Path: Top > S1-Final Project > School of Business and Management > 2018

BRAND ANALYSIS AND EVALUATION OF YOFORIA BANDUNG

BRAND ANALYSIS AND EVALUATION OF YOFORIA BANDUNG

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2018-07-30 13:33:54
Oleh : Kalyana Anjani Samardhya (19015220), S1 - Entrepreneurship-SBM
Dibuat : 2018-07-30, dengan 1 file

Keyword : Brand Audit, Brand Analysis, Yogurt Drink, Yogurt Industry, Drinkable Yogurt, RTD, FMCG

Karena semakin banyak orang yang tertarik dalam mengkonsumsi makanan sehat, yogurt adalah salah satu dari banyak industry yang berkembang akibat dari tren gaya hidup sehat. Kebanyakan dari konsumen yogurt adalah wanita muda yang sedang diet atau mencoba pola makan sehat. Karena hal ini, minum yogurt sering dipandang sebagai tingkah laku feminine dan sangat tidak cocok untuk pria. Didirikan pada Desember 2016, Yoforia memasuki pasar yogurt dengan keinginan untuk membuang paradigma ini. Namun, pesan dari merek ini tidak tersampaikan dengan baik kepada audiens dan masih memberikan hasil yang kurang memuaskan. Studi ini menargetkan untuk mengimplementasi analisis merek – lebih tepatnya, audit merek terhadap merek Yoforia untuk menghapus celah diantara apa yang ingin disampaikan Yoforia dan apa yang dipikirkan oleh sasaran pasar atau konsumen tentang Yoforia. Riset ini menggunakan metode riset kualitatif dengan cara mewawancara manajer dari Yoforia (Brand Inventory) dan sasaran pasar mereka untuk menjadi perspektif konsumen (Brand Exploratory) menggunakan wawancara secara mendalam. Riset ini juga menggunakan metode riset kuantitatif untuk Brand Exploratory menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada sasaran pasar yang dituju. Orang-orang yang di wawancara adalah orang yang dianggap sebagai sasaran pasar yang sudah mengetahui merek Yoforia, dengan menggunakan Convenience Sampling. Kemudian untuk analisis menggunakan, Brand Audit Analysis oleh Kevin Lane Keller yang terdiri dari Brand Inventory, Brand Exploratory, dan Gap Analysis. Brand Dynamics Model digunakan untuk menganalisa hasil kuantitatif. Untuk hasil akhir, riset ini akan mengetahui perspektif dari manajer tentang Brand Inventory dan perspektif konsumen tentang Brand Exploratory. Jika ada celah diantara dua perspektif terhadap merek, akan ditunjukkan pada Gap Analysis dan mengindikasikan performa rendah dari Yoforia pada bagian branding. Brand Performance dimata para konsumen akan dianalisa menggunakan Extended Strategic Brand Mapping Analysis oleh Nasution dan Pangestu, yang terdiri dari empat asosiasi yang dipilih yaitu; strength, favorability, uniqueness, number. Pada akhirnya, untuk mengukur ekuitas merek, riset ini menggunakan Brand Dynamics Model yang mempunyai lima kategori untuk di analisa yaitu; bonding, advantage, performance, relevance, dan presence. Setelah semua analisa selesai, riset ini menyarankan manajer untuk memulai dan menetapkan program pembangunan merek untuk elemen merek beserta konten lalu membuat strategi komunikasi pemasaran berdasarkan temuan-temuan untuk menutup celah dan memperbaiki branding dan konten strategi pemasaran dari Yoforia.

Deskripsi Alternatif :

As more people are interested in consuming more healthy food, yogurt is one of the many industries that started growing because of the healthy lifestyle trend. Most of the consumers of yogurts are young women who are on a diet or trying to eat healthily. Because of this, drinking yogurt has been considered as a feminine behavior and not very suitable or admirable for men. Established in December 2016, Yoforia entered the yogurt market with the thought of banishing this paradigm. However, this brand message was not delivered well enough to the audience and still making unsatisfying results. This study aims to implement brand analysis -- more specifically, brand auditing toward Yoforia brand to remove any gap between what Yoforia wanted to deliver and what their target market or consumers think about Yoforia. This research used qualitative research method by interviewing the manager of Yoforia itself inside the company (Brand Inventory) and their target market outside the company to be the customer perspective (Brand Exploratory) using In-Depth Interview. This research also used quantitative research method for its Brand Exploratory using online questionnaire spread to the intended target market. The targeted interviewees are people who Yoforia considered as a target market who already knew about the brand with Convenience Sampling. Then for the analysis, Brand Audit analysis by Kevin Lane Keller which consists of Brand Inventory, Brand Exploratory, and Gap Analysis is used. Brand Dynamics Model is used to analyze quantitative results. For the results, this research will discover the manager perspective in brand inventory and the customer perspective in brand exploratory. The gap between these two perspectives toward the brand, if present, will be shown in Gap Analysis and indicates a low performance of Yoforia in branding. Brand performance in the eyes of customers will be analyzed using Extended Strategic Brand Mapping analysis by Nasution and Pangestu, which consists of four selected association; strength, favorability, uniqueness, number. Finally, to measure brand equity, this research uses Brand Dynamics Model which has five categories to be analyzed; bonding, advantage, performance, relevance, and presence. After all of the analysis has been done, the research suggests that manager start forming and redefine a brand-building program for its brand elements along with the content and then creating a marketing communication strategy based on the findings to solve the gap and improve the branding and content marketing strategy of Yoforia.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS1 - Entrepreneurship-SBM
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Prawira Fajarindra Belgiawan, S.T., M.Eng., Ph.D, Editor: Taupik Abidin

File PDF...