Path: Top > S1-Final Project > Mining Engineering-FTTM > 2018

PEMILIHAN DUMP TRUCK ANTARA KOMATSU HM400-1 DENGAN CAT 740C BERDASARKAN PERTIMBANGAN PRODUCTIVITY DAN TOTAL COST PADA KEGIATAN MINING DAN STRIPPING DI PIT A PT XYZ

DUMP TRUCK SELECTING BETWEEN, KOMATSU HM400-1 WITH CAT 740C BASED ON PRODUCTIVITY AND TOTAL COST IN PIT A PT XYZ

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2018-03-13 14:56:58
Oleh : ALRIFKI ARSA PUTRA (NIM : 12113039), S1 - Mining Engineering-FTTM
Dibuat : 2018-03-13, dengan 1 file

Keyword : Produktivitas, Total Cost, Truk, Jarak Angkut, Tonnage

Di dalam industri pertambangan saat ini, sering terjadi fluktuasi harga jual komoditi pertambangan, baik peningkatan maupun penurunan harga jual. Peningkatan harga jual menyebabkan kegiatan produksi meningkat, yang diiringi oleh peningkatan biaya operasi secara keseluruhan. Sedangkan penurunan harga jual akan menurunkan profit perusahaan. Hal ini menyebabkan menurunnya rantai produktivitas dari industri-industri tambang secara umum. Produktivitas yang rendah dalam suatu tahapan akan berdampak pada tahapan penambangan yang lain. Sehingga perlu dilakukan suatu studi analisis mengenai fleet productivity serta cost yang dihasilkan pada pit A.

Adapun tujuan penelitian kali ini yaitu memilih opsi truk angkut dengan produktivitas yang lebih tinggi serta total biaya yang relatif lebih rendah. Penelitian dibatasi pada data produksi Pit A selama 5 bulan. Metode yang digunakan yaitu berupa studi literature dan hasil pengamatan lapangan.

Penelitian ini memberikan hasil bahwa produktivitas truk angkut Komatsu HM400-1 sebesar 156,414 Ton/Bulan untuk Ore dan 179,639 Ton/Bulan untuk Waste, lebih tinggi dibandingkan dengan Truk Caterpillar 740C sebesar 147,429 Ton/Bulan untuk Ore dan 169,525 Ton/Bulan untuk Waste. Selain itu, total cost yang dihasilkan oleh truk angkut Komatsu HM400-1 lebih kecil (murah) dibandingkan dengan Cat 740C, yaitu sebesar $67,666 untuk Komatsu HM400-1 dan $74,491 untuk Cat 740C. Dengan demikian didapat bahwa truk angkut Komatsu HM400-1 lebih feasible untuk digunakan perusahaan dalam memenuhi target produksi mereka.

Deskripsi Alternatif :

In the current mining industry, fluctuations in the prices of mining commodities often occur, either the increase or decrease of the selling price. Increased selling prices led to increased production activity, which was accompanied by an increase in overall operating costs. While the decline in selling prices will lower the company's profit. This leads to a decrease in the productivity chains of the mining industry in general. Low productivity in a stage will impact on other mining stages. So it is necessary to do a study on fleet productivity and cost generated in pit A.

The purpose of this research is to select the haul truck with higher productivity and with the total cost that is relatively lower. The study was limited to 5 months production data in Pit A. The method used is literature study and field observation.

This research gives the result that the productivity of the Komatsu HM4001 haul truck is 156,414 Ton/Month for Ore and 179,639 Ton/Month for Waste, higher compared to the Caterpillar 740C Truck with 147,429 Ton/Month for Ore and 169,525 Ton/Month for Waste. In addition, the total cost generated by the Komatsu HM400-1 truck is smaller (cheaper) than the Cat 740C, which is $67,666 for Komatsu HM400-1 and $74,491 for Cat 740C. Thus it is found that the Komatsu HM400-1 haul trucks are more feasible for the company to meet their production targets.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS1 - Mining Engineering-FTTM
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Prof. Dr. Ir. Irwandy Arif, M.Sc., Editor: Resti Andriani

File PDF...