Path: TopS1-Final ProjectSchool of Business and Management2017

THE ANALYSIS OF CONSUMER PREFERENCE TOWARDS INDONESIAN LOCAL LIPSTICKS

THE ANALYSIS OF CONSUMER PREFERENCE TOWARDS INDONESIAN LOCAL LIPSTICKS

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2017-09-20 15:27:24
Oleh : Syifa Aida Kardena (NIM 19014143 ), School of Business and Management
Dibuat : 2017-09-20, dengan 1 file

Keyword : Indonesian Local Lipstick, Consumer Preference, Brand Preference, Cosmetic Industry, Conjoint Analysis

Industri kosmetik adalah salah satu industri yang berkembang dengan melesat di Indonesia,

dengan kenaikan konstan double digit di bebeerapa tahun taerakhir. Perkembangan industri

kosmetik di Indonesia selalu bertambah setap tahunnya. Di periode tahun 2010 – 2015, nikai

rata – rata perkembangan kosmetik industri di Indonesia mencapai 9.67% setiap tahunnya.

Studi pendahuluan menunjukan bahwa pelanggan Indonesia di bidang kosmetik, memilih

lipstik sebagai produk kosmetik yang paling diinginkan. Dalam beberaoa tahun ini, lipstick

lokal Indonesia sedang naik daun. Banyak sekali merek lipstick lokal di pasaran. Tetapi,

semakin banyak merek baru, menyebabkan semakin tinggi persaingan antara merek lipstik

lokal di pasar. Maka dari itu, perusahaan lipstick lokal harus terus mengembangkan bisnis

dan product mereka, demi menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang

ada.

Tujuan dari studi ini untuk menemukan faktor yang penting ketika pelanggan memilih lipstik

lokal, dan juga untuk menganalisis faktor-faktor gabungan yang terpilih oleh pelanggan

Indonesia yang dapat dijadikan rekomendasi untuk perkembangan lipstick lokal selanjutnya.

Studi ini menggunakan metode kualitatif focus group discussion dan metode kuantitatif

menggunakan metode online survey, dengan responden 249 wanita berumur 18 – 25 yang

tinggal di Jakarta dan Bandung. Data di analisis menggunakan conjoint analysis (SPSS 22)

dan analisis deskripsi.

Hasil studi ini memperlihatkan bahwa faktor gabungan yang sangat dipilih oleh pelanggan

adalah merek Rollover reaction, waarna lipstik natural, dengan tekstur matte, menggunakan

strategi promosi review dari beauty blogger/vlogger, dan dengan harga 50000 rupiah. Faktor

yang paling penting menurut pelanggan di studi ini adalah

Deskripsi Alternatif :

The cosmetic industry is one of the fastest growing sectors in Indonesia and has consistently

recorded double-digit growth in recent years. The growth of cosmetic industry in Indonesia is

always increasing every year. In the period of 2010 – 2015 the total average Indonesia

cosmetic industry growth is around 9.67% every year. The preliminary study result shows

lipstick is the most wanted cosmetic product. In recent years, Indonesian local lipstick is on

the rise, there are many local lipstick brands in the market. Nevertheless, more and more new

local lipstick brands companies entering the market in Indonesia, resulted into a highly

competitive environment. Therefore, it is essential for the companies to continuously develop

their business activities and product development in order to remain and attract new

customers.

The purpose of this research is to find the important factors of Indonesian local lipsticks for

Indonesian consumer and analyze the preferred attributes for future development. This

research is using mix method. For qualitative method is using focus group discussion.

Meanwhile, for quantitative method is using online survey with 249 respondents. The

respondents are 18 – 25 years old women who live in Bandung and Jakarta. The analysis for

this research is using conjoint analysis and descriptive analysis.

The findings shows the preferred combination for future development is lipstick with natural

color, soft matte texture, beauty blogger/vlogger review and price value at 50.000 rupiah. The

most important attribute based on the result is brand.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiSchool of Business and Management
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Drs. Herry Hudrasyah, MA, Editor: Taupik Abidin

Download...