Path: Top > S1-Final Project > Entrepreneurship-SBM > 2018

ANALISA PASAR MINUMAN BEBAS GULA DAN PENGARUH LABEL MINUMAN BEBAS GULA TERHADAP KEINGINAN MEMBELI

ANALYSIS OF SUGAR-FREE BEVERAGES MARKET AND THE EFFECT OF SUGAR-FREE LABEL TOWARD PURCHASE INTENTION

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2018-07-11 14:08:41
Oleh : Joanne Sunarisa (19215010), S1 - Entrepreneurship-SBM
Dibuat : 2018-07-11, dengan 1 file

Keyword : Segmentation, Cluster Analysis, Purchase Intention, Experimental, Sugar-Free Beverages

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan bahwa obesitas dan diabetes telah meningkat secara signifikan di Indonesia. Untuk menghindari kedua penyakit tersebut, masyarakat mulai sadar akan kesehatan dan menunjukkan ketertarikan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Sebagai hasilnya, semakin banyak produk dengan klaim yang lebih sehat mulai muncul di industri makanan dan minuman. Perusahaan minuman sangat memanfaatkan tren ini dengan menciptakan berbagai minuman sehat dengan label bebas gula. UNICE, perusahaan yang diteliti pada studi ini, juga ikut berkecimpung di industri minuman sehat. Mereka menyediakan berbagai macam smoothie buah tanpa tambahan gula yang dikombinasikan dengan bahan-bahan natural lainnya. Walaupun mereka telah merespon tren konsumsi sehat dengan berusaha menekankan klaim bebas gula pada aktivitas pemasaran, laju pertumbuhan UNICE melambat dan pendapatannya pun stagnan. Oleh sebab itu, studi ini dilakukan untuk memahami pasar bebas gula dan pengaruh label bebas gula pada kemasan minuman terhadap keinginan untuk membeli. Pengambilan data pada penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kuesioner dan eksperimen kepada 149 responden yang berdomisili di Bandung-Indonesia. Survey ini terdiri dari 55 pertanyaan dengan bentuk pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka. Hasil data kuesioner dianalisis menggunakan metode analisis klaster dan menunjukkan bahwa terdapat 4 klaster yang memiliki karakter demografis, psikografis, dan perilaku yang berbeda terhadap pasar minuman bebas gula. Tetapi, hanya 3 dari 4 klaster tersebut menunjukkan ciri-ciri yang sesuai dengan kriteria pelanggan yang berpotensi untuk mengkonsumsi minuman bebas gula. Sedangkan itu, hasil eksperimen diolah menggunakan uji t pada sampel berpasangan dan menunjukkan bahwa label bebas gula pada kemasan minuman menambah minat masyarakat untuk membeli. Pembahasan ini diharapkan dapat membantu industri minuman bebas gula untuk memiliki gagasan mengenai keunikan setiap grup pelanggan, sehingga dapat menyasar pelanggan yang tepat dan menerapkan strategi yang sesuai dengan karakter pelanggan yang berpotensial.

Deskripsi Alternatif :

According to Ministry of Health Republic of Indonesia, obesity and diabetes have increased significantly in Indonesia. To avoid these two food-related diseases, people start to be health conscious and show their interest toward healthy eating. As a result, products with healthier claim start to emerge the food and beverage industry. The beverages companies hugely participate in this healthy diet trend and develop many healthier drinks with sugar-free label to respond the market. UNICE, a company that being studied in this research, also engages in the healthy beverages industry. They provide variety of fruit smoothies combined with other natural ingredients without sugar added. Although they have been working on the marketing activity to emphasize the sugar-free claim to respond the rising healthy eating trend, UNICE growth rate slows down and suffers revenue stagnancy. Thus, the study was executed in order to understand sugar-free beverages market and understand the effect of sugar-free label on beverages’ packaging toward purchase intention. The research was conducted in the form of online questionnaire and experiment to 149 respondents domiciled in Bandung-Indonesia. The survey consisted of 55 questions in the form of open-ended and closed-ended questions. The questionnaire data is then analyzed using descriptive and cluster analysis. The result shows that there are 4 clusters which have distinctive demographic, psychographic, and behavioral characteristics toward sugar-free beverages market. However, only 3 out of 4 clusters show favorable features which suggest them as the sugar-free beverages potential customer groups. Meanwhile, the experiment is analyzed using paired t-test and indicates that sugar-free labels on beverages packaging increase people’s willingness to buy. This study is expected to help sugar-free beverages industry to have an idea of each customer groups unique features so that they are able to target the right customers and apply appropriate marketing strategy according to the potential customer’s characteristics.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS1 - Entrepreneurship-SBM
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Shimaditya Nuraeni, S.Psi., Msm., M.Eng, Editor: Taupik Abidin

File PDF...