Path: TopS2-ThesesElectrical Engineering-STEI2009

PREDIKSI DAN RESOLUSI KONFLIK DENGAN OPTIMISASI GEOMETRIS DUA DIMENSI PADA SIMULATOR PENGENDALI LALU LINTAS UDARA

CONFLICT PREDICTION AND RESOLUTION WITH TWO DIMENSIONAL GEOMETRIC OPTIMIZATION ON AIR TRAFFIC CONTROLLER SIMULATOR

Master Theses from JBPTITBPP / 2017-09-27 15:37:41
Oleh : DIAN ANDRIANA (NIM: 23207147), S2 - Electrical Engineering
Dibuat : 2009, dengan 1 file

Keyword : pengendali lalu lintas udara, otomasi, pengelakan tabrakan.
Subjek : Air traffic control
Kepala Subjek : Airport engineering
Nomor Panggil (DDC) : T 629.1366 0285 AND
Url : http://otomasi.lib.itb.ac.id/home.php?menu=library&action=detail&libraryID=93619

Salah satu tugas operator pengendali lalu lintas udara (Air Traffic Controller) adalah menjaga jarak separasi minimum di antara pesawat. Tugas ini dapat dibantu dengan perangkat lunak otomasi manajemen lalu lintas udara (air traffic management automation). Perangkat lunak ini antara lain berupa sistem pendukung keputusan (decision support system) yang dapat memprediksi konflik dan memberikan advis resolusi pengubahan arah lintasan pesawat agar dapat menghindarkan konflik.

Penelitian ini bertujuan melakukan perancangan dan implementasi perangkat lunak yang diaplikasikan untuk memprediksi konflik dan mencari resolusi lintasan pesawat pada simulator pengendali lalu lintas udara.

Pengujian persyaratan fungsional dari perangkat lunak telah dilakukan untuk menguji kemampuan mendeteksi dan memprediksi konflik, serta memberikan advis resolusi arah lintasan pesawat dan titik balik menuju rute semula. Pengujian nonfungsional secara simultan menyertakan faktor ketidaktentuan kecepatan dan waktu tunda pengubahan arah pesawat. Pembahasan diberikan untuk meningkatkan optimalitas resolusi.

Deskripsi Alternatif :

One of air traffic controller (ATC) tasks is to maintain minimum separation between aircrafts. This task can be helped by air traffic management automation softwares. The software could be a decision support system which predict conflict and advise resolution to change aircraft heading to be able to avoid conflict. The research aim is to design and implement software that predict conflict and advise resolution through heading changes of the aircraft in the ATC simulator.

Functional requirement testing has been done to check capabilities of conflict detection, prediction, and resolution, and also turn-back point to flight-plan route. Nonfunctional aspects such as speed uncertainties and heading change delays have been added to the aircraft movement simultaneously during testing processes. System performance improvement has been discussed to increase resolution optimality.

Copyrights : Copyright Â(c) 2001 by ITB Central Library. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - Electrical Engineering
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Ir. Hilwadi Hindersah, M.Sc., dan Dr. Agung Harsoyo, Editor: Vika A. Kovariansi

Download...