Path: Top > S1-Final Project > School of Business and Management > 2018

MENCOCOKAN EMOSI YANG MUNCUL DARI SEBUAH IKLAN DENGAN RENCANA PEMBUATAN

“MATCHING THE EMOTION EVOKE OF A VIDEO ADVERTISEMENT WITH THE PLANNED VALUES”

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2018-07-10 08:25:35
Oleh : Falih Hermon Putra (19015004), School of Business and Management
Dibuat : 2018-07-10, dengan 1 file

Keyword : Emotion Evoke, Dove, Marketing, Video Ads, People perception

Baru-baru ini, marketing menaruh perhatian lebih terhadap emosi sebuah produk daripada fungsi produk

itu sendiri. Ada begitu banyak pilihan produk di pasar, fungsi yang diberikan tidak terlalu berbeda

terutama untuk produk perlengkapan mandi di industri FMCG. Unilever menjadi perusahaan yang

menjalankan bisnis mereka tidak hanya menjual fungsi produk mereka kepada pelanggan, tetapi mereka

menjual emosi produk kepada pelanggan. Dove adalah salah satu merek di bawah Unilever yang

memproduksi produk perlengkapan mandi seperti sampo, sabun, dan deodoran. Merek Dove percaya

setiap wanita di dunia ini dapat mendefinisikan kecantikan tidak hanya dari bentuk tubuh, usia, bentuk

tubuh, warna kulit, dan rambut. Versi kecantikan terbaik adalah dari wanita itu sendiri. Dove membawa

nilai otentik, unik, dan nyata sebagai definisi baru kecantikan.

Untuk menarik pelanggan, sebuah merek harus menciptakan hubungan emosional antara produk dan

pelanggan. Saat ini marketers percaya emosi menjadi salah satu variabel penting dari keberhasilan sebuah

iklan karena dapat mempengaruhi informasi yang disampaikan dan keputusan pembelian. Video menjadi

media paling kuat untuk menyampaikan emosi dan nilai produk. Saat ini, dalam melihat berhasil atau

tidaknya sebuah iklan, perusahaan hanya melihat jumlah penjualan setelah iklan tersebut di jalankan.

Hanya sedikit sekali penelitian yang membahas tentang emosi dari sebuah video. Dengan begitu, topik ini

menjadi menarik untuk menjadi bahan penelitian.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan wawancara semi-terstruktur pada

pengumpulan data kepada responden dan menggunakan metode pengkodean dalam menganalisis data.

Para responden diberi beberapa pertanyaan tentang persepsi mereka setelah menonton video iklan Dove.

Hasil temuan akan menunjukkan emosi positif dan emosi negatif yang paling sering muncul. Penelitian

ini akan menemukan objek yang merangsang munculnya sebuah emosi. Hasil analisis akan memberikan

perspektif baru tentang emosi orang-orang pada reaksi iklan video. Nantinya, marketeres akan tahu

bagaimana membuat video yang bisa terikat secara emosi kepada target penonton mereka.

Deskripsi Alternatif :

Recently, marketing become aware to the product emotion rather than the function itself. There are so

many product selections in the market, the function of the product has been slightly same with others,

especially toiletries in FMCG industries. Unilever become the company who run their business not only

sell their product function to the customer, but they sell product emotions to customer. Dove is a brand

under Unilever Company that produce toiletries products such as shampoo, soap, and seodorant. Dove

brand believes everywomen in this world can defines beauty not only from body shape, age, shape of

body, colour skin, and hair. The best beauty version is from women it self. They bring authentic, unique,

real as the new definition of beauty.

To attract the customer, brand have to create emotional relation between product and customer. People

now believes emotion is an essential variable to the succes of advertising efforts since it can influance on

information processing and buying decision. Video become the most powerful media to deliver the

product emotions and value. Now days, on measuring whether the customer understand the message

through the advertising video or not, the company only measured by the purchase volume after the video

has been released. There are still lack research about exploring the customer emotions through video. And

this research seems interesting since we all know the status quo.

This research used qualitative approach, using semi-structured interview on gather data to the respondent

and using coding method in analyze the data. The respondents will be asked by some questions about

their perception after watch the Dove advertisement video. The finding results will show the most

frequenting positive emotions and negative emotions. This reasearch will find the stimulating object that

caused appearing emotions occur. The result of analysis will give new perspective about people emotion

on react the video advertisement. Later, the marketers will know how to make their customer more bound

and have the emotions to the products.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiSchool of Business and Management
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Ir. C. O. Budi Permadi Iskandar, MSP., Editor: Taupik Abidin

File PDF...