Path: Top > S2-Theses > Business Administration-SBM > 2018

PENGARUH SITUS WEB PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK PADA KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI INDONESIA

THE INFLUENCE OF ELECTRONIC COMMERCE WEBSITE ON CUSTOMER SATISFACTION AND LOYALTY IN INDONESIA

2018
Master Theses from JBPTITBPP / 2018-05-17 14:09:00
Oleh : Ghazza Alif Randih - 29116041, Central Library Institute Technology Bandung (ghazza.alif@sbm-itb.ac.id)
Dibuat : 2018-05-17, dengan 1 file

Keyword : Interactivity, Loyalty, Satisfaction, Visual, Website
Subjek : Marketing
Kepala Subjek : Marketing
Nomor Panggil (DDC) : 658.8
Cakupan : Bandung, 2017-2018

Belanja online telah menjadi tren baru di Indonesia. Dibandingkan pergi ke tempat berbelanja, ecommerce

dapat membawa proses pembelian dan penjualan ke rumah pengguna. Kemudahan ecommerce

yang ditawarkan membuat bisnis e-commerce di Indonesia semakin berkembang.

Industri e-commerce di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir berkembang sekitar 17% dengan

total bisnis e-commerce mencapai 26,2 juta unit. Dengan begitu, banyaknya persaingan dalam

bisnis e-commerce ini membuat setiap perusahaan akan bersaing menemukan cara untuk

memuaskan pelanggan mereka. Mulai dari menjaga layanan pengiriman mereka, membuat

promosi, dan terutama mengembangkan situs web e-commerce yang lebih baik.

Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan komponen situs web e-commerce

yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dalam bisnis e-commerce

pada generasi Y di Indonesia. Sampel untuk penelitian ini melibatkan 207 responden di Bandung

dan dikumpulkan selama dua bulan dari Desember 2017. Semua data dianalisis dengan metode

statistik dalam SPSS. Analisis utama pada data dilakukan dengan menggunakan metode Analisis

Regresi Berganda. Metode ini digunakan untuk menentukan arah antara setiap hubungan variabel.

Penelitian ini menemukan variabel efesiensi waktu memiliki pengaruh positif dan signifikan

terbesar terhadap kepuasan pelanggan, diikuti oleh variabel interaktivitas, dan variabel

kemudahan penggunaan. Untuk variabel visual, ada pengaruh positif pada kepuasan pelanggan

tetapi tidak signifikan. Penelitian Ini juga menemukan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh

yang sangat positif dan signifikan terhadap kesetiaan pelanggan e-commerce. Diharapkan temuan

dalam penelitian ini dapat membantu perusahaan e-commerce untuk meningkatkan situs web ecommerce

mereka.

Deskripsi Alternatif :

Online shopping has become new trend in Indonesia. Instead of going to a marketplace, ecommerce

can bring the process of buying and selling to the user’s home. The ease of e-commerce

offered makes e-commerce business in Indonesia grows more and more. Indonesian e-commerce

industry in the last ten years grew about 17% with a total of e-commerce business reaching 26.2

million units. With so much competition in this e-commerce business, every company will

compete to find ways to satisfy their customer. Start from maintaining their delivery service, make

a promotion, and especially developing a better e-commerce website.

Therefore, this research aims to find the component of e-commerce website that can influence

customer satisfaction and customer loyalty in e-commerce business among Y generation in

Indonesia. The sampling for this research is 207 responses in Bandung, Indonesia and collected

for two months start from December 2017. All the data gained were analyzed by various statistical

methods in Statistical Package for the Social Science (SPSS). The main data analysis is done

using Multiple Regression Test Analysis method. This method was used to determine direction

between each variable relation.

This research found time efficiency variable is has the biggest positive and significant influence

on customer satisfaction, followed by interactivity variable, and ease to use variable. For visual

variable, there are positive influence on customer satisfaction but insignificant way. It also found

customer satisfaction has very positive and significant influence towards e-commerce customer

loyalty. Findings in this research can help e-commerce companies to improve their e-commerce

website.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiCentral Library Institute Technology Bandung
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Drs. Herry Hudrasyah, M.A., Editor: Yose Ali Rahman

File PDF...