STANDARDISASI SISTEM PROTEKSI PETIR PADA FASILITAS OPERASI KERETA API INDONESIA TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh ILHAM HENDRATAMA NIM: 23217041 (Program Studi Magister Teknik Elektro) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG SEPTEMBER 2019 i ABSTRAK STANDARDISASI SISTEM PROTEKSI PETIR PADA FASILITAS OPERASI KERETA API INDONESIA Oleh Ilham Hendratama NIM: 23217041 (Program Studi Magister Teknik Elektro) Masyarakat Indonesia telah menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi umum selain bus dan pesawat terbang. Transportasi kereta api seperti Kereta Rel Listrik (KRL), Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT), yang masing-masing bergerak di atas permukaan tanah, di bawah tanah, dan di ketinggian tertentu di atas permukaan tenah telah dipasang dan dioperasikan di Indonesia. Pencegahan akan datangnya gangguan merupakan suatu keharusan untuk memastikan kelangsungan operasional sistem transportasi kereta api. Namun, masalah petir di dalam sistem transportasi kereta api selalu muncul dan mengganggu kelangsungan operasi kereta api tersebut. Dalam kasus terburuk, jika masalah ini tidak ditangani dengan benar, hal tersebut bisa melumpuhkan stasiun kereta dan fasilitas operasi lainnya yang terkena dampak atau bahkan dapat mengancam kehidupan makhluk hidup. Beberapa metode pemecahan masalah telah diterapkan yang berasal dari sumber-sumber tertentu, akan tetapi hal tersebut tidak memberikan hasil yang memuaskan dalam memecahkan masalah. Penelitian telah dilakukan pada beberapa stasiun kereta api di DAOP 1 Jakarta dan pada tahun 2013 sistem proteksi petir di Stasiun Bogor diperbaiki. Hasil dari perbaikan pada stasiun tersebut memuaskan karena masalah petir di Stasiun Bogor berkurang. Untuk mencegah masalah petir muncul kembali, sistem proteksi petir tersebut harus distandarisasi dan panduan standar diperlukan untuk membantu memahami hal ini. Kata Kunci – Parameter Petir Tropis, Transportasi Rel Kereta Api Indonesia, Extended Mast Terminal, Beyond International Standard. ii ABSTRACT LIGHTNING PROTECTION SYSTEM STANDARDIZATION ON INDONESIAN RAILWAY OPERATION FACILITIES By Ilham Hendratama NIM: 23217041 (Master Program in Electrical Engineering) Indonesians have been using trains as the main means of public transportation besides buses and airplanes. Railway transportation such as Electric Railroad (Kereta Rel Listrik; KRL), Mass Rapid Transit (MRT) and Light Rail Transit (LRT), which mostly travel on land, underground, and elevate above the surface have been installed and operated in Indonesia. The prevention of interference is a must to ensure the operational continuity of the railway transportation system. However, the problem of lightning in the railway transportation system always arises and disrupts the continuity of train operations. In the worst case, if this problem is not handled properly, it could shut down the affected train station or even threaten the life of living beings. Problem-solving methods have been implemented which come from any kind of source, but it does not give any satisfactory result to solve the problem. Researches have been conducted on several railway stations in DAOP 1 Jakarta and in 2013 the lightning protection system in Bogor Station was repaired. As a result, the outcome is satisfying as the lightning problem in Bogor Station is reduced. To prevent the lightning problem resurface, those systems should be standardized and guidance of the standard is required to assist the understanding of this. Keywords—Tropical Lightning Parameters, Indonesian Railway Transportation, Extended Mast Terminal, Beyond International Standard iii STANDARDISASI SISTEM PROTEKSI PETIR PADA FASILITAS OPERASI KERETA API INDONESIA HALAMAN PENGESAHAN Oleh Ilham Hendratama NIM: 23217041 (Program Studi Magister Teknik Elektro) Institut Teknologi Bandung Menyetujui Tim Pembimbing Tanggal 25 September 2019 Ketua _________________________________ Prof.