Path: Top > S2-Theses > Business Administration-SBM > 2018

MEMBANGUN KESADARAN MEREK UNTUK LAYANAN BARU O-RANGER

BUILDING BRAND AWARENESS FOR O-RANGER's NEW SERVICES

2018
Master Theses from JBPTITBPP / 2018-08-10 14:43:34
Oleh : ALVIN NATANAEL/29116395, S2 - MBA-ITB (alvin.natanael@sbm-itb.ac.id)
Dibuat : 2018-08-10, dengan 1 file

Keyword : Perception, Courier & Logistic Services, Importance Performance Analysis, Marketing Mix, O-Ranger
Subjek : Marketing
Kepala Subjek : Marketing
Nomor Panggil (DDC) : 658.8
Cakupan : PT. Pos Indonesia, Bandung

PT Pos Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Bisnis di bidang jasa kurir dan logistik adalah salah satu bisnis yang memiliki prospek bagus di tahun 2017. Pertumbuhan layanan kurir dan logistik pada tahun 2017 sekitar 14% -15% dan memiliki total nilai pasar industri ini telah mencapai 50 triliun rupiah. Selain itu, dari aspek geografis di Indonesia yang memiliki banyak pulau dan bisnis ini pun didukung oleh pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang diprediksi mencapai 25 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 295 triliun. Namun di sisi lain PT Pos Indonesia mengalami tren penurunan dalam kinerja bisnisnya khususnya dalam produksi parcel selama lima tahun dari 31.439 ribu koli pada tahun 2012 menjadi 4.185 ribu koli pada tahun 2016. Untuk mencegah menurunnya penjualan, PT Pos Indonesia telah menciptakan strategi baru melalui O-Ranger untuk memodernisasi proses layanan, terutama dalam bisnis surat dan parcel. O-ranger adalah tim yang dibentuk oleh Pos Indonesia untuk melakukan layanan gratis jemput antar paket untuk pelanggan.





Masalah yang dihadapi PT Pos Indonesia untuk memperkenalkan O-Ranger yaitu PT. Pos Indonesia telah lama tidak melakukan kegiatan pemasaran produk dan peluncuran layanan atau inovasi baru, terutama di divisi surat dan parsel kepada public disamping itu adanya persepsi buruk masyarakat terhadap PT. Pos Indonesia dalam hal citra merek dan kualitas jasa. Faktor-faktor tersebut membuat konsumen lebih sulit menerima akan adanya layanan / inovasi baru dari PT. Pos Indonesia dan. Sehingga membuat adanya tantangan bagi PT. Pos Indonesia untuk menerapkan layanan baru O-Ranger guna meningkatkan kesadaran merek pada tahap awal.




Analisa situasi bisnis akan dilakukan melalui analisis eksternal (PESTLE), analisis internal, analisis pesaing, dan analisis konsumen (Motivasi, Kinerja, Penting, Niat) yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. SWOT dapat dihasilkan dari situasi bisnis analisis. Dan juga, akar penyebab masalah dapat ditemukan dari situasi bisnis analisis. Temuan dari akar penyebab masalah dapat membantu PT. Pos Indonesia untuk menentukan solusi bisnis yang tepat melalui strategi pemasaran untuk O-Ranger untuk meningkatkan kesadaran merek.




Dari hasil analisa, terdapat beberapa solusi yang dapat diusulkan untuk menjawab akar penyebab masalah yang dihadapi oleh O-Ranger, seperti melakukan komunikasi pemasaran, memberikan pelatihan, membuat prosedur operasi standar, mengoptimalkan fungsi kinerja distribusi, dan menentukan STP O-Ranger. Strategi pemasaran yang diusulkan akan diimplementasikan melalui rencana implementasi selama 6 bulan.

Deskripsi Alternatif :

PT Pos Indonesia (Persero) is a State-Owned Enterprise (SOE) engaged in courier services, logistics, and financial transactions. Business in courier and logistic services is the one business that have good prospect in 2017. The growth of courier and logistic service in 2017 about 14%-15% and total market value of this industry has reached 50 trillion rupiah. From geographical aspect in Indonesia that have many islands and this and this business is supported by the growth of e-commerce in Indonesia that predicted to 25 billion US dollar or equivalent with 295 trillion IDR. But in other hand PT Pos Indonesia experienced a decline trend in its business performance in production of parcel during five years from 31.439 thousand bags in 2012 to 4.185 thousand bags in 2016. In order to prevent the declining sales, PT Pos Indonesia has already created a new strategy through O-Ranger to modernization the service process, especially in business mail and parcel. O-ranger is a team that is formed by Pos Indonesia to conduct a pick-up service which collect the parcel by come over to customers.




For a long time, PT Pos Indonesia does not do marketing activities and launch new services or innovation, especially in mail and parcel division to the public and PT Pos Indonesia does not have a good perception in terms of brand image and quality service in consumers. Those factors make consumer difficult to accept the existence new services/innovation from PT. Pos Indonesia. So, there are the challenge for the early stage is to implement the new services O-Ranger to increase the brand awareness.




Analyzing the business situation through external analysis (PESTLE), internal analysis, competitor analysis, and consumer analysis (Motivation, Performance, Importance, Intention) aims to solve the issue faced. SWOT can be generated from the analysis business situation. And also, root cause can be found from the analysis business situation. The findings of root cause help PT. Pos Indonesia to determine an appropriate the business solution through the marketing strategy for O-Ranger in order to increase the brand awareness.




There are several proposed solutions for improvement based on the root cause that is faced by O-Ranger, such as do marketing communication, give trainings, create standard operating procedure, optimizing the function of distribution performance, and determine the STP of O-Ranger. The proposed marketing strategy will be implement through the implementation plan for 6 months.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - MBA-ITB
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Herry Hudrasyah, M.A, Editor: Yose Ali Rahman

File PDF...