Path: Top S1-Final Project Architecture 2008

TOYOTA AND AUTOMOTIVE CENTER, JAKARTA

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2009-04-20 09:49:14
Oleh : MARTHA MARISCA KUNTADI (NIM 15203048), S1 - Architecture Study Programme
Dibuat : 2008, dengan 7 file

Keyword : bisnis otomotif, kendaraan bermotor, showroom, media advertensi, pusat otomotif

Persaingan dalam industri otomotif kian hari kian ketat. Bila dahulu persaingan antarmerek kendaraan ditekankan pada keunggulan teknologi yang diusung, kini hal itu bukan lagi menjadi kekuatan utama. Persaingan kini mulai bergeser ke hal-hal yang sifatnya intangiable atau hal-hal yang tak dapat diindera, seperti sejarah dan citra merek (brand image). Tujuannya adalah menciptakan diferensiasi produk ditengah-tengah pasar yang nyaris sama sehingga konsumen dapat lebih membedakan produk dari produk-produk lainnya dan akhirnya berimbas pada meningkatnya penjualan. Mengutip dari Garel Rhys, direktur Central for Automotive Industry Research Cardiff University, Wales, "As the cars become almost homogeneous in technology, the battle is on the marketing side." Kini persaingan bukan hanya dari segi teknologi, melainkan juga dari teknik pemasaran. Di sinilah arsitektur turut memainkan peran. Arsitektur tidak lagi sekedar melayani kebutuhan fungsional, tetapi juga menjadi bagian dari strategi pemasaran. Arsitektur merupakan media advertensi perusahaan. Bila dahulu, iklan ditampilkan dalam billboard berukuran raksasa, kini iklan terwujud dalam bentuk arsitektur. Dengan demikian arsitektur harus mampu menampilkan citra dari perusahaan dan mengemas produk-produk yang ditawarkan, dalam hal ini berupa kendaraan, semenarik mungkin. Kelebihan arsitektur dibandingkan media advertensi yang lain adalah arsitektur berkomunikasi melalui seluruh stimulus yang ada, bukan sekedar audio atau visual seperti media advertensi pada umumnya. Dengan demikian, diharapkan citra perusahaan dapat tertanam lebih dalam pada kesadaran konsumen.

Pada tugas akhir ini, kasus yang diangkat adalah Toyota and Automotive Center, suatu pusat otomotif yang mewadahi fasilitas showroom dan bengkel Toyota, sebagai fasilitas utama, yang didukung dengan fasilitas showroom sewa, retail, dan cafe(c). Lahan perancangan dari kasus ini terletak di kawasan Kelapa Gading, Jakarta. Produk yang ditampilkan dalam fasilitas ini dikhususkan pada kendaraan built-up. Sebagai konsep utama, dianggat konsep one-stop automotive center, suatu fasilitas terpadu yang mewadahi fasilitas otomotif (ruang pamer, bengkel, dan retail) dan fasilitas rekreasi. Sebagai konsep sirkulasi, digunakan konsep kendaraan dapat mengakses fasilitas sedekat mungkin. Konsep ini yang kemudian menghasilkan pengalaman ruang yang berbeda dari fasilitas otomotif pada umumnya, dimana pada fasilitas ini kegiatan window-shopping tidak hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki, tetapi juga dapat dilakukan melalui kendaraan. Pengalaman ruang inilah yang diharapkan dapat menjadi nilai lebih Toyota and Automotive Center dibanding fasilitas sejenis.

Copyrights : Copyright Â(c) 2001 by ITB Central Library. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS1 - Architecture Study Programme
Nama KontakDrs. Mahmudin, SIP.
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOdigilib@lib.itb.ac.id