KAJIAN KEBERLANJUTAN PENERAPAN CARPOOLING DI WILAYAH JABODETABEK DARI PERSPEKTIF PREFERENSI PENUMPANG Studi Kasus : Angkutan Permukiman JR Connexion di Wilayah Jabodetabek TESIS Oleh RUDY FITRAYANA EFFENDY NIM: 24217001 (Program Studi Magister Transportasi) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2019 ii ABSTRAK KAJIAN KEBERLANJUTAN PENERAPAN CARPOOLING DI WILAYAH JABODETABEK DARI PERSPEKTIF PREFERENSI PENUMPANG Studi Kasus : Angkutan Permukiman JR Connexion di Wilayah Jabodetabek Oleh Rudy Fitrayana Effendy NIM : 24217001 (Program Studi Magister Transportasi) Peningkatan penggunaan kendaraan pribadi yang berasal dari urban sprawl dan pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor akan berdampak pada kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di wilayah Jabodetabek. Langkah strategis yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Transport Demand Management (TDM) dan Carpooling merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan. Carpooling dianggap merupakan strategi TDM yang menarik dimana dapat mengurangi jumlah perjalanan SOV. Dalam Penelitian ini jenis Carpooling yang dibahas adalah Fleet carpool Program, dimana kendaraan yang dipergunakan adalah milik operator transportasi dan untuk ongkos dibayarkan oleh penumpang. Dalam hal ini studi kasus yang diambil adalah angkutan permukiman JR Connexion di wilayah Jabodetabek. Dengan mengkombinasikan kedua strategi TDM yaitu antara strategi push (penerapan ganjil genap) dan strategi pull (Pengadaan Carpooling melalui Angkutan Permukiman JR Connexion) tersebut diharapkan akan meningkatkan jumlah perjalanan dari Angkutan Permukiman JR Connexion di wilayah Jabodetabek. Di tinjau dari hal tersebut, peneliti mencoba untuk menganalisis faktor-faktor penting apa saja yang mendorong pelaku perjalanan untuk melakukan Carpooling di wilayah Jabodetabek. Penelitian diambil berdasarkan preferensi penumpang Angkutan Permukiman JR Connexion di 6 perumahan yang berada di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi logistik logit biner, analisis deskriptif dan Uji perbandingan dengan oneway anova. Berdasarkan dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa Faktor-Faktor penting yang mendorong orang untuk menggunakan carpooling (angkutan permukiman JR Connexion) adalah Kepemilikan kendaraan, waktu tempuh perjalanan dan waktu tunggu kendaraan. Persentase perpindahan dari angkutan pribadi dan angkutan umum lainnya ke angkutan permukiman JR Connexion adalah sebesar 61,7% dan 38,3%. Jika ditinjau dari segi Biaya, angkutan permukiman JR Connexion adalah sebesar Rp. 55.200 lebih murah jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi sebesar Rp. 73.783,78, namun hampir sama dengan angkutan umum lainnya yaitu sebesar Rp. 54.178,26. Jika ditinjau dari segi waktu, Dimana jika menggunakan angkutan permukiman JR (Jabodetabek Residence) Connexion waktu tempuh perjalanan nya sebesar 86,41 menit yang lebih pendek jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi dan angkutan umum lainnya yaitu sebesar 104,27 menit dan 110,80 menit. Kata kunci: Carpooling, Transport Demand Management (TDM), angkutan permukiman iii ABSTRACT SUSTAINABILITY STUDY OF CARPOOLING IN GREATER JAKARTA FROM THE PERSPECTIVE OF TRAVELERS PREFERENCE Case Study : Jabodetabek Residence Connexion By Rudy Fitrayana Effendy NIM : 24217001 (Program Studi Magister Transportasi) Increased use of private vehicles originating from urban sprawl and growth in motor vehicle ownership will have an impact on traffic congestion that often occurs in the Greater Jakarta area. Strategic steps that can be taken is to implement Transport Demand Management (TDM) and Carpooling is one of the strategies that can be done. Carpooling is considered an attractive TDM strategy which can reduce the number of SOV trips. In this research, the type of carpooling discussed is the Fleet carpool program, where the vehicles used are the property of the transport operator and for the fare paid by the passenger. In this case the case study taken is JR Connexion settlement transportation in the Greater Jakarta area. By combining the two TDM strategies, namely the push strategy (even odd application) and the pull strategy (Carpooling Procurement through JR Connexion Resettlement), it is hoped that this will increase the number of trips from the JR Connexion Resettlement in the Greater Jakarta area. In view of this, the researcher tried to analyze what important factors were driving the traveler to carry out carpooling in the Greater Jakarta area. The study was based on the preferences of JR Connexion Settlement Transportation passengers in 6 housing complexes located in the Greater Jakarta area. This study uses binary logit logistic regression analysis, descriptive analysis and comparative test with oneway anova. Based on the results of the analysis it was found that the important factors that encourage people to use carpooling (JR Connexion settlement transportation) are vehicle ownership, travel time and vehicle waiting time. The percentage of transfers from private transport and other public transport to JR Connexion settlement transport was 61.7% and 38.3%. If viewed in terms of cost, JR Connexion's residential transportation is Rp. 55,200 cheaper than private vehicles of Rp. 73,783.78, but almost the same as other public transportation, which is Rp. 54,178.26. If viewed in terms of time, where if using a JR (Jabodetabek Residence) residential transportation Connexion travel time is 86.41 minutes shorter than the private vehicles and other public transportation which is 104.27 minutes and 110.80 minutes. Keywords : Carpooling, Transport Demand Management (TDM), Residential Transport iv KAJIAN KEBERLANJUTAN PENERAPAN CARPOOLING DI WILAYAH JABODET ABEK DARI PERSPEKTIF PREFERENSI PENUMPANG Studi Kasus : Angkutan Permukiman JR Connexion di Wilayah Jabodetabek Oleh Rudy Fitrayana Effendy NIM : 24217001 (Program Studi Magister Transportasi) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Pembimbing Tanggal, Oktober 2019 Ibnu Syabri, B.Sc.,M.Sc.,Ph.D. NIP. 196002201984031017 Mengesahkan Ketua Program Studi Magister Transportasi Tanggal, Oktober 2019 Dr. Eng. Puspita Dirgahayani, ST., M.Eng NIP. 197908012010122003 v PEDOMAN PENGGUNAAN TESIS Tesis Magister yang tidak dipublikasikan terdaftar dan tersedia di Perpustakaan Institut Teknologi Bandung, dan terbuka untuk umum dengan ketentuan bahwa hak cipta ada pada penulis dengan mengikuti aturan HaKI yang berlaku di Institut Teknologi Bandung. Referensi kepustakaan diperkenankan dicatat, tetapi pengutipan atau peringkasan hanya dapat dilakukan seizin penulis dan harus disertai dengan kaidah ilmiah untuk menyebutkan sumbernya. Sitasi hasil penelitian Tesis ini dapat ditulis dalam bahasa Indonesia sebagai berikut: Effendy, R.F (2019): Kajian Keberlanjutan Penerapan Carpooling Di Wilayah Jabodetabek Dari Perspektif Preferensi Penumpang, Studi Kasus : Angkutan Permukiman JR Connexion Di Wilayah Jabodetabek, Tesis Program Magister, Institut Teknologi Bandung. dan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Effendy, R.F (2019): Sustainability Study Of Carpooling In Greater Jakarta From The Perspective Of Travelers Preference, Master’s Thesis, Institut Teknologi Bandung. Memperbanyak atau menerbitkan sebagian atau seluruh tesis haruslah seizin Dekan Sekolah Pascasarjana, Institut Teknologi Bandung. vi KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala karunianya, sehingga tesis dengan judul “Kajian Keberlanjutan Penerapan Carpooling Di Wilayah Jabodetabek Dari Perspektif Preferensi Penumpang, Studi Kasus : Angkutan Permukiman JR Connexion Di Wilayah Jabodetabek”, ini dapat terselesaikan Tesis ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan memperoleh gelar Magister Teknik (M.T.) dalam keahlian transportasi pada program studi Magister Transportasi Institut Teknologi Bandung. Oleh karena itu pada kesempatan ini, penulis menyampaikan rasa hormat dan menghaturkan terima kasih kepada: 1. Ibu Dr. Eng. Puspita Dirgahayani, ST., M.Eng selaku Kepala Program Studi Transportasi dan dosen penguji, atas arahan, bimbingan, dan masukannya dalam penyempurnaan penyelesaian tesis ini; 2. Bapak Ibnu Syabri, B.Sc.,M.Sc.,Ph.D selaku Dosen pembimbing, atas bimbingan, arahan, dukungan, dan bantuannya dalam penyelesaian tesis ini 3. Bapak Prof. Dr.Eng.