Path: TopS1-Final ProjectPetroleum Engineering-FTTM2004

EVALUASI LIGHT WORKOVER DI LAPANGAN "T" TOTAL E&P INDONESIE TAHUN 2001 - 2002

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2017-09-27 10:37:32
Oleh : TOMI SUGIARTO (NIM : 12299008), S1 - Department of Petroleum Engineering
Dibuat : 2017-05-19, dengan 7 file

Keyword : Light workover, split alokasi, gas atau oil water contact, tekanan reservoir, squeeze cementing.

Lapangan T terdiri dari reservoir yang berlapis-lapis terletak di ujung delta Sungai Mahakam yang merupakan daerah rawa. Akumulasi minyak terutama di main zone dengan kedalaman 1500 – 2700 meter.






Saat ini minyak yang tersisa di reservoir semakin sulit untuk diproduksikan dikarenakan lapangan tersebut telah water flooded dan penurunan tekanan reservoir sebagai fungsi kumulatif produksi dimana fluida diproduksikan secara kontinu dari reservoir. Berbagai usaha telah dilakukan untuk mengatasi masalah ini; salah satunya adalah light workover. Light workover (LWO) adalah setiap pekerjaan untuk meningkatkan produksi minyak atau gas dengan memodifikasi atau memperbaiki completion string tanpa mengangkat atau menggantinya sehingga dapat menghemat biaya. Light workover di lapangan T terdiri dari pekerjaan perforasi untuk menambah atau mengganti interval perforasi, isolasi zona yang sudah tidak produktif atau zona dengan water cut tinggi, dan kontrol masalah kepasiran.






Kesuksesan suatu LWO dapat dilihat dari perbaikan broduksi minyak atau gas setelah pekerjaan selesai. Hal ini tergantung berbagai faktor seperti besar cadangan, tekanan reservoir, sifat batuan reservoir, dan penentuan water oil contact dan gas water contact pada saat tertentu. Segi tehnikal pada saat pengerjaan LWO (pekerjaan perforasi dan squeeze cementing) juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan LWO. Faktor-faktor tersebut perlu dianalisa untuk meningkatkan sukses rasio pekerjaan LWO. Hasilnya, LWO di T memberikan tambahan perolehan minyak dan gas dengan biaya yang relatife murah, dan diharapkan biaya dapat lebih ditekan sedangkan perolehan LWO dapat ditingkatkan. Studi yang lebih mendalam akan memberikan gambaran yang lebih detil mengenai kondisi reservoir T dan memberikan efisiensi yang tinggi dalam perbaikan produksi.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS1 - Department of Petroleum Engineering
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Dr. Ir. Leksono Mucharam, Editor: Suharsiyah

File PDF...