Path: Top S2-Theses Development Studies 2008

EVALUASI IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN DIREKTORAT AJUDAN JENDERAL ANGKATAN DARAT TAHUN 2008

EVALUATION IMPLEMENTION OF CIVIL SERVANT MANAGEMENT AT DIREKTORAT AJUDAN JENDERAL ANGKATAN DARAT 2008

Master Theses from JBPTITBPP / 2011-07-21 15:51:36
Oleh : BAMBANG SETIOUTOMO (NIM 24006001); Pembimbing: Dr. Ir. Joko Siswanto, S2 - Development Studies
Dibuat : 2008, dengan 8 file

Keyword : Evaluasi, Manajemen PNS, implementasi, Pegawai negeri sipil.

Evaluation, Civil servant management, implementation, civil servant.

Profesionalisme aparatur negara telah lama menjadi tuntutan dan dambaan seluruh masyarakat Indonesia. Penetapan UU No.43 tahun 1999 pada intinya penyempurnaan Pokok-pokok kepegawaian dengan menetapkan Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagai dasar pengelolaan pegawai negeri sipil di negara Republik Indonesia ini.

Untuk mempermudah implementasi dilapangan, TNI sebagai induk dari Lembaga pemerintah yang mengelola tentara, yang juga didalamnya terdapat pegawai negeri sipil, menerbitkan Surat Keputusan Panglima TNI No. Skep/665/XII/2002 tanggal 30 Desember 2002 tentang Naskah Sementara Petunjuk Induk Pembinaan Personel Pegawai Negari Sipil Tentara Nasional Indonesia. Kemudian sesuai urutan hirarkis Komando di lingkungan Militer, maka untuk implementasi di lingkungan TNI Angkatan Darat (TNI AD), Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) mengeluarkan juga Surat Keputusan No. Skep/365/X/2003 tanggal 31 Oktober 2003 Buku Petuntuk Pembinaan tentang Pembinaan PNS. Aturan pelaksanaan tersebut dibuat semata-mata untuk memudahkan para pimpinan disatuan dinas jajaran TNI AD melaksanakan pengelolaan PNS di lingkunganya.

Pada realitanya banyak hal yang dapat dilakukan dalam upaya profesionalisme aparatur negara ini. Untuk dapat memenuhi tuntutan tersebut tentunya diperlukan suatu gambaran tentang apa yang menjadi prioritas perbaikan dan bagaimana pelaksanaannya, maka diperlukan suatu evaluasi dalam pengimplementasiannya. Dengan evaluasi subjektif yang memfokuskan perhatiannya kepada kepuasan dan kepentingan, yang kemudian di lanjutkan dengan memperhatikan alasan dan saran yang disampaikan responden, akan diteliti bagaimana pelaksanaan manajemen pegawai negeri sipil di Ditajenad. Metode kuantitatif deskriptif dan tabulasi silang juga digunakan dalam penelitian.

Dari hasil dari penelitian ini dapat dideskripsikan bagaimana implementasi manjemen PNS di Ditajenad yang cukup baik. Selain itu tergambar pula apa yang masih perlu mendapat perhatian untuk ditingkatkan dan memberikan pemahaman tentang bagaimana pentingnya mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pegawai dalam kaitan dengan pekerjaannya dan haknya yang diatur dalam perundang-undangan. Yang pada akhirnya diharapkan akan membangkitkan kompetensi kerja dan kinerjanya.

Deskripsi Alternatif :

Professionalism of state apparatus has become population demand and aspiration in Indonesia. Pronouncement of Law No.43 of 1999 completes the Code of Service which states Civil Servant Management as basic supervision for civil servant in the Republic of Indonesia.

TNI as an institution is home of troops and also civilians publish a decree of TNI's Chief on Decree No. Skep/665/XII/2002 to facilitate implementation of the Law of Civil Servant Management in practice. This decree is announced in December 30th 2002 about Temporary Document for Main Guidelines of Civil Servants Personnel Cultivation in TNI. Then regarding to hierarchical commands chain in military environment, for Army Chief of Army has declared a decree No. Skep/365/X/2003 in October 31st 2003. The decree stated about Guidelines Book for Civil Servant Cultivation in Army. Aim of this decree is to facilitate in managing civil servant at all level in the Army.

In fact, many issues that can be accomplished in effort of achieving state apparaturs professionalism. To be able in fulfilling the demand, it is needed a figure of rebuild priorities and how it can be done. It needs an evaluation of what has been implemented according to the Law in practice. By using subjective evaluation and focusing attention on satisfaction and what priority that assigned by civil servan, will researching how the implementation of civil servant management in Ditajenad. Quantitative methodology and cross tabulation will using in this research.

From the research result, it can be captured about how the implementation in Ditjenad. It gives an understanding about how importance to know what civilian needs correlated to their work and about their rights according to the Law. At the end, it expects that the result can improve work competences and its method.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - Development Studies
Nama KontakDrs. Mahmudin, SIP.
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOdigilib@lib.itb.ac.id