALAHAN ALOKASI SANDAR KAPAL , PENUGASAN CRANE DAN ALOKASI LAPANGAN PENUMPUKAN DI TERMINAL PETI KEMAS TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh MAULANA YAFIE DANENDRA NIM: 94518001 (Program Studi Magister Logistik) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG September 2020 i ABSTRAK MODEL MATEMATIS INTEGRASI PERMASALAHAN ALOKASI SANDAR KAPAL, PENUGASAN CRANE DAN ALOKASI LAPANGAN PENUMPUKAN DI TERMINAL PETI KEMAS Oleh Maulana Yafie Danendra NIM: 94518001 (Program Studi Magister Logistik) Merencanakan kegiatan operasional yang optimum pada sebuah terminal peti kemas dapat membantu meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya yang dimiliki oleh terminal. Perencanaan tersebut diantaranya meliputi permasalahan alokasi tambatan/berth allocation problem (BAP) untuk menentukan lokasi sandar sebuah kapal, penugasan quay crane pada sebuah kapal untuk menentukan lama layanan/quay crane assignment problem (QCAP) serta perencanan alokasi lapangan penumpukan/storage space allocation problem (SSAP) untuk menentukan lokasi penyimpanan sementara muatan dari sebuah kapal peti kemas. Pada penelitian ini telah dikembangakan model matematis yang mengakomodasi integrasi antara BAP,QCAP,dan SSAP yang mempertimbangkan karakteristik dermaga yang diskrit, karakteristik waktu yang dinamis dengan tenggat waktu dan menggunakan horison waktu bergulir. Fungsi tujuan pada formulasi matematis penelitian ini adalah meminimasi total biaya yang timbul pada perencanaan dengan meminimumkan biaya akibat penundaan layanan bongkar muat, penambahan quay crane untuk sebuah kapal, dan biaya transportasi akibat pemindahan peti kemas antara blok dengan dermaga. Formulasi yang dihasilkan merupakan model Mixed Integer Quadratic Programming (MIQP). Analisis perbandingan antara integrasi model matematis dengan dekomposisi model matematis menunjukkan bahwa, pengintegrasian alokasi tambatan, penugasan quay crane, dan alokasi lapangan penumpukan memberikan hasil yang lebih optimum dengan selisih 4% terhadap dekomposisi model dari permasalahan yang sama yang dilakukan pada penelitian. Kata kunci: Integrasi perencanaan, perencanaan alokasi tambatan, penugasan quay crane, perencanaan alokasi lapangan penumpukan. ii ABSTRACT MATHEMATICAL MODELS OF INTEGRATED BERTH ALLOCATION, CRANE ASSIGNMENT AND STORAGE SPACE ALLOCATON PROBLEM IN A CONTAINER TERMINAL By Maulana Yafie Danendra NIM: 94518001 (Master’s Program in Logistics) Planning an optimum operational activities at a container terminal can help improve the efficiency of terminal’s resource usage. The planning includes berth allocation problem (BAP) to determine the berthing location of a ship, assigning a quay crane to a ship to determine the length of its service (QCAP) as well as the stacking field/storage space allocation problem (SSAP) to determine the temporary storage location for the cargo of a container ship. In this research, a mathematical model has been developed which accommodates the integration between BAP, QCAP, and SSAP which considers discrete wharf characteristics, dynamic time characteristics with due dates while also using a rolling time horizon. The objective function of the mathematical formulation of this study is to minimize the total costs incurred in planning by minimizing costs due to delays in loading and unloading services, adding quay cranes for a ship, and transportation costs due to moving containers between blocks and berths. The resulting formulation is a Mixed Integer Quadratic Programming (MIQP) model. A comparative analysis between mathematical integration model with mathematical model decomposition shows that, the integration model of berth allocation problem, quay crane assignment, and storage space allocation problem gives more optimal results with a difference of 4% compared to the decomposition model of the same problem carried out in the study. Keywords: Integrated planning, berth allocation problem, quay crane assignment problem, storage space allocation problem. iii MODEL MATEMATIS INTEGRASI PERENCANAAN ALOKASI SANDAR KAPAL, PENUGASAN CRANE DAN ALOKASI LAPANGAN PENUMPUKAN DI TERMINAL PETI KEMAS HALAMAN PENGESAHAN Oleh Maulana Yafie Danendra NIM: 94518001 (Program Studi Magister Logistik) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Tim Pembimbing Tanggal ……………………….. Ketua ______________________ (Suprayogi, S.T., M.T., Ph.D) HALAMAN PERUNTUKAN.