Path: TopS2-ThesesCivil Engineering-FTSL2004

KINERJA CAMPURAN BETON ASPAL DENGAN BAN BEKAS SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT TERHADAP FLEXURE FATIGUE TEST

Master Theses from JBPTITBPP / 2017-09-27 15:23:26
Oleh : Vivi, S2 - Civil Engineering
Dibuat : 2004-03-00, dengan 1 file

Keyword : Asphalt concrete, Scrapped rubber tire, Flexure fatigue test

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja beton aspal yang mengandung ban bekas dengan flexure fatigue test menggunakan mesin uji kelelahan DARTEC. Pengujian dilakukan pada kontrol tegangan, pola pembebanan sinusoidal pads frekuensi 10 Hz dan metoda pengujian 3 (tiga) titik pembebanan. Pengujian kelelahan dilakukan pada KAO campuran beton aspal gradasi tipe IV Bina Marga dan berlangsung pada suhu ruang. Ban bekas yang dipakai adalah dengan kandungan 50% dan 100% sebagai pengganti agregat pada fraksi No.50. Analisa Marshall menunjukkan campuran tanpa ban bekas memiliki Kadar Aspal Optimum 7,1%, campuran dengan 50% ban bekas pengganti agregat pada fraksi No. 50 memiliki Kadar Aspal Optimum 7,4% dan campuran dengan 100% ban bekas pengganti agregat pada fraksi No. 50 memiliki Kadar Aspal Optimum 7,2%. Hasil pengujian kelelahan menunjukkan bahwa umur kelelahan campuran beton aspal yang mengandung ban bekas sebagai agregat pengganti sebagian, memiliki umur kelelahan yang sangat rendah dibandingkan dengan umur kelelahan campuran beton aspal tanpa ban bekas. Berdasarkan hasil analisis regresi, Modulus Kekakuan Lentur awal campuran beton aspal yang tidak mengandung ban bekas, yang mengandung 50% dan 100% ban bekas sebagai pengganti agregat pada fraksi No.50 berturut turut adalah 99,919 Mpa, 68,008 Mpa dan 53,938 Mpa. Mekanisme retak secara umum tidak berbeda antara campuran yang mengandung ban bekas dan tanpa ban bekas, yaitu dimulai pada bagian tengah dasar benda uji terus merambat ke bagian atas permukaan benda uji.

Deskripsi Alternatif :

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja beton aspal yang mengandung ban bekas dengan flexure fatigue test menggunakan mesin uji kelelahan DARTEC. Pengujian dilakukan pada kontrol tegangan, pola pembebanan sinusoidal pads frekuensi 10 Hz dan metoda pengujian 3 (tiga) titik pembebanan. Pengujian kelelahan dilakukan pada KAO campuran beton aspal gradasi tipe IV Bina Marga dan berlangsung pada suhu ruang. Ban bekas yang dipakai adalah dengan kandungan 50% dan 100% sebagai pengganti agregat pada fraksi No.50. Analisa Marshall menunjukkan campuran tanpa ban bekas memiliki Kadar Aspal Optimum 7,1%, campuran dengan 50% ban bekas pengganti agregat pada fraksi No. 50 memiliki Kadar Aspal Optimum 7,4% dan campuran dengan 100% ban bekas pengganti agregat pada fraksi No. 50 memiliki Kadar Aspal Optimum 7,2%. Hasil pengujian kelelahan menunjukkan bahwa umur kelelahan campuran beton aspal yang mengandung ban bekas sebagai agregat pengganti sebagian, memiliki umur kelelahan yang sangat rendah dibandingkan dengan umur kelelahan campuran beton aspal tanpa ban bekas. Berdasarkan hasil analisis regresi, Modulus Kekakuan Lentur awal campuran beton aspal yang tidak mengandung ban bekas, yang mengandung 50% dan 100% ban bekas sebagai pengganti agregat pada fraksi No.50 berturut turut adalah 99,919 Mpa, 68,008 Mpa dan 53,938 Mpa. Mekanisme retak secara umum tidak berbeda antara campuran yang mengandung ban bekas dan tanpa ban bekas, yaitu dimulai pada bagian tengah dasar benda uji terus merambat ke bagian atas permukaan benda uji.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - Civil Engineering
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Bambang Ismanto S.; Pembimbing 2: Sri Hendarto; Scanned & edited by: cecep@unix.lib.itb.ac.id, Editor:

File PDF...