81 Bab V Kesimpulan V.1 Kesimpulan Dalam penelitian ini terdapat beberapa hal yang bisa disimpulkan sebagai berikut: 1. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan Roadroid dalam menetukan kondisi fungsional perkerasan jalan cukup valid pada kecepatan survei 20-40km/jam. Hal ini terlihat dari banyaknya pembacaan kondisi yang sama antara kondisi perkerasan berdasarkan IRI Roadroid kecepatan 20-40km/jam dengan kondisi perkerasan berdasarkan PCI, serta koefisien korelasi yang dihasilkan dari uji statistik yang telah dilakukan memperkuat pernyataan ini . 2. Berdasarkan kajian kualitas data diperoleh kualitas hasil pengujian terbaik terjadi pada kecepatan 20-40km/jam. Hal ini didapat dengan membandingkan error pengulangan terbanyak (diperoleh dari koefisien variasi) yang terjadi pada tiap kecepatan Adapun terhadap segmentasi, semakin panjang interval segmentasi yang digunakan semakin kecil pula error pengulangan yang terjadi. Adapun error pengulangan yang terjadi pada sebagian besar sampel IRI Roadroid kecepatan 20-40km/jam adalah