Path: Top S2-Theses MBA-Technology 2001

STUDI AWAL IMPLEMENTASI KONSEP BALANCED SCORECARD DI PT PJB SERVICES

Master Theses from JBPTITBPP / 2011-11-28 11:23:17
Oleh : Buang Soeriman (NIM : 28199028), S2 - MBA-Technology
Dibuat : 2000-02-00, dengan 7 file

Keyword : PT PJB Services ; Services ; electrical power plant.
Kepala Subjek : Social problems and servives
Nomor Panggil (DDC) : 363.596 24 SOE

Abstrak:




PT PJB Services, adalah sebuah anak perusahaan PT Pembangkitan Tenaga Listrik Jawa Bali (PT PJB) yang bergerak dalam bidang layanan jasa operasi dan pemeliharaan ( O&M ) pembangkit tenaga listrik. Untuk menghadapi lingkungan bisnis yang kompleks dan turbulen dengan semakin meningkatnya proses globalisasi yang melanda hampir semua negara di dunia. PT PJB Services harus memiliki kinerja yang baik guna memenangkan persaingan.




Dad tahun 1998 sampai dengan tahun 2000 terjadi gap antara realisasi dengan target penjualan dan gross profit margin perusahaan. Pada tahun 2000 perusahaan juga mengalami penurunan kinerja keuangan sebesar 35 %. Apabila hal ini dibiarkan dan tidak dilakukan perbaikan yang signifikan, maka tahun-tahun mendatang perusahaan akan tetap mengalami penurunan kinerja keuangannya dan tentunya akan semakin sulit untuk mencapai visi dan tujuannya.




Dari kajian kinerja dapat diketahui bahwa kelemahan perusahaan disebabkan oleh sistem manajemen yang dianut perusahaan lemah. Agar perusahaan mampu bertahan dan tumbuh untuk mencapai visi dan tujuannya, perlu perubahan pada sistem manajamen yang dianutnya kearah yang dianggap handal dan mampu menyesuaikan dengan lingkungan bisnis yang kompleks dan turbulen. Pemilihan strategic management system dengan pendekatan Balanced Scorecard dianggap paling tepat sebagai alternatif sistem manajemen yang akan dianut oleh perusahaan.




Rencana pengetrapan konsep Balanced Scorecard di PT PJB Services pada tahun 2001-2003 yang bertumpu pada empat perspektif yang komprehensif, koheren, seimbang dan terukur yaitu : (1) perspektif keuangan, (2) perspektif konsumen, (3) perspektif proses bisnis internal, dan (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Keempat perspektif ini menghasilkan usulan target serta inisiatif strategi pada setiap sasaran strategik dan indikator kinerja yang diamati bagi semua komponen atau tingkatan dalam organisasi. Dengan diterjemahkan scorecard atau tujuan dan ukuran strategis perusahaan ke dalam tujuan dan ukuran operasional tim dan individu diharapkan akan mampu mendorong pencapaian target-target perusahaan yang mengarah kepada pencapaian visi dan tujuan perusahaan.

Deskripsi Alternatif :

Abstract:




PT PJB Services, is a company branch of PT Pembangkitan Tenaga Listrik Jawa Bali (PT PJB) who works in operation and maintenance (0 & M) of electrical power plant. To deal with turbulent and complex business environment by the increasing of globalization process that affects almost all countries of the world. PT PJB Services must have a good performance in order to win the competition.




From 1998 to 2000, there was a gap among the realization, the sales target and the company gross profit margin. In the year 2000, the company also had the 35 % decreasing of financial performance. If we let this happen,and dont do the significant repairment, then in the future years the company is still going to suffer the decreasing of its financial performance and of course it will be diffcult to achieve its vision and goal.




From the work study, we can find out that the companys weakness is caused by the weakness of the companys management system. In order to make the company can survive and grow to achieve its vision and goal, the company needs a change for its management system to a reliable one and capable to adjust itself with the turbulent and complex business environment. The chosen of strategic management system with the Balanced Scorecard approach is assumed correct as an alternative of the management system for the company.




The Balanced Scorecard concept application plan in PT PJB Services in 2001-2003 which are based on four perspectives that comprehensive, coherent, balanced and measured there are : (I) financial perspective, (2)customer perspective, (3)internal business process perspective, (4) learning and growth perspective. These four perspective has made the targets suggestion and strategic inisiative for each strategic objective and performance indicator which is observed for every componen or levels in organization. By the translation of scorecard and goal and companys strategic parameter into the teams organizational goal and parameter and an individu is expected to motivate the achievement of the companys targets which lead to the achievement of the companys vision and goal.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - MBA-Technology
Nama KontakDrs. Mahmudin, SIP.
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOdigilib@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : A. Imam Istiyanto, Ir.,MBA.




    Scanner: Alice Diniarti; 2008-01-22.
    , Editor: Alice Diniarti

Review...