Path: Top > S2-Theses > Business Administration-SBM > 2018

STRATEGI PERTUMBUHAN PT KRAKATAU POSCO UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN DAYA SAING

THE GROWTH STRATEGY OF PT KRAKATAU POSCO TO IMPROVE ITS COMPETITIVE ADVANTAGE

Master Theses from JBPTITBPP / 2018-06-09 10:23:17
Oleh : WENDI ALVEN PRADANA (NIM 29316098), S2 - Business Administration-SBM
Dibuat : 2018-06-09, dengan 1 file

Keyword : Strategi, Industri Baja, Keunggulan Daya Saing, Sumber Daya Perusahaan, Resource Pathways Framework.

Krakatau Posco adalah perusahaan baja yang tergolong muda, dibangun pada tahun 2011 dan telah memulai beroperasi pada akhir tahun 2013. Krakatau Posco didirikan atas kerjasama Joint Venture antara Krakatau Steel dan Posco. fasilitas produksi yang dimiliki Krakatau Posco mampu menghasilkan maksimum 3 juta ton steel per tahun. Pabrik baja terpadu yang dibangun di Kawasan Industri Krakatau-Cilegon ini adalah pabrik baja pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang menggunakan teknologi Blast Furnace. Produk utama dari Krakatau Posco adalah Steel Slab dan Steel Plate.

Selama 5 tahun terakhir, industry baja dunia mengalami kondisi yang sulit akibat oversupply dan naiknya harga raw materials. Walaupun belum mampu mencatatkan nett profit semenjak tahun pertama beroperasi, Krakatau Posco mencatatkan performa operasi yang stabil sebagai young-age steel producer. Perkembangan industri baja nasional yang mulai menunjukan sinyal positif dan potensi kebutuhan industri baja nasional harus direspon oleh strategi pengembangan perusahaan agar tidak kehilangan kesempatan dan momentum. Untuk itu perlu dilakukan analisa situasi bisnis (Eksternal dan Internal) agar dapat memotret kondisi perusahaan saat ini. Hasil analisa tersebut kemudian di identifikasi dengan target perusahaan untuk mengetahui kesenjangan sumber daya strategis perusahaan. Dengan Resource Pathways Framework, dapat membantu menentukan strategi perusahaan untuk meningkatkan keunggulan daya saing.

Hasil analisa menunjukan bahwa Krakatau Posco harus menutup kesenjangan pada sumber daya strategis yang meliputi sumber daya innovasi, sumber daya manusia, fasilitas operasi dan brand reputation. Untuk memperbaiki kesenjangan tersebut, Krakatau Posco direkomendasikan untuk menggunakan strategi yang berbeda pada tiap sumber daya. Jalur pengembangan internal digunakan untuk mengambangkan sumber daya inovasi dan brand reputation. Jalur basic contract untuk mengembangkan sumber daya operasi. Dan Jalur alliance untuk mengembangkan sumber daya manusia.

Deskripsi Alternatif :

Krakatau Posco is a young-age steel company, built in 2011 and has started the operation phase by the end of 2013. Krakatau Posco was founded on a joint venture between Krakatau Steel and Posco. The production facility owned by Krakatau Posco is capable of producing a maximum of 3 million tons of steel per year. The integrated steel factory built in Krakatau-Cilegon Industrial Estate is the first steel factory in Indonesia and Southeast Asia that uses Blast Furnace technology. The main products of Krakatau Posco are Steel Slab and Steel Plate.

Over the past 5 years, the global steel industry has experienced difficult conditions due to oversupply and rising raw materials prices. Although it has not been able to record nett profit since its first year of operations, Krakatau Posco recorded stable operating performance as a young-age steel producer. The development of the national steel industry that began to show positive signals and the potential demand of the national steel industry must be responded by the company's development strategy so as not to lose the opportunity and momentum. For that, we need to analyze the business situation (external and internal) in order to describe the existing condition of the company. The results of the analysis are then identified with the company target to find out the company's strategic resource gap. With the Resource Pathways Framework, it can help determine the company's strategy to improve its competitive advantage.

The analysis results show that Krakatau Posco must close the gap on strategic resources that include innovation resources, human resources, operations facilities and brand reputation. To improve the gap, Krakatau Posco is recommended to use different strategies for each resource. Internal development pathways are used to develop innovation and brand reputation resources. Basic contract pathways to develop operating resources. Moreover, alliance pathways to develop human resources.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - Business Administration-SBM
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Ir. Mohammad Hamsal, MSE, MQM, MBA, Editor: Roosalina Vanina Viyazza

File PDF...