Path: Top > S2-Theses > Business Administration-SBM > 2018

PENGELOLAAN PELANGGAN KUNCI UNTUK SEKTOR SUMBER DAYA ALAM GRUP DI MARKPLUS,INC

KEY ACCOUNT MANAGEMENT FOR RESOURCES SECTOR TEAM AT MARKPLUS, INC

Master Theses from JBPTITBPP / 2018-06-09 11:51:34
By : MARTHANI (NIM 29316349), S2 - Business Administration-SBM
Created : 2018-06-09, with 1 files

Keyword : Resources Sector, Key Account Management System, MarkPlus,Inc

Cara melakukan bisnis sudah berubah menjadi lebih cepat, lebih digital dan lebih instant di era sekarang sehingga menuntut persaingan menjadi lebih tinggi. Sebuah produk yang tidak memiliki perbedaan dari produk lain akan cenderung menjadi komoditas. Hal ini menjadi paradox, dimana dunia menjadi serba digital, namun konsumen menginginkan hal yang lebih humanis, memerlukan pendekatan yang lebih personal dan tidak mau dijadikan sebagai target konsumen.

Keinginan yang tidak tersampaikan oleh konsumen dapat dipenuhi dengan menggunakan pendekatan yang terstruktur, keunggulan yang tinggi dari sebuah produk, pengertian yang mendalam tentang kebutuhan konsumen dengan menyediakan solusi yang menyeluruh. Sistem untuk menganalisa dan mengatur kebutuhan konsumen dinamankan Key Account Management System. Sistem yang akan menolong seorang tenaga penjual dan orang marketing untuk lebih sistematis dalam mengerti konsumen sehingga bisa menyediakan solusi yang menyeluruh. Sistem ini bisa dipakai secara per bagian atau juga menyeluruh, tergantung dari klasifikasi kebutuhan tiap konsumen.

Tugas akhir ini focus dengan pembuatan key account management system di sector sumber daya alam di MarkPlus,Inc, sebuah marketing konsultan terdepan yang menyediakan solusi secara menyeluruh untuk konsumen dengan menawarkan keunggulan yang tinggi, jaringan yang luas secara internasional dan nasional. Alasan mengapa sektor sumber daya alam membutuhkan key account management system karena hokum pareto dimana 20% konsumen akan menghasilkan 80% keuntungan bagi perusahaan. Dengan melihat hokum tersebut maka, mmepertahankan konsumen merupakan hal yang penting, pemimpin dalam bisnis ini memegang mayoritas dari pasar dalam organisasi perusahaan yang besar, pengambilan keputusan bias jadi lebih rumit dengan adanya hirarki dalam pengambilan keputusan yang membutuhkan pendekatan secara menyeluruh dari sebuah jasa yang professional. Sektor sumber daya alam juga telah beralih menuju ke hilir sehingga membutuhkan edukasi kepada pekerja mengenai marketing karena tidak hanya produksi saja melainkan juga komersialisasi yang berstandar internasional.

MarkPlus,Inc sebagai konsultan marketing, dengan budaya bisnis yang cepat dan dinamis, konsumen membutuhkan hubungan yang dekat dan yakin dengan kemampuan konsultan. Bisi dan misi untuk menyediakan key account management system yang bias diaplikasikan dalam proses penjualan ketika ada pergantian tenaga penjual, agar konsumen merasa tetap diperhatikan dan tetap dekat dengan konsultan dan tenaga penjualnya.

Permasalahannya adalah MarkPlus,Inc denagn segala sumber yang dimiliki, bagiamanakah mempertahankan bisnis tetap berjalan salah satu cara dengan menggunakan system pengelolaan pelangga kunci untuk sector sumber daya alam grup di MarkPlus, Inc.

Berdasarkan dari permasalahan yang diangkat diatas, maka tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk menganalisa sebera besar peluang MarkPlus,Inc dan seberapa besar daya yang bisa ditawarkan MarkPlus,Inc di sector sumber daya alam, untuk membuat sistem pengelolaan pelanggan, untuk menggunakan sistem pengelolaan pelanggan dari pelanggan- pelanggan kunci yang ada di sektor sumber daya alam.

Metode yang akan digunakan adalah pendekat secara dalam dan luar dari perusahaan. Pendekatan dari dalam menggunakan VRIO, dan Product Portofolio. Pendekatn dari luar menggunakan PESTEL Model, Porter’s Five Forces, Analisa Terhadap Keuntungan Pesaing, analisa pelanggan.

Hasil penelitian telah dilakukan dalam penyusunan key account management system dan telah mengukur daya saing yang bias diaplikasikan oleh MarkPlus, Inc sehingga bias memperbaiki produktifitas dari divisi penjualan dan mengembangkan system penjualan.

Hasil dari penelitian ini adalah daya saing MarkPlus, Inc tinggi dan peluang besar di grup sektor sumber daya alam, sehingga untuk menghasillkan kinerja yang optimal, diperluka untuk membuat dan menggunakan system pengelolaan pelanggan kunci di sector sumber daya alam di MarkPlus,Inc.

Description Alternative :

Business landscape has changed to be faster, more digital, more instant in this era and the competition is getting higher. A product which has no differentiation and no uniqueness will be tend to be a commodity. It has been a paradox, when everything becomes very fast by digital technology development, customer becomes very human who needs human touch and not as target customer.

The anxiety and desire of clients can be fulfilled by structured approach, a high competitive advantage, fully understand what clients really anxiety and desire and holistic solution. The system to analyze and how to handle clients, in this case is key account, called Key Account Management System. The system which can help a sales person and marketer to be more systematically, understand their clients better and provide a holistic solution. This system can be applied partially or as a whole, depends on the classification of the clients.

The final assignment is focused on the designing of key account management system in Resources Sector in MarkPlus,Inc, a leading marketing consulting firm which provide holistic solution for its clients by having a high competitive advantage and broad network internationally and locally. The reason why Resources sector needs a key account management system because pareto exists in the market, only a small number of company holds majority of market share. Therefore, retaining pareto accounts matter, these market leaders are typically large organization with complex decision making unit (DMU), they need complex solutions which require integrated offerings from professional services. The Resources sector also switch to downstream business therefore need to educate the employee about marketing because it is not just about production but also commercial with international standard.

MarkPlus,Inc as a marketing consultant firm, the nature of its business is highly dynamic and fast. clients need a close relationship and be sure about consultant’s capabilities. The vision and mission is to provide a key account management system which can be applied in sales process therefore when there is exchange sales person, the clients will be continue to feel supported and stay close with the consultant and sales persons.

The Problem is MarkPlus,Inc with all these resources has to make sure this growth of sales will be sustain in Resources sector by developing and implementing key account management system.

Based on the problem statement above, the objective of this final projects are to analyze MarkPlus, Inc competitive advantage in Resources sector, to develop integrated key account management system in Resources sector in MarkPlus, Inc, to implement plan of key account management system in Resources sector.

The methodology which is used such as internal analysis by using the VRIO and Product Portfolio framework and external analysis by using PESTEL Model, Porter’s Five Forces, Competitor Intelligence Advantage, Customer Analysis.

The research done has resulted in the design of key account management system and the measurement of competitive advantage that can be applied by MarkPlus,Inc, which is hoped to be able to increase the productivity of the sales division, develop sales system.

The result is the competitive advantage of MarkPlus, Inc is high, the opportunity in Resources sector is high, to optimum work MarkPlus should apply key account management system to focus on servicing clients.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTITBPP
OrganizationS2 - Business Administration-SBM
Contact NameUPT Perpustakaan ITB
AddressJl. Ganesha 10
CityBandung
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
Administrator E-maildigilib@lib.itb.ac.id
CKO E-mailinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing: Iwan Setiawan, MBA, Editor: Roosalina Vanina Viyazza

Downnload...