Path: Top > S2-Theses > Business Administration-SBM > 2018

PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS DAN PEMASARAN UNIT BISNIS PAKET GAS INDUSTRI PT. JKL INDONESIA

BUSINESS AND MARKETING STRATEGY DEVELOPMENT OF INDUSTRIAL PACKAGE GASES BUSINESS UNIT PT. JKL INDONESIA

Master Theses from JBPTITBPP / 2018-06-09 11:22:17
By : HENDRO SUBEKTI PRIYANTO (NIM 29316123), S2 - Business Administration-SBM
Created : 2018-06-09, with 1 files

Keyword : Gas Industri Terpaket, Strategi Bisnis, Strategi Pemasaran, Keunggulan Bersaing, Strategi Bisnis Generik, 4P Bauran Pemasaran

PT. JKL Indonesia, adalah sebuah perusahaan multi nasional dengan grup nya berpusat di Paris, Prancis. Perusahaan ini sudah berkecimpung di gas industri seperti Oksigen, Nitrogen, Argon, Hidrogen, dll. untuk keperluan industri dan medis sejak 1902. Keberadaannya di Indonesia berawal pada tahun 1993 dengan dibangunnya pabrik separasi udara di Cilegon. Setelah sekian lama, perusahaan telah mengembangkan bisnisnya mencakup sebagian besar Jawa bagian barat dan area tertentu di Jawa Timur. Salah satu ekspansinya adalah dengan dibangunnya fasilitas pengisian gas industri di Cikarang, Jawa Barat, yang memproduksi gas terpaket dalam tabung silinder untuk industri. Berawal pada tahun 2014, fasilitas baru tersebut harus menghadapi ketatnya persaingan diantara pemain besar dan juga perusahaan-perusahaan kecil di bidang yang sama. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu strategi bisnis dan pemasaran yang akan dapat memastikan keunggulan persaingan yang berkesinambungan.

Tujuan dari studi ini adalah untuk mendefinisikan strategi bisnis dan pemasaran untuk Unit Bisnis Paket Gas Industri (PGI) PT. JKL Indonesia dalam memperoleh keunggulan bersaing dan meningkatkan market share. Studi ini dimulai dengan menggali isu bisnis dengan pengembangan kerangka kerja konseptual dan pendekatan risetnya. Kemudian analisa dari perusahaan, baik lingkungan eksternal dan internal. Analisa lingkungan eksternal dilakukan dengan menggunakan analisa PESTEL untuk memahami situasi makro dari perusahaan, Porter’s Five Force dan analisa pesaing untuk menilai posisi persaingan perusahaan dalam industrinya. Analisa lingkungan internal dilakukan menggunakan metode Resource-Based View untuk menggali kompetensi inti dari perusahaan, kemudian analisa value chain untuk menganalisa kegiatan perusahaan dalam mengantar produk dan jasa ke pelanggan. Analisa lingkungan ini kemudian di simpulkan dengan analisa SWOT yang merangkum kekuatan dan kelemahan di internal perusahaan dan di sisi eksternal peluang dan ancaman bagi perusahaan.

Dalam membangun solusi bisnis yaitu strategi bisnis dan pemasaran untuk bisnis unit tersebut, didiskusikan strateginya yang diarahkan juga dari induk perusahaan. Kemudian unit bisnis tersebut di analisa untuk mendefinisikan strategi generik yang mana yang cocok untuk mencapai tujuan global dan strategi yang dibangun. Analisa ini mendefiniskan bahwa strategi generik yang cocok adalah diferensiasi yang menyeluruh. Strategy bertumbuhnya kemudian dianalisa menggunakan analisa strategy-planning gap. Selanjutnya pada strategi pemasaran yang mencakup pemasaran bertarget dan bauran pemasarannya. Dalam pemasaran bertarget, segmentasi, penargetan, pemosisian dan pembedaan dilakukan, selaras dengan strategi diferensiasi menyeluruh yang diambil. Bagian akhir dari strategi pemasaran, yaitu taktiknya adalah bauran pemasaran -4P (Product, Place, Promotion dan Price). Terakhir, strategi bisnis dan strategi pemasaran nya diolah menjadi rencana dengan mendefinisikan prioritas dan jangka waktu pelaksanaan.

Description Alternative :

JKL Indonesia, is a multinational company which its group JKL headquartered in Paris, France. The company has dealt with industrial gases such as Oxygen, Nitrogen, Argon, Hydrogen, etc. for industrial and medical purpose since 1902. The existence in Indonesia starting in 1993 with the development of air separation plant in Cilegon. Throughout the years the company has grown the business to cover mostly western part of Java and some limited area in East of Java. One of the expansion is the establishment of industrial gases filling facility in Cikarang, west of Java, to produce packaged gases in cylinder for industrial. Starting in 2014, the new facility have to face the tight competition between major player and smaller local company. Therefore a business and marketing strategy that will ensure sustainable competitive advantage need to be established.

The purpose of this study is to define the business and marketing strategy for Industrial Package Gases (IPG) Business Unit PT. JKL Indonesia to gain competitive advantage and regain its market share. This study is began in the business issue exploration with the development of conceptual framework and research approach. Then analysis of company external and internal environment analysis. The external environment analysis is conducted using the PESTEL analysis to understand the macro situation of the company, Porter’s Five Forces and analysis of competitor to assess the competitive position of the company in the industry. The internal environment analysis is conducted using the Resource Based View to explore the core competence of the company, then Value Chain analysis to evaluate the company activities in delivering products and services to consumers. The environment analysis then is concluded with the SWOT analysis that summarizes company’s internal strengths and weaknesses and external opportunities and threats.

In developing the business solution which is the business and marketing strategy for the business unit, the strategy that is directed globally is discussed. Then the business unit is analyzed to define which generic strategy suitable to achieve the global objective and strategy. The analysis defined that the suitable generic strategy is the overall or broad differentiation. The strategy for growth then analyzed using strategy-planning gap analysis. Subsequently on the marketing strategy, which consist of target marketing and marketing mix. In target marketing, segmentation, targeting, positioning and differentiating is conducted, aligned with the overall differentiation strategy. The last part of the marketing strategy, which is the tactic are the Marketing Mix -4P (Product, Place, Promotion, Price). Finally the business strategy and the marketing strategy are convert into plan by defining the priority and timeline of the execution.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTITBPP
OrganizationS2 - Business Administration-SBM
Contact NameUPT Perpustakaan ITB
AddressJl. Ganesha 10
CityBandung
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
Administrator E-maildigilib@lib.itb.ac.id
CKO E-mailinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing: Dr. Agung Wicaksono, Editor: Roosalina Vanina Viyazza

Downnload...