150 VI.BABVI KESIMPULANDANSARAN VI.1TemuanStudi Berdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandiidentifikasitemuanstudi diantaranya: 1.TeridentifikasinyakarakteristikpenggunaanICTolehwanitadiKotaBandung a.Sebanyak66%respondenmenggunakanICTdimanasajadenganwaktu yangdihabiskanpalingbanyakselama3–10jamperharidengan persentase61%.TujuanpenggunaanICTrespondenjugatelah teridentifikasiyaituuntukbersosialataukomunikasisebesar93%, pencarianinformasi86%,danberbelanja68%haliniselarasdengan aplikasiICTyangdimilikirespondenyaitu80%respondenmenggunakan sosialmedia,dan67%respondenmenggunakane-commerce.Sosial mediayangpalingseringdigunakanrespondenadalahwhatsappdan Instagram,sedangkane-commerceyangpalingseringdigunakanadalah tokpeddanshopee. b.Dari230responden,47%respondenmelakukantelecommutingdan77% merupakantelecommutingparttime.Telecommutingparttimebanyak dilakukanolehrespondendenganpekerjaansebagaipegawaiswastaserta freelancer.Respondenlebihbanyakmelakukantelecommutingdirumah sebesar57%dandiworkplacesebesar31%. c.Berdasarkananalisischi-square,karakteristikusiasertastatusresponden dalamkeluargamempengaruhirespondendalampenggunaanICT. Respondenyangberusiamudadibawah30tahunakanmenghabiskan waktudalammenggunakanICTlebihlamadibandingkanresponden denganusiayanglebihtuayaitulebihdari30tahun. d.Statusrespondendalamkeluargajugamempengaruhitempatdanwaktu yangdihabiskandalampenggunaanICT.Wanitayangtinggaldengan 151 anakmemilihrumahsebagaitempatuntukmenggunakanICT.Selainitu wanitayangtinggalbersamaorangtuadanbelummenikahsertawanita yangtidaktinggalbersamaanak,menghabiskanwaktulebihlamadalam mengaksesinternetdibandingkanwanitayangtinggaldengananak. e.SedangkankarakteristikpenggunaanICTlainnyasepertibanyaknya aplikasiICTyangdigunakan,jenissosialmedia,tujuanpenggunaanserta kegiatanmultitaskingtidakbergantungterhadapkarakteristiksosial– ekonomiresponden. 2.TeridentifikasinyakarakteristikperilakuperjalananwanitadiKotaBandung a.51%respondenmelakukanperjalananrutindengantujuanbekerjadengan frekuensiperjalananyangdilakukanpadaharikerjaatauweekday. Respondenjugamasihcenderungmenggunakankendaraanpribadidalam melakukanperjalanannyadenganpersentasemenggunakanmotor47% danmobil21%. b.Respondenwanitamenunjukkanbahwapergerakanyangditempuhmasih terbatasdenganjarakterbanyakyangdipilihadalahdibawah10kmdengan waktutempuhtidaklebihdari45menit.Rantaiperjalananyangdilakukan punhanyamemilikisatusampaiduatujuanperjalanan.Halini menggambarkanbahwawanitasecaraumummasihmelakukanaktivitas bekerjanamundenganjaraktempatkerjadanwaktutempuhyangterbatas karenaparawanitamemilikiperilakuperjalanandibawahtekananwaktu danmemerlukantingkatintensitasperjalananyangtinggisehingga perjalanancenderungdekatdenganrumah(Craig&Tienoven,2019). c.Karakteristikperilakuperjalananrespondenditemukanbahwastatus pernikahanmempengaruhiperilakudalampemilihanmoda,penggunaan kendaraanpribadilebihbesarpadawanitayangsudahmenikahdan tinggaldengananaksementarapersentasepenggunaanangkutanumum sertamodatransportasinonmotorizedlebihbanyakdigunakanoleh wanitayangbelummenikah.Karakteristikparenthooddalamperilaku 152 perjalananmenunjukkanbahwakehadirananaksecaraumum meningkatkanpenggunaankendaraanpribadi(Chakrabarti&Joh,2019). d.SedangkanpenggunaanICTditemukanbahwasecaralangsungtidak mempengaruhiatautidakadahubungannyadenganperilakuperjalanan. Namun,kegiatantelecommutingditemukanadanyahubunganterhadap perilakuperjalanan.Respondenyangmempunyaijadwaltelecommuting lebihlamaternyatamempunyaijumlahperjalananyanglebihtinggi. Kegiatantelecommutingmenghasilkanjarakperjalananrata-rataper perjalananmeningkat(Zijlstra,2015)dankegiatanmenghilangkan perjalananpulangpergijugadapatmeningkatkanperjalananuntuktujuan lain(Kim,Choo,&Mokhtarian,2015).Pengaruhinimemberikanefek penambahanperjalananbaruatauefekgenerasi. 3.TeridentifikasinyapengaruhpenggunaanICTterhadapperilakuperjalanan wanitadiKotaBandung a.PadaanalisisdenganmetodeSEM-PLS,darisepuluhpengujianhipotesis pengaruhpenggunaanICTterhadapperilakuperjalananhanyasatuyang tidaksignifikanyaituwaktuyangdihabiskandalammenggunakanICT terhadappenambahanperjalananbaru.Hasilinimenunjukkanbahwa lamanyawaktupenggunaanICTtidakberpengaruhterhadappenambahan perjalananbaru. b.Sembilanhipotesislainnyamenunjukkanadanyapengaruhyang signifikan,yaitu: Adanyaaksesinternetdirumahmemilikiefekpositifpadapenggunaan ICT. KepemilikansmartphonememilikiefekpositifpadapenggunaanICT. PenggunaanICTmemilikiefekpositifpadawaktuyangdihabiskan. PenggunaanICTmemilikiefekpositifpadasikapdalammelakukan perjalananbaru. PenggunaanICTmemilikiefeknegatifpadasikapdalammelakukan perjalananfisik. 153 PenggunaanICTmemilikiefekpositifpadasikapdalammelakukan perubahanmoda. PenggunaanICTmemilikiefekpositifpadasikapdalammelakukan perubahanjadwal. Kegiatanmultitaskingmimilikiefekpositifpadasikapdalam melakukanperubahanjadwal Sikapdalammelakukanperubahanjadwalmemilikiefekpositifpada sikapdalammelakukanperubahanmoda. c.Hasilanalisisujimodelstructuralatauinnermodel,menunjukkanbahwa pengaruhpenggunaanICTterhadapperilakuperjalananmempunyai persentasepengaruhsebesar25.7%padapenambahanperjalananbaru. Adanyakemudahanbersosialmedianyatanyadapatmenghasilkan perjalananbarusepertimengunjungitempatbaruyangdiinfokanmelalui sosialmediaataumengunjungitemansecaraspontansetelahberaktivitas disosialmedia.Halinimembuktikanadadukunganyanglebihbesar untukhipotesisbahwainteraksiICTmendoronginteraksiFacetoface yanglebihbesar(Delbosc&Mokhtarian,2018).Karakteristikresponden wanitayangpalingberkontribusiadalahwanitasudahcukupmatangyakni berusialebihdari30tahun,denganstatusbekerja,sudahmenikah,wanita berpenghasilan2–5juta,sertatinggaldengananak. d.PenggunaanICTmempengaruhiperubahanjadwalperjalanansebesar 16.36%.Pararespondenmengungkapkanbahwadenganadanya kemudahaninformasidariinternetataumapsyangmemberitakankondisi lalulintasakanmendorongsikapmerekauntukmerubahjadwal perjalanansertaruteperjalanansecaraspontan.AdanyakegiatanICT menghasilkansetidaknyasatuperjalananmengalamimodifikasi(Konrad &Wittowsky,2018).. e.Perubahanjadwaldanruteperjalananmemberikanpengaruhyang signifikanterhadapperubahanmodaperjalanansebesar35.67%. Kemudahaninformasimengenaikondisilalulintassepertikemacetan, 154 banjir,kecelakaandanlainnyamendorongsikapwanitadalamperalihan modasebelummelakukanperjalanan.Karakteristikrespondenwanita yangpalingberkontribusipadaperubahanjadwaldanmodaperjalanan adalahwanitayangbelummenikahdantidaktinggaldengananak. Karakteristikinimenunjukkanbahwawanitayangtidaktinggaldengan anakakanlebihfleksibeldanmudahdalammelakukanperubahan perjalanansecaraspontan. f.SelainituadanyahubungannegatifantarapenggunaanICTterhadap perilakuperjalanansebesar3.6%.Respondenyangmelakukanbelanja onlinedalammemenuhikeperluansehari-hariternyatamenggantikan perjalananfisikdengantujuanberbelanja.Kegiatanpemeliharaanrumah tanggasecaraonlinememilikidampaklangsungpadaketerlibatanwanita dalamkegiatanfisik(Ren&Kwan,2009).Halinimenjelaskanbahwa penggunaanICTdapatmenggantikanperjalananketempatfisikseperti counterfisik,tokofisikdansebagainya. VI.2Kesimpulan Keterbatasanwanitadalammelakukanperjalanandibuktikanpadapenelitianini dimanarespondendalammelakukanperjalanansehari-harimemilikjaraktempuh yangrelativependek.Namun,kemudahanICTyangbertujuanuntukmenggantikan perjalananfisikternyatatidakselaludapatmengurangiataumenggantikanperjalanan fisik.Poinpertamapadahasilanalisischi-squaremenunjukkanbahwatidakadanya pengaruhyangsignifikanantaraICTdenganperilakuperjalanan,tetapipadakegiatan telecommutingditemukanbahwaadanyahubunganterhadapperilakuperjalananyaitu jadwalatauwaktutelecommutinglebihlamaternyatamempunyaijumlahperjalanan yanglebihtinggi.HaliniselarasdenganpenelitianZijlstra(2015)bahwakegiatan telecommutingmenghasilkanjarakperjalananrata-rataperperjalananmeningkat. Kim,Choo,&Mokhtarian(2015)jugaberpendapatbahwakegiatanmenghilangkan perjalananpulangpergijugadapatmeningkatkanperjalananuntuktujuanlain. BerikutnyapadaanalisisSEM-PLSdenganujimodelstructuralpengaruh penggunaanICTterhadapperilakuperjalananmenunjukkanadanyapengaruhyang 155 signifikan.Respondenwanitayangbekerjatetapiberstatussudahmenikahdan tinggaldengananakmempunyakarakteristiklebihaktifdalammenggunakanICT khususnyadalambersosialmedia.Adanyakemudahanbersosialmediadapat menghasilkanperjalananbarusehinggamenghasilkanefekgenerasi.Responden wanitamenikahdantinggaldengananakmenujukkaninteraksiICTmendorong interaksifisikyanglebihbesarsehinggamenghasilkanpermintaanperjalananyang lebihbesar. Padarespondenwanitayangbelummenikahmemberikankontribusiterhadap efekmodifikasidaripengaruhpenggunaanICTjugaterhadapperubahanjadwaldan ruteperjalanan.Pararespondenmenunjukkanbahwadenganadanyakemudahan informasidariinternetataumapsyangmemberitakankondisilalulintasakan mendorongsikapmerekauntukmerubahjadwalperjalanansertaruteperjalanan secaraspontandanjugamendorongsikapdalamperalihanmoda.Sikapdalam modifikasiperjalananinimenunjukkanbahwawanitayangbelummenikahdantidak tinggaldengananakakanlebihfleksibeldanmudahdalammelakukanperubahan perjalanansecaraspontan. Padawanitaberumahtanggayangtidakbekerjadantinggaldengananak menunjukkanefekpergantiandimanaterjadihubungannegatifantarapenggunaan ICTterhadapperilakuperjalanan.Halinimenunjukkanrespondentersebutselalu melakukanbelanjaonlinedalammemenuhikeperluansehari-haridanternyata merekamenggantiperjalananfisikdengantujuanberbelanja.Kegiatanpemeliharaan rumahtanggasecaraonlinememilikidampaklangsungpadaketerlibatanwanita dalamkegiatanfisikdengankatalainpenggunaanICTdapatmenggantikan perjalananketempatfisikseperticounterfisik,tokofisikdansebagainya(Ren& Kwan,2009). KesimpulandarihasilpenelitianiniyaknibahwapengaruhICTterhadap perilakuperjalananternyatamempunyaipengaruhyangsignifikanpadapenambahan perjalanansehinggatotalperjalananrespondenwanitadiKotaBandungsemakin meningkat.PerubahanmodayangdisebabkanolehkemudahanICTjugamenjadi 156 ancamanterhaaplonjakkankendaraanpribadidanberujungpadakemacetan.Halini dapatmenjadidasaruntukmenyusunrekomendasibahwakegiatanICTmembuat respondenwanitasemakinaktifdalammelakukanperjalanansertakegiatanICTyang dapatmenggantikanperjalanfisikjugadapatdigunakansebagaibahanpertimbangan penyusunanrekomendasi. VI.3Rekomendasi PenggunaanICTmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapperilaku perjalananwanita.Respondenwanitadenganstatustinggalbersamaanakdanbekerja menghasilkanlebihbanyakjumlahperjalananyangdiakibatkanolehICT.Responden melakukanperjalananbaruuntukbertemukerabatsertamengunjungitempatsecara spontansetelahmenggunakansosialmedia.Dalamupayamereduksiperjalananfisik yangdisebabkanolehICT,tidakmemungkinkanpararespondenwanitauntuk dibatasidalamhalmengaksesinternet,karenasaatiniaksesinternetatauICT semakintakterbatas.KemudahanICTinitentunyadapatdimanfaatkansecara maksimaldalammenggantikanperjalananfisik,yaitudenganadanyaaturanberupa kebijakanyangdapatmemaksarespondenuntukmematuhiperaturantersebut. Kebijakanberupaworkformhomeyangditerapkanpadaperusahaanatasperintah daripemerintahdapatmenekanjumlahperjalananfisikdengantujuanbekerja.Para respondenmemanfaatkanICTuntukbekerjadirumahtanpaharusmelakukan perjalanan. Kegiatanlainyangtelahtergambarkanolehrespondenadalahkegiatan berbelanjaresponden.KeberadaanE-commerceyangmengakomodirhampirsemua kebutuhansudahadadidalamsanasehinggapararespondendapatberbelanjasecara onlinetanpaharuspergiketokofisik.Dengandemikian,kegiatanseperti pemerintahan(e-government),Pendidikan(e-learning),kesehatan(e-healthy)dan sebagainyaperludioptimalkansertadiiringidengankebijakanyangmenunjangakan memberikandampakpositifdalammenekanjumlahperjalanankarenadapat memberikanefekpergantianlebihtinggiterhadapperjalananfisik. 157 Terkaitdenganperjalananbekerja,pemerintahjugadapatmemberikan kebijakanberupazonasipekerjaanbagiwanitayangmempunyaianak.Pemerintah memberikanaturanbagipekerjawanitayangmemilikianakuntukbekerjadicabang tempatkerjayangberadadizonasilokasihunian.Respondenyangbekerjaakan melakukanperjalananpendekketempatkerjatanpaharusmeningkatkanvolume kendaraandiperkotaan.Respondenyangmempunyaianakjugasudahharuspaham untukmemilihataumenempatkananaknyadisekolahatauyangdekatdenganrumah. Kebijakanzonasiuntuksekolahdaripemerintahsudahmendukungdalammenekan bangkitantarikanyangmelintasizona. PenggunaanICTyangjugamempengaruhirespondendalamperilaku perubahanjadwaldanperubahanmodadapatdiantisipasidengansolusiyang komprehensifyaiturenovasiangkutanumum.Renovasiangkutanumumdengan menerapkanjadwaloperasiangkutanumum,renovasihalte,renovasimodaadalah upayadalammenerapkankenyamananberangkutanumumsehinggadapatmenggeser peralihanmodadaripribadikeangkutanumum.Jikarespondentelahmengandalkan perjalanannyadenganmenggunakanmodaangkutanumum,pengaruhpenggunaan ICTyangmengakibatkanperubahanjadwalsertaperubahanmodatidakakan menghasilkanpenumpukankendaraanpribadiataukemacetan.Selainitu,pemerintah jugadapatmenerapkankebijakanre-schedulewaktumasukkerjadanwaktumasuk sekolahsehinggajumlahperjalananakanlebihteruraidiberbagaiwaktu.Jikawaktu perjalananrutinsama,halyangterjadiketikaadanyamasalahlalulintasakan menimbulkankemacetanyangparah. VI.4KelemahanPenelitian Beberapakelemahanyangditemukandalampenelitianiniadalahsebagai berikut: 1.Respondendalampenelitianinihanyawanitadenganusiaproduktifdantinggal diperkotaanKotaBandung,tidakmengambilrespondenyangtinggaldisekitar kotabandungataudaerahsuburbanperkotaan. 158 2.Dalampenelitianinitidakdilakukannyaperbandinganperilakuperjalanan wanitayangmenggunakanICTdanyangtidakmenggunakanICTjugatidak dilakukannyaperbandinganpenggunaanICTdiperkotaandanpenggunaanICT didaerahsuburbanperkotaanterhadapperilakuperjalanan VI.5PenelitianLanjutan Saranpenelitianlanjutanyangdapatdilakukanberdasarkanpenelitianiniyaitu: 1.Penelitianlanjutandenganmempertimbangkankewilayahansepertiurbanform danneighborhoodcharacteristics 2.Penelitianlanjutandenganrespondenrumahtanggadanmenambahkandata travelsdiaryrespondenselamasatuminggu 3.PenelitianlanjuutandenganmenghubungkanpenggunaanICTterhadapmode choice.