Path: Top > S2-Theses > Business Administration-SBM > 2018

STRATEGI IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN DI PT. ENERGY SURVEY INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA OPERASI DALAM HAL DURASI PENYELESAIAN PEKERJAAN DAN KUALITAS PELAYANAN

KNOWLEDGE MANAGEMENT IMPLEMENTATION STRATEGY AT PT. ENERGY SURVEY INDONESIA TO INCREASE OPERATIONAL PERFORMANCE IN TERM OF TURNAROUND TIME AND QUALITY OF SERVICES

Master Theses from JBPTITBPP / 2018-06-09 08:45:48
Oleh : MUHARAM ZAMZAM (NIM 29316091), S2 - Business Administration-SBM
Dibuat : 2018-06-09, dengan 1 file

Keyword : Knowledge Management, Implementasi KM, Kinerja Operasi, Penyelesaian Pekerjaan (TAT), Key Performance Indicator (KPI), dan Kualitas Pelayanan

PT. Energy Survey Indonesia (PT. ESI) adalah perusahaan survey, inspeksi dan konsultasi yang berpengalaman lebih dari 49 tahun di Indonesia, saat ini perusahaan memiliki masalah dalam hal kualitas layanan dan penyelesaian pekerjaan (TAT) karena kurangnya inovasi.

Dalam lima tahun terakhir mulai muncul pemain baru yang masuk ke bisnis ini sehingga pangsa pasarnya PT. ESI terancam diambil oleh competitor tersebut. Persaingan semakin ketat dimana pemenangnya adalah mereka yang mampu mempertahankan waktu penyelesaian pekerjaan (TAT) dan kualitas pelayanannya. PT. ESI memiliki masalah terkait kinerja operasi dalam hal ini, karena dalam dua tahun terakhir ada banyak keluhan terkait dengan laporan yang lambat, dan kualitas pelayanan para Tenaga Ahli (Surveyor, Sampler, Preparator, dan Analis) dan terkait dengan kompetensi Tenaga Ahli yang ada di lapangan atau laboratorium sehingga pengelolaan PT. ESI harus segera memperbaiki kinerja supaya nilai tambah perusahaan ini tetap terjaga.

Metodologi penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggabungkan metode wawancara semi terstruktur secara mendalam dengan pihak yang berkepentingan dan kajian dokumen dan kemudian menguraikan semua data dan informasi ke dalam konsep Knowledge Management (KM) untuk memperbaiki permasalahan dengan konsep yang dikembangkan oleh Tjakraatmadja (2017) yakni 10 langkah cara untuk mengembangkan strategi implementasi KM, dimana langkah awal terlebih dahulu menganalisis masalah agar diketahui akar persoalannya dan menentukan tujuan organisasi, selanjutnya mengikuti langkah demi langkah 10 tahapan implementasi KM sampai dengan integrasi rencana eksekusi, penunjukan eksekutor, dan jadwal implementasi.

Sebagai hasil dari penelitian ini adalah berupa rekomendasi strategi KM yang perlu diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja operasional seperti mengembangkan konsep pengembangan kompetensi Surveyor / Sampler / Preparator / Analyst meliputi penilaian dan evaluasi, peningkatan manajemen waktu, pengambilan keputusan untuk menjaga kinerja. dan meninjau Key Performance Indicator (KPI), menerapkan manajemen tempat kerja supaya lebih efektif, memelihara dan menjadwalkan pemeriksaan semua peralatan, dan meningkatkan efektifitas penyediaan inventory consumable, dan mengembangkan proyek aplikasi untuk mengurangi durasi TAT dan meningkatkan kinerja operasi.

Deskripsi Alternatif :

PT. Energy Survey Indonesia (PT. ESI) is survey, inspection and consulting company with more than 49 yearsÂ’ experience operating in Indonesia, currently has problems related to turnaround time (TAT) and quality of service in completing the work resulting in customer complaints and declining performance operations in this company due to lack of improvements.

In the last five years many companies enter into this business so that a threat to PT. ESI if not immediately make changes PT. ESI threatened taken by competitors. Competition is getting tighter where the winners will be those who are able to maintain turnaround time (TAT) and quality of service. PT. ESI has an issue related to operation performance in this case due to in the last two years has many complaints related with delay report and incompetence Experts (Surveyor, Sampler, Preparator, and Analyst) and related with the competency in the field or lab so that management of PT. ESI must fix immediately to increase the performance so value of this company is maintained.

Research methodology using qualitative method by combining in-depth semi-structured interview method with interested parties and document review and then elaborating all data and information into the concept of Knowledge Management (KM) to improve the problems with the concept developed by Tjakraatmadja (2017) related with 10 steps KM implementation strategy started by analyzing the problem to determine the root of the problem as well as defining the organizational objective then follow the 10 steps of KM implementation until the integration of execution plan, appointment executor, and implementation schedule.

As a result of this research are recommendations of KM strategy that need to be implemented to improve operational performance such as develop the concept of competency development for Surveyor / Sampler / Preparator / Analyst include assessment and evaluation, increase time management, decision making to maintain performance and review Key Performance Indicator (KPI), implement workplace management, maintain and scheduling all equipment, and increase planning and budgeting for consumable precisely, and develop application project to reduce duration TAT and increase operational performance.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - Business Administration-SBM
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Prof. Dr. Ir. Jann H. Tjakraatmadja, MSIE, Editor: Roosalina Vanina Viyazza

File PDF...