Path: Top S1-Final Project Civil Engineering 2014

KAJIAN PERANCANGAN STRUKTUR PERKERASAN MENURUT METODA AASHTO 2008 (MEPDG)

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2017-04-21 07:12:59
Oleh : BELLA APRILIA (NIM : 15010025), S1 - Department of Civil Engineering
Dibuat : 2014, dengan 7 file

Keyword : desain perkerasan, empiris, analitis, mekanistik-empiris, AASHTO 2008 (MEPDG)

Fasilitas utama transportasi darat adalah struktur perkerasan jalan, jalan di Indonesia diklasifikasikan menjadi 4, yaitu: jalan nasional, provinsi, kabupaten, dan kota. Hanya 63 persen atau sekitar 33.794 kilometer dari jalan provinsi berada dalam kondisi baik. Isu yang berkembang atas tingginya tingkat kerusakan struktur perkerasan jalan yang ada di Indonesia, adalah karena kondisi iklim yang beragam, beban lalu lintas yang tidak sesuai dengan aturan (overloading), dan mungkin disebabkan oleh kurang sesuainya metoda atau pendekatan yang digunakan dalam perancangan dan rehabilitasi struktur perkerasan jalan. Terdapat tiga pendekatan yang dapat digunakan untuk desain dan rehabilitasi struktur perkerasan jalan, yaitu: empiris, analitis, dan mekanistik-empiris. Desain struktur perkerasan empiris dilakukan dengan Pd T-01-2002-B Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur (Bina Marga), analitis dengan metoda Nottingham 1984 dan mekanistik-empiris dengan AASHTO 2008 (MEPDG). Dengan MEPDG, pendekatan secara mekanistik atau analitis dilakukan dengan memperhitungkan secara metematis pengaruh iklim dan beban lalu lintas oleh berbagai jenis kendaraan, dan pendekatan empiris dilakukan dengan melihat hubungan antara keadaan kritis parameter struktur perkerasan dengan kondisi eksisting. Pada MEPDG juga terdapat pembagian level input untuk elemen desain, sehingga perancang dapat memilih level yang dapat disesuaikan dengan ketersediaan data, kemampuan serta ketersediaan alat untuk tes atau percobaan, dan kemampuan perancang sendiri. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian lebih medalam mengenai desain struktur perkerasan jalan dengan manual MEPDG. Elemen-elemen dalam desain struktur perkerasan lentur menurut metoda AASHTO 2008 adalah; iklim, beban lalu lintas, properti material, geometrik struktur perkerasan, analisis struktur, dan penentuan desain. Analisis struktur AASHTO 2008 (MEPDG) dilakukan dengan melihat 4 parameter distress atau indikator kinerja untuk lapis permukaan HMA (Hot-Mixed Asphalt), yaitu; rut depth, load related cracking, non-load related cracking, dan IRI (Internatioal Roughness Index). Untuk pembandingan, dilakukan perhitungan desain struktur perkerasan untuk 3 golongan volume lalu lintas, yaitu ringan, sedang dan berat, dengan masing-masing beban lalu lintas sebesar 500.000, 5.000.000, dan 25.000.000 pengulangan beban sumbu standar roda ganda. Hasil akhir evaluasi perkerasan dengan menggunakan MEPDG adalah tingkat ketidakrataan permukaan (IRI), sedangkan tebal perkerasan pada metoda MEPDG merupakan parameter input yang diiterasi, iterasi dilakukan hingga didapatkan hasil tebal lapis yang optimum, tebal inilah yang akan digunakan untuk pembandingan. Hasil yang didapatkan dari pembandingan adalah metoda AASHTO 2008 (MEPDG) menghasilkan tebal struktur perkerasan paling optimum untuk semua volume lalu lintas, pada setiap lapis perkerasan (lapis permukaan, lapis pondasi atas dan lapis pondasi bawah).

Deskripsi Alternatif :

Land transportation's main facility is pavement structure. The roads in Indonesia can be classified into 4 distinct categories, which is; national, provincial, regional, and city roads. Only 33.794 kilometers or 63% of provincial roads are in sound condition. The main factor causing high rate of degradation of pavement structure in Indonesia is because of the high variety of climate condition, excessive traffic load (overloading), and unsuitable method used in design and rehabilitation. There are 3 main approach in designing and maintaining pavement structure which is; empirical, analytical/mechanical, and mechanical-empirical. Empirical pavement design is done using Pd T-01-2002-B Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur (Bina Marga), analytical/mechanical using the Nottingham 1984 method, and mechanical-empirical using AASHTO 2008 (MEPDG). With the MEPDG, a mechanical or analytical approach is done by calculating the effect of climate and traffic load of various land transportation, while an empirical approach is done by inspecting the relationship between critical condition of pavement structure according to various parameters and its existing condition. MEPDG also includes different input levels for design elements, so the designer can choose suitable levels according to availability of data, tools, and the designer‟s skill. To implement the MEPDG manual effectively, it is therefore sensible to do an analysis of its various aspects. According to AASHTO 2008, elements in flexible pavement design includes; climate, traffic, material properties, geometric, structural analysis, and determination of design. AASHTO 2008 (MEPDG) structure analysis is done by referring to 4 distress parameter or performance indicator for HMA-sufaced pavement, which is; rut depth, load related cracking, non-load related cracking, and the International Roughness Index (IRI). For comparison, calculation of pavement design is done for 3 types of traffic volume, which is light, medium, and heavy loads, each type representing 500.000, 5.000.000, and 25.000.000 standard axle-load consecutively. Result from pavement evaluation using MEPDG is smoothness or IRI, pavement thickness is an input parameter that is iterated. The resulting calculation and analysis shows that AASHTO 2008 (MEPDG) yields optimum pavement thickness for all traffic volumes on every pavement layers (HMA-surfaced pavement, subbase, base and subgrade).

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS1 - Department of Civil Engineering
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Ir. Djunaedi Kosasih, M.Sc., Ph.D, Editor: Alice Diniarti

Download...