Path: Top > S2-Theses > Business Administration-SBM > 2018

THE INFLUENCE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TO THE CORPORATE IMAGE WITH GOOD CORPORATE GOVERNANCE PRACTICE AS A MODERATING VARIABLE AT PT LAUTAN LUAS, A CASE STUDY

PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DENGAN PRAKTEK TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK SEBAGAI VARIABEL MODERATING, STUDI KASUS: PT LAUTAN LUAS

Master Theses from JBPTITBPP / 2018-06-09 10:56:43
By : YUDHA LAMHOT (NIM 29316109), S2 - Business Administration-SBM
Created : 2018-06-09, with 1 files

Keyword : Corporate Social Responsibility (CSR), Citra Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap citra perusahaan dimasyarakat dan di stakeholder dengan praktek tata kelola perusahaan yang baik sebagai variable moderating. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (X1), variable moderating yaitu Praktek Tata Kelola Perusahaan yang baik (X2), dan variable terikat yaitu Citra Perusahaan (Y). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisi data yang digunakan adalah Analisis Regresi Moderat berganda dengan menggunakan program SPSS 22.0. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,999 yang berarti bahwa 99,9% variabel Citra Perusahaan dapat dijelaksan oleh variabel bebasnya,yaitu tanggung jawab social perusahaan dengan praktek tata kelola perusahaan yang baik sebagai faktor penguat atau pelemah hubungan. Sedangkan sisanya 0,01% variabel Citra Perusahaan akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji simultan (uji F), menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan sudah tepat (hipotesa dapat diterima). Sedangkan uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 di mana nilainya lebih kecil daripada nilai signifikansi yang ditentukan sebesar (α) = 5% or 0.05 yang berarti variabel bebas, yaitu tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terkait, yaitu citra perusahaan di mana tata kelola perusahaan yang baik sebagai variable penguat atau pelemah hubungan. Hasil penelitian ini mendapatkan persamaan Y = 1.005 + 1.620 X1 + 0.651 X2 + 0.15 X1X2 yang berarti untuk meningkatkan citra perusahaan diperlukan usaha lebih besar pada praktek tanggung jawab social perusahaan daripada praktek tata kelola perusahaan yang baik namun praktek tata kelola perusahaan yang baik juga dapat mempengaruhi hubungan (memperkuat atau memperlemah antara tanggung jawab sosial perusahaan dan citra perusahaan).

Description Alternative :

This study aims to find out the influence of corporate social responsibility towards corporate image in society and in stakeholder with good corporate governance practice as moderating variable. The independent variable in this research is Corporate Social Responsibility (X1), moderating variable is Good Corporate Governance Practice (X2), and dependent variable is Corporate Image (Y). The type of research used is descriptive research with quantitative approach. Data analysis used is Multiple Moderate Regression Analysis using SPSS 22.0 program. The value of determination coefficient of 0.999 which means that 99.9% Corporate Image variable can be exemplified by independent variables, namely corporate social responsibility with good corporate governance practices as a factor of strengthening or weakening relationships. While the remaining 0.01% Corporate Image variable will be influenced by other variables that are not discussed in this study. Simultaneous test results (F test), indicating that the regression model used is correct (acceptable hypothesis). While the partial test (t test) shows that a significant value of 0.000 where the value is smaller than the specified significance value of (α) = 5% or 0.05 which means independent variables, ie corporate social responsibility significantly influence the related variables, namely corporate image where good corporate governance as a reinforcing or weakening relationship variable. The results of this study get the equation Y = 1.005 + 1.620 X1 + 0.651 X2 + 0.15 X1X2 which means to improve the image of the company required greater effort on the practice of CSR than GCG practices but GCG practices can also affect relationship (strengthening or weakening between corporate social responsibility and corporate image).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTITBPP
OrganizationS2 - Business Administration-SBM
Contact NameUPT Perpustakaan ITB
AddressJl. Ganesha 10
CityBandung
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
Administrator E-maildigilib@lib.itb.ac.id
CKO E-mailinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing: Hakimul Batih, Editor: Roosalina Vanina Viyazza

Downnload...