Path: TopMembercecep@unix.lib.itb.ac.id

PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA DENGAN MENGGUNAKAN HIDDEN MARKOV MODEL UNTUK MENENTUKAN GAYA BELAJAR

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2018-01-11 13:43:09
Oleh : R. Ryan Adi Wicaksana (NIM: 18211035), S1 - Information System and Technology-STEI
Dibuat : 2018-01-11, dengan 1 file

Keyword : Gaya Belajar VAK, HMM, K-Means Clustering, 3D VLE

Penggunaan Multimedia dalam pendidikan untuk setiap individu hendaknya diakomodasi, karena penyerapan informasi individu relatif terhadap media tertentu (teks, visual, audio, gerakan, dan lain-lain).
Hal ini berkaitan erat dengan cara belajar setiap individu. Terdapat tiga gaya belajar berdasarkan modalitas yang digunakan individu dalam mengolah informasi, yaitu modalitas visual (gambar, grafik, teks, video), auditori (suara, musik), atau kinestetik (video, gerakan). Pengetahuan tentang gaya belajar akan membantu pembelajar sendiri untuk mengetahui mengapa belajar terkadang sulit dan gaya belajar tersebut dapat menjadi dasar untuk mengembangkan kekurangannya.
Aplikasi ini bertujuan untuk mengakomodasi pembelajaran berdasarkan gaya belajar individu sehingga memudahkan pengguna untuk mengikuti pembelajaran dengan gaya belajarnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur memberikan pelatihan berupa tes setelah mengikuti materi ajar berdasarkan gaya belajarnya dengan 3D VLE (Moodle, SLOODLE, dan OpenSim).
Berdasarkan pengujian solusi yang ditawarkan saat ini belum dapat diimplementasikan secara maksimal, karena belum terintegrasinya sistem HMM dengan 3D VLE. Namun sistem HMM yang dirancang telah dapat menentukan gaya belajar berdasarkan nilai prestasi siswa sebesar 68%. Meskipun demikian aplikasi ini memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut.

Deskripsi Alternatif :

Multimedia use in education system for every individual should be accommodated, because absorption of information for individual is relative to certain media (text, visual, audio, animation, etc.)
This is closely related with how do they learn. There are three learning styles based on their modalities which they used to process informations, i.e. visual modality (image, graphic, text, video), auditory modality (audio, music), or kinesthethic modality (video, animation). Knowledge of learning styles will help learners for knowing why learning sometimes is difficult for themselves and that learning styles can become basis for helping their deficiency
This applications aim to accommodate learning system based on their learning styles so that facilitate users to follow their course based on their learning styles. This applications also have features for testing after they learn course based on their learning styles with 3D VLE (Moodle, SLOODLE, and OpenSim)
Based on solution testing which is offered currently can not be implemented well, because HMM system and 3D VLE was not be integrated yet. But this HMM system which is designed can determine the learning styles based student’s test performance about 68%. Nevertheless this application has potency to next development / research.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS1 - Information System and Technology-STEI
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Yusep Rosmansyah, S.T, M.Sc, Ph.D, Editor: cecep hikmat