Path: TopS1-Final ProjectSchool of Business and Management2017

INVESTIGATING MUSLIM STUDENT’S AWARENESS TOWARDS HALAL LABELLED COSMETICS (STUDY IN BANDUNG)

INVESTIGATING MUSLIM STUDENT’S AWARENESS TOWARDS HALAL LABELLED COSMETICS (STUDY IN BANDUNG)

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2017-09-20 15:51:47
Oleh : Vika Anggraeni (NIM 19013171), School of Business and Management
Dibuat : 2017-09-20, dengan 1 file

Keyword : Qualitative Research, Halal Cosmetics, Halal Product

Bagi konsumen Muslim, mengkonsumsi produk halal merupakan salah satu kewajiban berdasarkan syariat agama. Produk halal dikonsumsi atau digunakan dalam berbagai variasi,termasuk produk kosmetik. Saat ini, kosmetik dan produk perawatan pribadi adalah bagian

mendasar dari kehidupan sehari-hari. Namun, menurut penelitian sebelumnya, konsumen wanita tidak sepenuhnya menyadari halal produk kosmetik mereka. Dengan demikian, karena berkembangnya dan menuntut produk kosmetik halal, penting untuk mengetahui kesadaran kosmetik halal di kalangan generasi muda. Temuan kosmetik halal di Indonesia terasa sesak.Selanjutnya, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kesadaran siswa Muslim perempuan terhadap kosmetik berlabel halal, khususnya di kota Bandung. Untuk mengetahuikesadaran siswa terhadap kosmetik halal, penulis peneliti menggabungkan beberapa konsep kesadaran pelanggan untuk mengukur kesadaran konsumen karena tidak ada variabel yang tepat dalam mengukur kesadaran. Variabel terdiri dari profil sosio-demografi, iklan media, dan pengetahuan produk. Dengan menggunakan metode Penelitian Kualitatif dengan wawancara semi terstruktur kepada tujuh peserta, peneliti dapat memahami fenomena tentang kesadaran halal di kalangan siswa Muslim. Berdasarkan penelitian ini, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kesadaran konsumen terhadap kosmetik berlabel halal. Ini termasuk peraturan halal dan industri kosmetik. Hasilnya menemukan bahwa siswa memiliki kesadaran terhadap kosmetik berlabel halal.Mereka sadar akan informasi tentang kosmetik halal dalam iklan tersebut. Para peserta juga memiliki kesadaran terhadap pengetahuan mereka melalui produk kosmetik, termasuk bahan, logo dan sertifikasi halal. Berdasarkan penelitian ini, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi

kesadaran konsumen terhadap kosmetik berlabel halal. Ini termasuk regulasi halal dan industri kosmetik. Sementara itu, pelanggan Muslim muda perlu lebih berhati-hati terhadap produk yang mereka konsumsi. Selanjutnya, penelitian ini mengharapkan untuk memberikan beberapa

rekomendasi dan lebih memahami pentingnya pengetahuan tentang produk kosmetik halal dan menunjukkan bagaimana industri dan pemerintah dapat mengakomodasi kebutuhan ini dengan lebih baik. . Responden penelitian ini relatif kecil dibandingkan dengan jumlah penduduk di

Bandung yang dapat lebih ditingkatkan dalam penelitian selanjutnya untuk mendapatkan ketepatan dan jumlah sampling yang lebih besar.

Deskripsi Alternatif :

For Muslim consumers, consuming halal products is one of the obligations based on religious Shari'a. Halal products are consumed or used in any variety, including cosmetics product. Nowadays, cosmetics and personal care products are a fundamental part of daily lives. However, according to previous studies the female consumers do not completely aware to the halalness of their cosmetics product. Thus, because of the growing and demand of halal cosmetics product, it is important to figure out the halal cosmetics awareness among young generation. Findings on halal cosmetics in Indonesia is straitened. Furthermore, the purpose of this study is to describe the female Muslim student’s awareness towards halal labeled cosmetics, specifically, in Bandung city. To know the students’ awareness towards halal label cosmetics, researcher author combining several concept of customer awareness for measuring consumer awareness since there is no exact variables in measuring the awareness. The variables are consists of a socio-demographic profiles, media advertisement, and product knowledge. By using Qualitative Research method with semi-structured interview to the seven participants,

researchers can understand the phenomenon about halal awareness among Muslim students. Based on this study, there is another factor that can influence the consumer awareness towards halal labeled cosmetics. It includes the halal regulation and cosmetics industry. The result found that students had awareness towards the halal labeled cosmetics. They had aware towards the information about halal cosmetics in the advertisement. The participants also have their awareness towards their knowledge through cosmetics product, including ingredients,logo and halal certification. Based on this study, there is another factor that can influence the

consumer awareness towards halal labeled cosmetics. It includes tha halal regulation and cosmetics industry. Meanwhile, young Muslim customers need to be more cautious about the product they are consuming.Furthermore, this study expects to give some recommendations and better understanding the importance of knowledge of a halal cosmetic product and shows how the industry and government can better accommodate these needs. The respondents of this study are relatively small compared to the total population in Bandung, which can be further improved in future research to get more accuracy and bigger sampling number

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiSchool of Business and Management
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Drs. Herry Hudrasyah, MA , Editor: Taupik Abidin

Download...