1 KAJIAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI ANGKUTAN PENYEBERANGAN RORO DAN ANGKUTAN DARAT PADA RUTE SURABAYA - MADURA TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh: M. HARRY NUGROHO NIM: 24214008 ( Program Studi Transportasi ) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2017 i ABSTRAK KAJIAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI ANGKUTAN PENYEBERANGAN RORO DAN ANGKUTAN DARAT PADA RUTE SURABAYA - MADURA Oleh: M. HARRY NUGROHO NIM: 24214008 ( Program Studi Transportasi ) Dengan adanya dua moda yang melayani koridor Surabaya – Pulau Madura terjadi persaingan antar moda yang berdampak negatif pada moda RO-RO. Pasca adanya tol jembatan Suramadu terjadi peningkatan perpindahan pengguna jasa RO-RO ke moda tol, sehingga produktivitas moda RO-RO terus menurun Oleh karena itu perlu diteliti kondisi eksisting moda penyeberangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi para pengguna jasa transportasi dalam memilih moda pada rute Surabaya – Pulau Madura. Penelitian ini mencoba melihat produktivitas moda ferry dan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi probabilitas pengguna jasa transportasi pada rute Surabaya – Pulau Madura dalam memilih moda transportasi dengan cara membandingkan struktur biaya antara tol dan RO-RO, serta dengan memodelkan probabilitas perpindahan moda menggunakan metode Stated Preferences. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya dan waktu tempuh. Adapun model probabilitas penggunaan moda RO-RO untuk kendaraan penumpang adalah P=1/1+exp [−0,670(C 6−C 5+ 0,00003)], untuk kendaraan barang golongan II dan III (tol) atau golongan IV, V dan VI (ferry) adalah P=1 / 1+exp [−0,021(C 6− C 5+ 0,00001)] dan untuk kendaraan barang golongan IV dan V (tol) atau golongan VII (ferry) adalah P=1 / 1+exp [−0,616(C 6−C 5+ 0,00001)]. Dari hasil kajian ini dapat disimpulkan bahwa potensi probabilitas perpindahan dari moda tol ke moda RO-RO mencapai persentase rata-rata sebesar 28,8%, dimana untuk faktor muat pada aspek keberlangsungan moda penyeberangan sebesar 65% sehingga dapat disimpulkan bahwa moda ferry RO-RO tidak dapat menjaga keberlangsungan usaha angk utan penyeberangan. Kata Kunci : Preferensi pengguna jasa, Angkutan RO-RO, Stated Preference. ii ABSTRACT THE STUDY SELECTION MODE OF TRANSPORTATION BETWEEN RO-RO FERRIES TRANSPORT AND LAND TRANSPORT IN SURABAYA – MADURA ROUTE By: M. HARRY NUGROHO NIM: 24214008 (Transportation Program Study ) With two modes of transportation that serve Surabaya - Madura there is competition between modes, which have a negative impact on the mode of RO-RO. After the Suramadu operates there was an increase transfer to Suramadu so that the productivity of RO-RO mode continues to decline. Therefore, it is necessary to study the condition of the existing modes of RO-RO and the factors that affect the users of transport services in choosing a mode of transportation on the route Surabaya – Madura. This study tried to see the productivity modes of RO-RO and examine the factors that affect the probability of users of transport services on the route Surabaya - Madura in choosing a mode of transportation by comparing the cost structure between toll and RO- RO, as well as by modeling probability the modal transfer using Stated Preferences. Variables used in this research is cost and travel time As for the probability model the use of modes of RO-RO for passenger vehicles is P=1/1+exp [−0,670(C 6−C 5+ 0,00003)] for goods vehicles of class II and III (toll) or class IV, V and VI (ferry) is P=1 / 1+exp [−0,021(C 6−C 5+0,00001)] and for goods vehicles class IV and V (toll) or class VII (ferry) is P=1 / 1+exp [−0,616(C 6− C 5+ 0,00001)]. From the results of this study can be concluded that potential the probability of transfer from Suramadu toll mode to mode of RO-RO reaching an average percentage of 28.8%, where for the load factor on the sustainability aspects of RO-RO mode by 65%, so it can be concluded that RO-RO ferry modes can not maintain business continuity of ferry transport. Keywords: User preferences, Mode Choice, Stated Preference. iii KAJIAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI ANGKUTAN PENYEBERANGAN RORO DAN ANGKUTAN DARAT PADA RUTE SURABAYA - MADURA Oleh : M. HARRY NUGROHO NIM : 24214008 (Program Studi Transportasi) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Pembimbing Tanggal, 9 Februari 2017 Dr. Ir. Heru Purboyo Hidayat P., DEA NIP. 19600730 1986011002 iv SEKOLAH PASCASARJANA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG PROGRAM STUDI MAGISTER TRANSPORTASI, SAPPK – ITB Yang bertanda tangan dibawah ini : Nama : M. HARRY NUGROHO Program Studi : Magister Transportasi Nim : 24214008 Alamat : Jl. Sejahtera VI No. 73 Larangan, Tanggerang Email : justnugroho@gmail.com Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa Tesis ini adalah karya sendiri dan tidak ada unsur plagiarism. Apabila melanggar ketentuan ini saya sanggup menerima sanksi yang berlaku sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 17 Tahun 2010 Tentang: Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya. Bandung, 9 Februari 2017 M. HARRY NUGROHO v PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis S2 yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada pengarang dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin pengarang dan harus disertai dengan kebiasaan ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Direktur Program Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. vi KATA PENGANTAR Alhamdulillahirobbilalamin segala puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tesis dengan judul “kajian pemilihan moda transportasi angkutan penyeberangan roro dan angkutan darat pada lintas surabaya - madura” sebagai syarat untuk memperoleh gelar Magister Transportasi dari Institut Teknologi Bandung. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa tanpa dukungan dan bantuan dari berbagai pihak tesis ini tidak dapat terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: 1. Bapak Dr. Ir. Heru Purboyo Hidayat P., DEA, selaku Dosen Pembimbing yang telah meluangkan waktunya dalam memberikan bimbingan, saran dan masukan kepada penulis dalam menyelesaikan tesis ini. 2. Bapak Dr. Ir. Iwan Pratoyo Kusumantoro M.T., dan Ibu Puspita Dirgahayani, ST., M.Eng, Dr. Eng selaku dosen penguji yang telah memberikan kritik dan saran guna perbaikan tesis. 3. Bapak Dr. Miming Miharja, ST, M. Sc. Eng. selaku dosen wali yang telah memberikan motivasi dan bimbingan selama perkuliahan. 4.