Path: Top S2-Theses Transportation 2015

KAJIAN PROBABILITAS PENGGUNAAN CIKARANG DRY PORT BERDASARKAN PERSEPSI FREIGHT FORWARDER

STUDY OF PROBABILITY OF USING CIKARANG DRY PORT BASED ON PERCEPTION OF FREIGHT FORWARDERS

Master Theses from JBPTITBPP / 2017-03-15 16:13:03
Oleh : LUKMAN NURDIN EL HAKIM NIM : 24212301, S2 - Transportation
Dibuat : 2015, dengan 8 file

Keyword : Angkutan Petikemas, Cikarang Dry Port, Freight forwarder, Model Logit.

Pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia khususnya di Pulau Jawa sedang mengalami permasalahan inefisiensi yang yang menyebabkan biaya logistik menjadi tinggi.

Cikarang Dry Port (CDP) muncul sebagai terobosan untuk mengatasi persoalan tersebut. Namun hingga empat tahun beroperasi, tingkat penggunaan CDP masih rendah (kurang dari 1% arus petikemas di Pelabuhan Tanjung Priok).

Penelitian ini mencoba menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan CDP kemudian memodelkan probabilitas penggunaanya terhadap Pelabuhan Tanjung

Priok berdasarkan persepsi freight forwarder. Untuk menjawab persoalan tersebut, penelitian ini menggunakan mixed-method yang merupakan kombinasi antara metode

kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis crosstabs, variabel yang mempengaruhi penggunaan CDP antara lain jarak ke CDP, kepemilikan gudang di sekitar CDP, dan waktu pelayanan

CDP. Sedangkan berdasarkan model logit biner, variabel yang signifikan mempengaruhi probabilitas penggunaan CDP antara lain selisih dwelling time (X1), selisih total biaya (X2), dan selisih proses pengurusan di CDP (X3). Adapun model probabilitas penggunaan CDP yang dihasilkan adalah : UCDP - UTP = exp (-1,1220 – 1,246 X1 - 0,000001586 X2 - 0,396 X3) Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa faktor utama yang paling

dominan mempengaruhi freight forwarder menggunakan Cikarang Dry Port adalah waktu penanganan barang yang lebih cepat dan lebih pasti. Faktor lainnya yang

berpengaruh adalah biaya pengurusan barang di CDP yang lebih murah dan faktor lokasi CDP yang jaraknya lebih dekat ke pemilik barang atau freight forwarder.

Deskripsi Alternatif :

Major ports in Indonesia, particularly in Java are experiencing inefficiency problems that cause high logistics costs. Cikarang Dry Port (CDP) emerged as a breakthrough to overcome this problem. However, up to four years of operation, the utilization level of CDP is still low (less than 1% of containers flow at Tanjung Priok Port).

This study aimed to analyze the factors that affect the use of CDP then model the probability of its use based on the perception of freight forwarders. To answer this

question, this study use a mixed-method which combine the quantitative and qualitative methods.

Based on the results of crosstabs analysis, the variables that affect the use of the CDP include the distance to CDP, warehouse ownership around CDP, CDP and service time. While based on a binary logit model, the variables that significantly affect the probability of the use of the CDP include dwelling time difference (X1), the difference in total cost (X2), and the difference CDP handling process (X3). The

probability model logit is: UCDP - UTP = exp (-1,1220 - 1,246 X1 - 0,000001586 X2 - 0,396 X3) Based on the result of this study, it can be concluded that the main factor that affect the use of Cikarang Dry Port is the handling time at CDP which faster and more certain. Other factors that affect the handling cost and location of CDP.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - Transportation
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id