Path: TopMemberIrwan@unix.lib.itb.ac.id

SIMULASI UJI STATIK MOTOR ROKET PROPELAN PADAT

Master Theses from / 2004-11-22 12:20:21
Oleh : ENDANG MUGIA GS., S2 - Instrumentation and Control
Dibuat : 1996 - Apr, dengan 1 file

Keyword : MOTOR ROKET PROPELAN PADAT
Nomor Panggil (DDC) : T 621.4 MUS
Sumber pengambilan dokumen : 96/3500

Roket merupakan wahana peluncur untuk menempatkan muatan pada target yang telah ditetapkan. Untuk mendapatkan roket dengan dinamika terbang sesuai dengan misi yang telah ditetapkan, maka dilakukan perancangan dan pengujian. Pengujian statik merupakan cara untuk menguji unjuk kerja motor roket, apakah telah sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Untuk memperoleh basil rancangan yang optimal, sebelum dilakukan pengujian statik, dilakukan simulasi komputer model matematik. Di dalam tugas akhir ini dilakukan pemodelan dan simulasi uji statik motor roket propelan padat. Untuk investigasi model matematik dari fenomena fisika sistem propulsi or dan program simulasi, digunakan basil uji model riil dari motor roket di LAPAN dengan diameter 250 mm dan panjang grain propelan 2000 mm dan 3000 mm, dengan konfigurasi grain berbentuk bintang. Sebagai pembanding sifat konfigurasi grain propelan berbentuk bintang, dicoba grain berbentuk silinder dengan slot. Besaran sistem propulsi motor yang telah dapat diukur dan diketahui di sistem pengujian statik LAPAN adalah besaran : gaya dorong ( F ), tekanan ruang bakar ( P ), wraktu pembakaran ( tb ), dan penghitungan Impulse spesifik (Isp ). Sebagai kajian basil aimulasi model matematik, dianalisa pengaruh parameter masukan data terhadap F, P, tb, dan tsp Adapun parameter masukan data tersebut adalah : sifat karakteristik propelan ( kapasitas panas spesifik ( y ), kecepatan karakteristik ((C*), rapat massa propelan ( ρ p ), koefisien laju pembakaran ( a ), dan eksponen laju pembakaran ( n) ), dimensi motor roket ( diameter awal rongga nosel (D` ) dan panjang grain propelan ( L ) ), dan konfigurasi dan tfnnevsi grain propelan ( jumlah titik bintang (ra), sudut bintang (η ), tebal web (Tv,), dan jari - jari grain propelan). Antara basil simulasi model matematik dengan basil uji model rill, terjadi perbedaan keluaran tekanan ruang bakar dan gaya dorong. Untuk memperkecil perbedaan basil kduaran tersebut, maka disisipkan suatu konstanta empirik pada persamaan model matanank dari gaya dorong dan tekanan ruang bakar.

Deskripsi Alternatif :

Roket merupakan wahana peluncur untuk menempatkan muatan pada target yang telah ditetapkan. Untuk mendapatkan roket dengan dinamika terbang sesuai dengan misi yang telah ditetapkan, maka dilakukan perancangan dan pengujian. Pengujian statik merupakan cara untuk menguji unjuk kerja motor roket, apakah telah sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Untuk memperoleh basil rancangan yang optimal, sebelum dilakukan pengujian statik, dilakukan simulasi komputer model matematik. Di dalam tugas akhir ini dilakukan pemodelan dan simulasi uji statik motor roket propelan padat. Untuk investigasi model matematik dari fenomena fisika sistem propulsi or dan program simulasi, digunakan basil uji model riil dari motor roket di LAPAN dengan diameter 250 mm dan panjang grain propelan 2000 mm dan 3000 mm, dengan konfigurasi grain berbentuk bintang. Sebagai pembanding sifat konfigurasi grain propelan berbentuk bintang, dicoba grain berbentuk silinder dengan slot. Besaran sistem propulsi motor yang telah dapat diukur dan diketahui di sistem pengujian statik LAPAN adalah besaran : gaya dorong ( F ), tekanan ruang bakar ( P ), wraktu pembakaran ( tb ), dan penghitungan Impulse spesifik (Isp ). Sebagai kajian basil aimulasi model matematik, dianalisa pengaruh parameter masukan data terhadap F, P, tb, dan tsp Adapun parameter masukan data tersebut adalah : sifat karakteristik propelan ( kapasitas panas spesifik ( y ), kecepatan karakteristik ((C*), rapat massa propelan ( ρ p ), koefisien laju pembakaran ( a ), dan eksponen laju pembakaran ( n) ), dimensi motor roket ( diameter awal rongga nosel (D` ) dan panjang grain propelan ( L ) ), dan konfigurasi dan tfnnevsi grain propelan ( jumlah titik bintang (ra), sudut bintang (η ), tebal web (Tv,), dan jari - jari grain propelan). Antara basil simulasi model matematik dengan basil uji model rill, terjadi perbedaan keluaran tekanan ruang bakar dan gaya dorong. Untuk memperkecil perbedaan basil kduaran tersebut, maka disisipkan suatu konstanta empirik pada persamaan model matanank dari gaya dorong dan tekanan ruang bakar.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher
OrganisasiS2 - Instrumentation and Control
Nama KontakYoka Adam Nugrahaa, S.Sos.
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing I: Farida I Muchtadi ; Pembimbing II: Loekman Satibi ; Scanner: Irwan S., Editor: irwan@

Download...