Path: TopS2-ThesesMBA-Technology2017

DAMPAK EKUITAS MEREK TERHADAP PREFERENSI MEREK PADA KEPUTUSAN JASA RIDE-HAILING MOBIL

THE IMPACT OF BRAND EQUITY ON BRAND PREFERENCE IN THE CAR RIDE-HAILING SERVICE DECISION

Master Theses from JBPTITBPP / 2017-12-07 11:36:50
Oleh : DINDA MARTHA AYUNINGTYAS - Nim: 29115592, S2 - MBA-ITB
Dibuat : 2017-12-07, dengan 1 file

Keyword : Ekuitas merek, preferensi merek, pengambilan keputusan, jasa ride-hailing

Pemerintah memberikan fasilitas transportasi umum seperti bis, taksi dan angkot untuk mendukung kebutuhan bertransportasi seluruh masyarakat. Namun konsumen menilai bahwa transportasi umum kini memiliki banyak kelemahan, dan apabila membawa kendaraan pribadi akan mengularkan banyak biaya. Kehadiran jasa ride-hailing mampu menjawab permasalahan konsumen. Jasa ride-hailing ini diterima oleh orang banyak jasa transportasi ini sangat mudah diakses, memberikan kualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Go-Jek, Grab dan Uber sebagai penyedia jasa transportasi yang bersaing satu sama lain menjadi sangat terkenal di Bandung. Mereka memiliki proses operasi yang serupa dan menawsarkan jasa dan harga yang serupa.

Berdasarkan penelitan pendahuluan, konsumen sangat mementingkan setiap ekuitas pada merek untuk membentuk preferensinya dan mementukan kelayakan sebuah merek. Pada akhirnya keputusan konsumen merupakan bagian terpenting dalam memilih sebuah merek. Keberadaan ekuitas pada merek sebagai salah satu fungsi dari pilihan konsumen, membantu mereka dalam membentuk preferensi merek dari jasa ride-hailing mobil. Proyek ini focus pada pengaruh ekuitas merek terhadap preferensi merek dalam jasa ride-hailing mobil. Analisis eksternal, analisis internal dan kuesioner konsumen digunakan untuk menentukan preferensi konsumen dalam memilih jasa ride-hailing mobil dan untuk membuktikan hubungan antara ekuitas merek dan preferensi merek.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, konsumen lebih memilih sebuah merek yang dapat mengakomodasi mereka dengan kenyamanan dan kemudahan kapanpun mereka memesan sebuah perjalanan. Konsumen juga lebih memilih sebuah merek yang menawarkan kualitas jasa terbaik dengan harga yang terjangkau. Kebanyakan kosumen adalah konsumen yang sadar dengan harga sehingga mereka akan menghindari pemesan ketika sedang banyak permintaan perjalanan dan mereka juga mencari diskon, karena mereka mengutakan sebuah jasa berdasarkan nilai dari harga Di samping itu terdapat hubungan posifit antanta ekuitas merek dan preferensi merek. Semakin tinggi ekuitas merek, semakin tinggi juga preferensi konsumen dalam memilih jasa ride-hailing mobil. Penting bagi perussahaan untuk membangun ekuitas merek sehingga itu bisa mendorong preferensi konsumen pada tahap hasil evaluasi di dalam keputusan konsumen.




Deskripsi Alternatif :

Government facilitates public transportation such as bus, taxi, and angkot for anyone to support their daily commute needs. However many consumers find public transportation has many weakness yet at the same time bring their own vehicle will be costly. The presence of car ride-hailing services become the answer of consumer problem. They became widely welcomed because these transportation pick-up service are easy and affordable yet provide high quality for consumers. Go-Jek, Grab and Uber are widely well-known in Bandung as the ride-hailing service providers who are competing is this Industry. They possess the similar operation process and offer similar service and price.

Based on exploratory research, consumers take a lot of concern with each brands’ equity to shapes their brand preference and decide that the brands is worth. In the end consumer decision making taking an important part in selection of a particular brand. The existence of brand equity as a function of consumers’ choice helps them to shapes their brand preference to choose a car ride-hailing service provider. This project focuses on the impact on brand equity of brand preference the car ride-hailing service. External analysis, internal analysis and consumer questionnaire is used to determine consumer preference in choosing car ride-hailing service and to prove the relationship between brand equity and brand preference.


Based on the research conducted, consumers are prefer with a brand that can accommodate them with convenience and easiness whenever they order the ride. Consumers also prefer to a brand that offer them the excellence quality of service with the affordable price. Most of the consumers are price conscious so they will avoid order the ride during high demand and they seek for discount, because they prioritize a service based on value of money. Furthermore there is a positive relationship between brand equity and brand preference. The higher brand equity of a brand leads to a higher consumer’s brand preferences is choosing car ride-hailing service. It is important for a company to build their brand equity so it can lead to consumer preferences as the evaluation stage result in the decision making process.



Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - MBA-ITB
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Dr. Eng. Pri Hermawan, S.T., M.T, Editor: Irwan Sofiyan

File PDF...