STUDI KESESUAIAN CORPORATE VISUAL IDENTITY TERHADAP BRAND PERSONALITY PADA CONCEPT STORE DI KOTA BANDUNG Studi Kasus: “HGL House” TESIS Karya tulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Institut Teknologi Bandung Oleh RADEN ANNISA NUR FAUZIAH NIM: 27115039 (Program Studi Magister Desain) INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG Maret 2019 i ABSTRAK STUDI KESESUAIAN CORPORATE VISUAL IDENTITY TERHADAP BRAND PERSONALITY PADA CONCEPT STORE DI KOTA BANDUNG Oleh Raden Annisa Nur Fauziah NIM: 27115039 (Program Studi Magister Desain) Berbeda dengan FO dan distro, concept store merupakan sebuah toko ritel yang menawarkan produk dengan gaya hidup tertentu. Saat ini, terdapat beberapa concept store di Kota Bandung yang menawarkan barang atau produk dari beberapa merek yang dikurasi secara ketat untuk merepresentasikan gaya hidup yang mereka tentukan. Oleh karena itu bagi concept store, branding sangat penting karena concept store sangat focus pada suatu gaya hidup dari suatu segmen pasar. Merupakan suatu tantangan bagi concept store untuk membangun branding sesuai dengan suatu gaya hidup dari suatu segmen pasar. HGL House adalah sebuah concept store di Kota Bandung yang berdiri sejak tahun 2008. Selama kiprahnya di dunia fashion, HGL House pernah melakukan rebranding pada tahun 2015. Hal ini memperlihatkan bahwa HGL House cukup serius dalam melakukan branding. Terdapat dua variable yang berkesinambungan didalam branding, yaitu brand personality dan corporate visual identity (CVI). Corporate visual identity adalah ekspresi visual atau desain. Sedangkan brand personality adalah karakter merek yang ingin dicapai. Terdapat kemungkinan corporate visual identity yang dibuat tidak merepresentasikan brand personality yang ditentukan suatu concept store. Dengan HGL House sebagai objek, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian corporate visual identity terhadap brand personality berdasarkan teori unsur grafis dan tanggapan konsumen, serta untuk mengetahui komponen corporate visual identity yang paling mempengaruhi brand personality pada concept store dan mengetahui unsur grafis yang paling mempengaruhi ketertarikan konsumen. Metode dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif karena penelitian memberikan keleluasaan pada peneliti untuk melakukan eksplorasi proses, aktivitas, dan peristiwa-peristiwa yang dibatasi dengan rumusan masalah. Dari hasil penelitian, didapati tidak terdapat kesesuaian antara corporate visual identity dan brand personality pada concept store HGL House. Hal tersebut terlihat dari citra yang didapat konsumen saat melihat corporate visual identity berbeda dengan citra yang diharapkan HGL House. Selain itu, didapati juga komponen corporate visual identity yang paling mempengaruhi brand personality adalah iklan dan unsur grafis yang paling mempengaruhi ketertarikan konsumen adalah warna. ii Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi ilmu pengetahuan, juga dapat memberi bantuan bagi pemilik toko dan peneliti yang lain. Kata kunci: Corporate visual identity, Concept Store, Brand Personality iii ABSTRACT SUITABILITY STUDY OF CORPORATE VISUAL IDENTITY TO BRAND PERSONALITY AT CONCEPT STORE IN BANDUNG By Raden Annisa Nur Fauziah NIM: 27115039 (Master’s Program in Design) Unlike the FO and distro, the concept store is a retail store that offers products with a particular lifestyle. At present, there are several concept stores in the city of Bandung that offer goods or products from several brands that are strictly curated to represent the lifestyle they specify. Therefore for the concept store, branding is very important because the concept store is very focused on a lifestyle of a market segment. It is a challenge for the concept store to build branding in accordance with a lifestyle of a market segment. HGL House is a concept store in the city of Bandung which was founded in 2008. During its work in the fashion world, HGL House rebranded in 2015. This shows that HGL House is quite serious in branding. There are two continuous variables in branding, namely brand personality and corporate visual identity.