Path: TopMemberhidayat@unix.lib.itb.ac.id

PERANCANGAN GEOTEKNIK STADION SEPAKBOLA PERSIBA BALIKPAPAN

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2017-12-07 13:28:38
Oleh : FINTA EPRIDA (NIM : 15013109), S1 - Civil Engineering-FTSL
Dibuat : 2017, dengan 10 file

Keyword : daya dukung, likuifaksi, settlement, stadion, tiang bor ;

Stadion sepakbola Persiba Balikpapan yang berlokasi di Jalan Mulawarman Balikpapan, memiliki kapasitas 30.000 orang dengan bangunan seluas 18.375 m². Bangunan stadion ini menggunakan material beton bertulang dan memiliki 4 lantai, yang terdiri dari lantai dasar, lantai 2, lantai 3, dan lantai 4. Pada bagian atas dari lantai 4, terdapat pula daerah tribun bagian atas, serta atap yang terbuat dari rangka baja. Untuk menahan beban struktur bangunan ini, fondasi tiang bor akan digunakan sehubungan dengan kondisi geoteknik di lokasi proyek.


Tanah di lokasi proyek terdiri dari tanah pasir dan lempung. Area tribun (utara, selatan, dan timur) stadion terdiri dari tanah pasir, dan area tribun barat stadion terdiri dari tanah lempung. Dengan kondisi tanah seperti ini, masalah yang mungkin timbul adalah (i) Likuifaksi di area tribun utara, selatan, dan timur, (ii) Settlement konsolidasi yang besar di area tribun barat.


Perbaikan tanah menggunakan stone column dilakukan untuk menghilangkan potensi likuifaksi. Stone column merupakan metode perbaikan tanah dengan membuat lobang pada tanah dengan suatu alat, lalu mengisi lobang tersebut dengan material agregat. Metode ini akan mengatasi likuifaksi dengan cara mereduksi nilai tegangan tanah akibat gempa (CSR), meningkatkan nilai tahanan yang bekerja pada tanah (CRR), sertaberperan sebagai drainase untuk tegangan air pori tanah pada saat beban gempa bekerja.


Untuk fondasi, jenis fondasi yang digunakan adalah tiang bor. Fondasi tiang bor didesain hingga mencapai lapisan pasir padat untuk meminimalkan settlement konsolidasi. Ada lima tipe tiang yang didapatkan yaitu P1, P2, P3, P4, dan P5. Konfigurasi tiang bor yang digunakan terdiri dari empat tiang pada satu pile cap untuk fondasi di daerah tribun stadion serta 20 tiang untuk fondasi di daerah kolom super (berada di sudut-sudut stadion). Konfigurasi tersebut juga diperhitungkan terhadap kapasitas lateral tiang dan settlement yang terjadi. Dari konfigurasi grup tiang yang terpilih, kapasitas lateral tiang telah terpenuhi, begitu juga dengan settlement yang terjadi. Settlement terdiri dari settlement jangka pendek dan jangka panjang dengan besar antara 1,54 cm sampai 4,66 cm. Tiang bor ini menggunakan 24 tulangan ulir diameter 22 mm sebagai tulangan transversal dan sengkang spiral dengan diameter 13 mm spasi 110 mm.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS1 - Civil Engineering-FTSL
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Sugeng Krisnanto, ST, MT, Ph.D, Editor: hidayat

File PDF...