Path: Top > S1-Final Project > School of Business and Management > 2018

PENGARUH PENGALAMAN MAHASISWA/I TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA: STUDI KASUS SBM ITB

THE INFLUENCE OF STUDENT EXPERIENCE TOWARD STUDENT SATISFACTION: IN CASE OF SBM ITB FINAL PROJECT

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2018-07-16 07:55:56
Oleh : Laras Anjarsari Dewi (19015121), School of Business and Management
Dibuat : 2018-07-16, dengan 1 file

Keyword : Student satisfaction, Student experience, Quality assurance

Dengan berkembanya globalisasi banyak persaingan yang muncul tidak terkecuali persaingan di bidang pendidikan. Perbaikan dan kemajuan program pembelajaran selalu menjadi kompetisi antar universitas dan institusi. Untuk mampu bersaing, program pembelajaran di SBM ITB perlu dievaluasi dari waktu ke waktu. Evaluasi program bisa dilakukan dengan melakukan survei Kepuasan mahasiswa . Di SBM ITB survey kepuasan mahasiswa telah dilakukan setiap semesternya. Evaluasi ini nantinya akan digunakan untuk mengembangkan program pengajaran yang ada. Dalam perancangan program pembelajaran terdapat beberapa aspek yang di jadikan pertimbangan, salah satunya adalah jaminan kualitas (Quality Assurance). Jaminan kualitas yang nantinya diterapkan pada sebuah pembelajaran dapat menjadi pengalaman belajar mahasiswa/i yang bisa mempengaruhi kepuasan mahasiswa/i .
Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sample yang di ambil mengikuti metode random sampling dengan jumlah sampe ditentukan menggunakan rumus Slovin. Hasilnya berupa pengumpulan 296 data responden, data ini kemudian dianalisis menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Linier Sederhana untuk mengukur pengaruh variabel independen (pengalaman mahasiswa/i diukur dengan atribut jaminan kualitas) terhadap variabel dependen (kepuasan siswa)
Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan siswa dipengaruhi oleh pengalaman siswa sebesar 30,8%. Kemudian,dari hasil analisis juga menunjukkan bahwa masing-masing atribut jaminan kualitas memiliki hubungan positif dengan kepuasan siswa.
Penelitian ini juga menemukan bahwa attribute grading policy memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan siswa dan juga satu-satunya atribut yang dapat mempengaruhi ketiga atribut lain. Temuan ini dapat menjadi alasan bagi SBM ITB untuk memberikan perhatian lebih pada jaminan kualitas untuk meningkatkan kepuasan siswa.

Deskripsi Alternatif :

As globalization rise the competitions of education field become quiet competitive. The improvement of the learning program always becomes a competition between university and institution. In order to competes the competition, the learning programs of SBM ITB need to be evaluate from time to time and. Student satisfaction has been used to evaluate the service program in higher education. The evaluation later will be used to develop their program. As the program is designed there are several aspects that need to be considered. One of them is quality assurance. The quality assurance is applied on the learning design that later become part of student experience. The objective of this research is to measure the influence of student experience toward student satisfaction.
The data collected using questionnaire. The sample method used in this research is random sampling method and Slovin’s formula to calculate the amount of sample need. As the result 296 data of respondent is collected, the data then analyzed using classical assumption and simple linear regression. To measure the influence of independent variables (student experience measured by quality assurance attribute) to the dependent variable (student satisfaction)
The result shown that student satisfaction is 30.8% influenced by the student experience. Furthermore, each of quality assurance attribute has positive relationship with the student satisfaction.
This study also finds that the designed grading policy has big influence toward the student satisfaction and also the only attribute that can influence other three attribute. This finding can be a reason for SBM ITB to give more attention on designing quality assurance in order to increase the student satisfaction.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiSchool of Business and Management
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Ir. Budi Permadi Iskandar, MSP, Editor: Taupik Abidin