Path: Top > Member > Irwan@unix.lib.itb.ac.id

Sudjoko yang Lurus dan Khas

Kompas, Rabu 06 September 2006
Clipping from JBPTITBPP / 2007-03-22 08:51:44
Oleh : Salomo S., Kompas
Dibuat : 2007-03-22, dengan 1 file

Keyword :
Guru besar emeritus Seni Rupa ITB, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Url : http://www.kompas.com
Sumber pengambilan dokumen : http://www.kompas.com/kompas-cetak/0609/06/humaniora/2934838.htm


ABSTRAK:

Tiga tahun lalu percakapan kami yang panjang di Jakarta, setelah sebuah diskusi bahasa, terpotong lantaran Prof Dr Sudjoko harus menuju Stasiun Gambir, mengejar keberangkatan sore supaya tak larut malam sampai di kediamannya di bilangan Arcamanik, Bandung. "Saya tak bisa lebih dari satu malam meninggalkan rumah," katanya bergegas berangkat dari hotel yang disediakan panitia diskusi untuknya menginap. "Sudah beberapa kali saya kemalingan. Sekarang pintu luar rumah saya tutup dengan berlapis kunci saban pergi." Tidak punya pembantu?

"Tidak lagi! Saya pecat dia, ketahuan menjual buku-buku saya ke loak. Dia tidak tahu barangbarang tua itu berharga sekali buat saya." Kemudian, kami berpisah. Namun, sebetulnya kami tidak pernah berpisah sebab saya adalah satu dari 24 temannya yang dalam beberapa tahun terakhir setiap hari mendapat kiriman musik MIDI, foto-foto peristiwa terbaru, lirik lagu yang tak lapuk dimakan zaman, dan sentilan-sentilan tajam yang menggugah melalui surat elektroniknya. Internet memang kawan akrab bagi guru besar emeritus Seni Rupa ITB itu, bahkan di usianya yang mendekati 80. Jumat 25 Agustus lalu datanglah kabar yang menyentak itu. SMS senior saya di Kompas, Ninok Leksono, memberi tahu bahwa Prof Dr Sudjoko telah meninggal dunia. Belum habis rasa kaget itu, masuk lagi SMS berikutnya: "Diduga sudah empat hari (berpulang)."

Barulah saya ngeh setelah Mas Ninok, yang tercantum dalam daftar 24 penerima kiriman-kiriman Sudjoko, mengingatkan bahwa surat elektronik terakhir beliau yang kami terima bertanggal 21 Agustus. Pada salah satu surat yang dikirim hari itu, ia menyapa kami dengan:......

Copyrights : Copyright (c) 2007 by ITB Central Library. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiKompas
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Irwan Sofiyan

File PDF...