Hasil Ringkasan
USULAN INSENTIF UNTUK CROWDSOURCING CONSUMER SURVEY MENGGUNAKAN METODE DESAIN EKSPERIMEN TUGAS SARJANA Diajukan sebagai prasyarat kelulusan dalam sidang sarjana Program Studi Manajemen Rekayasa Industri Institut Teknologi Bandung Disusun oleh: Cut Fadia Adlina 14414010 PROGRAM STUDI MANAJEMEN REKAYASA INDUSTRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2018 LEMBAR PENGESAHAN TUGAS SARJANA dengan judul USULAN INSENTIF UNTUK CROWDSOURCING CONSUMER SURVEY MENGGUNAKAN METODE DESAIN EKSPERIMEN disusun oleh: Cut Fadia Adlina NIM 14414010 Menyetujui, Pembimbing Tugas Akhir _____________________ Titah Yudhistira, S. T., M. T. NIP. 197605092009121001 ABSTRAK Panel konsumen adalah kumpulan individu atau rumah tangga, yang direkrut agensi riset untuk melaporkan pembelanjaannya secara berkelanjutan. Kegunaan data tersebut bagi manufaktur misalnya, memantau loyalitas, mengetahui karakteristik pembeli, mempelajari efek promosi. Pada praktik panel konsumen konvensional, panel mencatat pembelanjaan dalam purchase diary yang akan dikumpulkan secara berkala oleh field officer . Terdapat beberapa permasalahan pada praktik konvensional, contohnya biaya operasional tinggi dan keengganan untuk mencatat pembelanjaan yang membuat partisipasi rendah. Muncul agensi riset baru yang dengan model crowdsourcing, selanjutnya disebut crowdsourcing consumer survey. Siapa pun yang memiliki smartphone dan jaringan internet dapat berpartisipasi menjadi panel. Panel diminta mengunggah foto struk belanja melalui aplikasi dan akan mendapat kompensasi berupa insentif moneter. Kunci keberhasilan bisnis ini adalah partisipasi crowd , namun individu tidak akan berpartisipasi kecuali jika cukup termotivasi. Digunakan metode desain eksperimen untuk merancang sistem insentif yang efektif memotivasi crowd untuk berpartisipasi. Dilakukan dua eksperimen pada penelitian ini. Eksperimen 1 bertujuan untuk memeriksa faktor yang berpotensi mempengaruhi intensi untuk berpartisipasi. Faktor yang diujikan terdiri dari 4 faktor desain sistem insentif dan 8 faktor internal. Faktor desain yang diujikan adalah skema pembayaran, satuan saldo, minimum pencairan, dan variasi reward. Eksperimen 1 merupakan desain faktorial 2 k sehingga terdapat 2 4 kombinasi yang diujikan dengan metode between -subject design. Eksperimen 2 bertujuan untuk memahami kombinasi reward yang disukai masyarakat. Kombinasi reward terdiri dari dua faktor pembentuk reward, yaitu bentuk dan nominal.