Path: TopS2-ThesesBusiness Administration-SBM2017

PENINGKATAN KEANDALAN SILINDER STEERING HIDROLIS PADA MESIN TAMBANG LHD (STUDI KASUS: PT FREEPORT INDONESIA)

RELIABILITY IMPROVEMENT OF HYDRAULIC STEERING CYLINDER OF LHD MINING EQUIPMENT (CASE STUDY: PT FREEPORT INDONESIA)

2017
Master Theses from JBPTITBPP / 2017-10-12 14:07:12
Oleh : ANDIK RUDY IRNANTO 29115301 , S2 - MBA-ITB
Dibuat : 2017-10-12, dengan 1 file

Keyword : Low reliability, Hydraulic steering cylinder, Root cause analysis
Sumber pengambilan dokumen : PT Freeport Indonesia (PTFI

PT Freeport Indonesia (PTFI) adalah perusahaan pertambangan yang beroperasi di

provinsi Papua, Indonesia, produsen tembaga dan emas dan memiliki rencana untuk

menutup lubang terbuka (Grasberg) pada 2018 kemudian akan fokus pada tambang

bawah tanah. Deep Ore Zone (DOZ) adalah salah satu area tambang bawah tanah yang

berkarakter batuan berlumpur yang berpotensi longsor dan membahayakan keselamatan

karyawan di daerah tersebut. Untuk mencapai proses penambangan yang aman maka

PTFI menerapkan sistem MINEGEM yang merupakan sistem otomasi bawah tanah.

Sistem ini dirancang untuk meningkatkan keamanan dan meningkatkan efisiensi dan

efektivitas operator dalam operasi penambangan bawah tanah karena ini adalah sistem

untuk mengendalikan mesin bawah tanah dari jarak jauh sehingga dapat mengurangi

risiko kecelakaan di tempat kerja di wilayah DOZ dan sistem ini memungkinkan mesin

bawah tanah dapat beroperasi dari permukaan. Sistem MINEGEM telah dipasang pada

beberapa mesin Load Haul Dump (LHD) karena berhubungan dengan fungsi mesin untuk

memuat dan mengangkut bijih dari daerah bahaya.

Mesin LHD merupakan salah satu alat berat untuk menunjang kegiatan penambangan

bawah tanah yang memiliki masalah dengan keandalan hidrolik silinder kemudi yang

rendah sejak dua tahun terakhir dengan rata-rata keandalan hanya mencapai 26,7% dari

target dan selisih keandalan dengan target adalah 58,3% dengan potensi kerugian USD

507K/Tahun.

Dengan diskusi kelompok terarah untuk menganalisis akar penyebab masalah maka

menggunakan Current Reality Tree (CRT) untuk mengetahui akar penyebab umum

kemudian lanjutkan menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk

menentukan peringkat akar penyebabnya kemudian mengidentifikasi penyebab akar

mana yang memiliki nilai risiko tertinggi. Applied Failure Analysis (AFA) digunakan

untuk mengetahui akar penyebab silinder kemudi yang rusak lebih spesifik dengan

pendekatan secara teknis.

Analytic Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menentukan solusi terbaik dari

beberapa solusi yang akan diimplementasikan untuk meningkatkan keandalan hidrolik

silinder kemudi pada mesin LHD dan desain rekayasa ulang dengan membuat pelindung

pada silinder kemudi yang dipilih untuk menghindarkan kerusakan silinder kemudi akibat

terbentur batu. Dengan memasang pelindung tersebut, maka akan meningkatkan

keandalan menjadi 55,9% dan potensi kerugian akan berkurang menjadi USD 359K/

Tahun.

Rencana pelaksanaan harus dilakukan oleh semua pemangku kepentingan, termasuk

memantau kemajuan dan hasil proyek.

Deskripsi Alternatif :

PT Freeport Indonesia (PTFI) is a mining company operating in Papua province,

Indonesia, producer of copper and gold and have a plan to shut down the open pit

(Grasberg) in 2018 then will focus on underground mine. Deep Ore Zone (DOZ) is one

of underground mine area which character is muddy rock which have potential can be

landslides and jeopardize the safety of employees in the area. To achieve safe mining

process then PTFI apply the MINEGEM system that is an underground automation

system. This system designed to enhance safety and boost operator efficiency and

effectiveness in underground mining operation because it is a system for controlling

underground machine remotely so it can reduce the risk of workplace accidents in the

DOZ area and this system allows an underground machine can operated from the surface.

The MINEGEM system have installed on several Load Haul Dump (LHD) machines

because it deals with the machine’s function of loading and transporting ore from danger

area.

LHD equipment is one of the heavy equipment to support underground mining activities

have an issue about low reliability of hydraulic steering cylinder since last two years with

average reliability was 26.7% of target and the reliability gap was 58.3% with potential

loss USD 507K/Year.

By focus group discussion to analysis the root cause of problem then using Current

Reality Tree (CRT) to determine the common root cause then continue using Failure

Mode and Effect Analysis (FMEA) to rank the root cause then identify which root causes

has the highest risk value. Applied Failure Analysis (AFA) used to determine the root

cause of damaged steering cylinder more specific by technical approach.

Analytic Hierarchy Process (AHP) used to determine the best solution of several solutions

that will implemented to improve the reliability of hydraulic steering cylinders of LHD

equipment and the reengineering design by fabricate guard to protect steering cylinder is

chosen to eliminate the damaged steering cylinder caused of hit by the rocks. By

implementing fabricate guard protection, it will increase reliability become 55.9% and

potential loss will reduce become USD 359K/Year.

The implementation plan shall perform by all stakeholders, including monitoring the

progress and output of the project.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - MBA-ITB
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Akbar Adhi Utama, Ph.D. , Editor: Neng Kartika

File PDF...