Path: TopS2-ThesesRegional and City Planning2016

ANALISIS PEMILIHAN MODA ANGKUTAN UMUM DAN KENDARAAN PRIBADI (STUDI KASUS : KABUPATEN BADUNG, BALI)

MODE CHOICES ANALYSIS BETWEEN PUBLIC TRANSPORTATION AND PRIVATE VEHICLE (CASE STUDY : BADUNG DISTRICT, BALI)

Master Theses from JBPTITBPP / 2017-05-19 10:19:43
Oleh : GDE BAGUS ANDHIKA WICAKSANA (NIM : 25414010), S2 - Regional and City Planning
Dibuat : 2016, dengan 8 file

Keyword : pemilihan moda, model binomial logit, angkutan umum, kendaraan pribadi

Tidak berimbangnya penggunaan jalan oleh moda tertentu yang lebih didominasi oleh kendaraan pribadi menjadi penyebab terhadap kemacetan yang diindikasikan sebagai


permasalahan awal yang muncul akibat penggunaan perjalanan secara individu yang menyebabkan penurunan efektifitas dan efisiensi bagi operasional angkutan umum. Dalam kasus pemilihan moda di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, masyarakat cenderung menampilkan pemilihan kendaraan pribadi sebagai moda perjalanan utama dibandingkan


kendaraan umum. Oleh karena itu perlu dilakukan studi atau kajian terkait model pemilihan moda yang tepat untuk mencari faktor apa saja yang mempengaruhi pemilihan moda antara kedua jenis moda angkutan umum dan pribadi yang dipilih para pelaku perjalanan. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisa dengan pendekatan teori model pemilihan diskrit pada level dissagregat, dengan menggunakan model logit binomial. Dari hasil analisis


didapatkan persamaan model logit binomial antara moda Angkutan Umum dan moda Kendaraan Pribadi yaitu U(AU-PR) = 0.171 – 1.574 X1 + 0.729 X2 + 1.858 X3 - 1.475 X4


dimana, X1 = pendapatan, X2 = fleksibilitas, X3 = kenyamanan, dan X4 = keamanan. Dari hasil sensitivitas terhadap 4 (empat) variabel yang berpengaruh, bahwa peningkatan kualitas layanan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan fleksibilitas dan kenyamanan angkutan umum.

Deskripsi Alternatif :

The imbalance of road uses from specific mode which is dominated by most private vehicles had indicated as the initial problem that caused the congestion problem in Badung district. The Rate of increasing number from individual commuting has the opposite effect that causes


decreasing quality of effectiveness and efficiency of public transportation. In the case of mode choices in badung, the community shows that private vehicles are the most often mode uses for traveling rather than public transportation. Based from that situation, this study will


determine the factor that affect the mode choices and calculate the probability of mode choices between private vehicle and public transportation.This research was conducted with dissagregate approach model and analyzed by using binomial logit model. From the analysis results obtained between the binomial logit model between public transportation and private vehicle is U(AU-PR) = 0.171 – 1.574 X1 + 0.729 X2 + 1.858 X3 - 1.475 X4 where, X1 =


income, X2 = flexibility, X3 = comfort, dan X4 = safety. Based on the results of sensitivity analysis model on 4 (four) significant variabel that the increases of quality services are depends on increasing the rate of flexibility and the rate of comfortable of public transportation.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - Regional and City Planning
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id