Path: Top > S2-Theses > Management Science-SBM > 2018

SENTIMENT ANALYSIS TO IMPROVE TOURISM IN BANDUNG

SENTIMENT ANALYSIS TO IMPROVE TOURISM IN BANDUNG

Master Theses from JBPTITBPP / 2018-08-10 08:31:38
Oleh : PRAHITA SRI RAHAYUNINGRAT (29016008), S2 - Management Science-SBM
Dibuat : 2018-08-10, dengan 1 file

Keyword : tourism, text mining, social media, sentiment analysis

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan instragram saat ini adalah alat komunikasi paling

masif penggunaannya bagi masyarakat banyak. Tidak hanya sebagai media komunikasi, media

sosial juga digunakan sebagai alat promosi dan sebagai alat penilaian untuk tinjauan produk yang

paling jujur dan realtime (analisis sentimen). Ketika membuka media sosial kemudian mencari

kata kunci untuk produk atau lokasi yang kita telusuri, maka dengan cepat akan mendapatkan

peninjauan suatu produk atau lokasi yang kita cari. Mudah dan cepat adalah alasan orang

mempercayai media sosial saat ini. Ulasan yang didapat bisa positif atau negatif, tergantung

kondisi sebenarnya yang terjadi pada saat sedang mencari ulasan tersebut, sehingga memungkinan

hasil ulasan yang dicari dapat berubah di waktu lain. Pada awalnya, hasil ulasan adalah negatif

tetapi pada tahun berikutnya hasil ulasan dapat berubah menjadi positif, hal ini kemungkinan dapat

terjadi dikarenakan lokasi atau produk tersebut sudah diperbaiki oleh masyarakat sekitar atau oleh

pemerintah lokal (para pengambil keputusan), maka produk atau lokasi yang buruk atau tidak

cukup baik dapat berubah menjadi baik. Saat ini penambangan teks sangat diperlukan untuk

memperoleh informasi yang tepat, cepat serta banyak. Penelitian ini menggunakan R studio untuk

memproses data penambangan teks dari Twitter mengenai kondisi pariwisata di Bandung melalui

analisis sentimen. Analisis sentimen dapat menentukan hasil ulasan dari media sosial (berupa

ulasan positive atau negative). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu para akademisi

untuk menambah bahan tinjauan pusataka mereka dan juga untuk membantu para pengambil

keputusan untuk menentukan bagian mana yang harus diperbaiki dan bagian mana yang tetap

dijaga dalam konteks pariwisata di Bandung

Deskripsi Alternatif :

Social media such as Facebook, Twitter, and Instragram currently are the most massive

communication tools for people. Not only as a medium of communication, social media is also

used as a promotional tool and as an assessment tool for an honest and real-time product review

(sentiment analysis). When opening social media then looking for keywords for the product or

location that we search, it immediately get the review of the item or location that we are searching

for. easy and quick is the reason people trust social media today. The review can be positive or

negative, depending on the actual conditions that happened at that time, so it could be changed at

other time. At the first, the review is negative but in the following year the review can change to

be positive, this is because the location or product has been fixed by the surrounding community

or local government (decision maker). so the place or product that is bad or not good enough turns

to be good. Therefore, text mining is currently strongly needed to get the right, fast and much

information. This study used R studio to process text mining data that obtained from Twitter

regarding the condition of tourism in Bandung through sentiment analysis. Sentiment analysis can

determine the result of the review from social media. The results of this research are expected to

help academics to increase their literature review and also to help decision makers to determine

which one should be improved and which one remains in being maintenance in the tourism context

in Bandung

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - Management Science-SBM
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Dr. Eng. Manahan P. S. Siallagan, M.T., M.Sc., Editor: Taupik Abidin

File PDF...