Path: TopS1-Final ProjectInformatics-Computer Science-STEI2008

STUDI DAN IMPLEMENTASI ANALISIS SAHAM DENGAN METODE MOVING AVERAGE DAN BOLLINGER BANDS

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2017-10-09 10:28:06
Oleh : REINHARD H. S. (NIM 13503128), Central Library Institute Technology Bandung
Dibuat : 2008, dengan 8 file

Keyword : saham, pasar modal, analisis teknikal, indikator, moving average, bollinger bands, tren, volatilitas

Pasar modal (Capital Market) merupakan pasar dimana terjadinya trasaksi perdagangan berbagai instrumen keuangan jangka panjang seperti saham. Akan tetapi, berinvestasi di pasar modal tidaklah semudah yang dibayangkan sebagian besar orang. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi naik turunnya harga saham. Apabila tidak diikuti dengan analisis dan tindakan tepat, bukan tidak mungkin seorang investor mengalami kerugian yang cukup besar. Oleh karena itu, hingga saat ini telah dikembangkan berbagai metode dan teknik dalam melakukan analisis-analisis terhadap pergerakan harga saham.




Di dunia investasi, khususnya pasar modal dikenal dua pendekatan utama dalam melakukan analisis saham yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Analisis fundamental adalah merupakan pendekatan yang menggunakan data fundamental perusahaan penerbit surat berharga, misalnya laporan keuangan ditambah dengan tingkat suku bunga, inflasi, ekonomi makro dan faktor-faktor relevan lainnya. Sementara analisis teknikal adalah merupakan pendekatan berbasis perilaku harga surat berharga tersebut di masa yang lalu.




Dalam tugas akhir ini penulis menggunakan pendekatan analisis teknikal di dalam menganalisis saham yakni menggunakan metode Bollinger Bands dan Moving Average. Dalam pendekatan analisis teknikal ini akan memanfaatkan grafik data historis saham di dalam memproyeksikan tren pergerakan harga saham, sehingga dapat membantu para pelaku pasar dalam mengambil keputusan investasi seperti buy, sell, atau hold. Indikator Bollinger Bands dan Moving Average merupakan 2 buah indikator yang saling mendukung dalam menganalisis saham dimana indikator Bollinger Bands mengukur tingkat volatilitas pergerakan harga saham dan indikator Moving Average memberikan konfirmasi sinyal jual maupun beli.

Copyrights : Copyright Â(c) 2001 by ITB Central Library. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiCentral Library Institute Technology Bandung
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Harlili, M.Sc. , Editor: Vika A. Kovariansi

Download...