Path: TopS2-ThesesElectrical Engineering-STEI2009

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SIMULASI DINAMIKA DAN PENYOBEKAN KERTAS SECARA REAL TIME MENGGUNAKAN MODEL SPRING-MASS

DESIGN AND IMPLEMENTATION OF REAL TIME PAPER DYNAMICS AND TEARING SIMULATION USING SPRING-MASS MODEL

Master Theses from JBPTITBPP / 2017-09-27 15:37:42
Oleh : ALVANI WIWOHO (NIM: 23207163), S2 - Electrical Engineering (e-mail: alvaniwiwoho@gmail.com )
Dibuat : 2009, dengan 1 file

Keyword : Physics Simulation, Spring-Mass Model, Paper Simulation
Subjek : Computer modeling and simulation
Kepala Subjek : Computer Science
Nomor Panggil (DDC) : T 003.30624 WIW
Url : http://otomasi.lib.itb.ac.id/home.php?menu=library&action=detail&libraryID=93630

Implementasi model-model fisika pada video game memberikan pengalaman baru dalam hal interaktivitas, sensasi, dan realitas ketika bermain dalam dunia maya. Rigid body dynamics dapat mensimulasikan gaya dan gravitasi terhadap suatu benda sehingga benda tersebut dapat berperilaku seperti pada dunia nyata. Kelemahan dari rigid body adalah bentuk benda yang disimulasikan tidak dapat berubah bentuk. Untuk mengatasi hal tersebut pada beberapa tahun belakangan ini dikembangkan metoda-metoda untuk aplikasi real time dari soft body dynamics. Soft body dynamics mengatasi simulasi obyek-obyek yang dapat berubah bentuk (deformable) seperti kain, rambut, dan karet yang tidak dapat disimulasikan soft body.

Model spring-mass merupakan salah satu model yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi soft body dynamics. Model ini menggunakan titik-titik massa yang dihubungkan satu sama lain dengan menggunakan pegas. Penggunaan pegas pada model ini memungkinkan benda untuk menjadi pendek atau menjadi panjang apabila dikenakan suatu gaya. Getaran yang dihasilkan dari penggunaan pegas menyebabkan model ini sangat cocok untuk mensimulasikan benda-benda karet.

Simulasi dinamika dan penyobekan kertas dapat diimplementasikan dengan model spring-mass. Struktur grid dari spring-mass mempermudah proses penyobekan yang merupakan operasi pembelahan sisi secara geometris. Masalah yang timbul pada proses simulasi adalah sifat kertas yang lebih kaku dari kain atau karet. Beberapa metoda seperti memperbesar nilai konstanta pegas dan penambahan constraint telah dikembangkan untuk mengatasi hal tersebut. Tesis ini akan membahas metoda, algoritma, dan implementasi simulasi dinamika dan penyobekan kertas menggunakan model spring-mass.

Deskripsi Alternatif :

Physics implementation in video games brought new level of interactivity, immersion and reality while playing in virtual world. Rigid body dynamics simulate the force and gravity applied to the object so it can move and behave similiar to the real world. Soft body dynamics which gained developer interest in the last few years could simulate deformable object improving rigid body simulation that only support non-deformable model. This improvement took the soft body objects such as cloth, hair, and rubber to the real time simulation.

Spring mass model is a simulation method that widely used to simulate soft body objects. This model is using mass points that connected to each other by springs. The spring nature of this implementation could make the object compressed or extended if exerted by a certain force. The oscillation generated by springs make this model is perfect match for simulating rubbery objects.

Paper dynamics and tearing simulation could be performed by using spring mass model. The grid structure of spring mass naturally support the tearing since it defined as geometric operation. The problem that arise is the paper dynamics behavior which is much stiffer than cloth or rubber. Several methods have been developed to overcome this problem such as increasing the stiffness of each spring or adding constraints to spring length. This thesis will discuss the methods, algorithms, and implementation to simulate paper dynamics and tearing by using spring mass model.

Copyrights : Copyright Â(c) 2001 by ITB Central Library. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - Electrical Engineering
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Ir. Ary Setijadi Prihatmanto dan Dr. Ir. Arry Akhmad Arman, Editor: Vika A. Kovariansi

Download...