Path: Top > S2-Theses > Business Administration-SBM > 2018

PENGEMBANGAN STRATEGI BERDASARKAN MODEL ORGANISASI INDUSTRI STUDI KASUS DI PT. FIFAN JAYA MAKMUR, PERUSAHAAN JASA SURVEY DAN PEMETAAN

STRATEGY DEVELOPMENT BASED ON INDUSTRIAL ORGANIZATION MODEL CASE STUDY AT PT. FIFAN JAYA MAKMUR, SURVEY AND MAPPING SERVICE COMPANY

Agustus 2018
Master Theses from JBPTITBPP / 2018-08-10 15:45:40
Oleh : Agung Jati Pramono / 29116371, S2 - MBA-ITB (agung.jati@sbm-itb.ac.id)
Dibuat : 2018-08-10, dengan 1 file

Keyword : Core Competencies, Cost Leadership, External Analysis, Industrial Organization Model, Survey And Mapping Services
Subjek : Business Strategy
Kepala Subjek : 658.4
Nomor Panggil (DDC) : 658.4
Sumber pengambilan dokumen : PT. Fifan Jaya Makmur

Pada awal pendirian Fifan merupakan perusahaan dengan kegiatan survei dan pemetaan di dalam dan luar negeri khususnya untuk memasok tenaga kerja survey untuk perusahaan minyak dan gas. Fifan telah melewati periode krisis selama 2 tahun, karena hilangnya figur pemimpin. Dengan kondisi seperti itu Fifan akhirnya diakuisisi, dengan saham mayoritas dipegang oleh Shipping Agency, PT. Bintang Samudera Utama pada September 2017. Fifan kemudian menjadi sister company dari PT. Bintang Samudera Utama dan didukung sepenuhnya untuk beroperasi kembali dalam industri survei dan pemetaan. Fifan seakrang mencakup tiga divisi survei baru: topografi, hidrografi dan fotogrametri. Tesis ini bertujuan untuk menemukan, menyusun dan memelihara keunggulan kompetitif perusahaan dan strategi bisnis yang sesuai untuk perusahaan, kemudian membuat rencana implementasi strategi bisnis.



Metode yang digunakan adalah dengan membuatIndustrial Organizational Model (I/O), dimana I/O menjelaskan lingkungan eksternal yang mendominasi keputusan strategis perusahaan. Skema sekuensial dalam penelitian ini adalah menganalisa lingkungan eksternal, menafsirkan analisis industri, membuat perumusan strategi, menyiapkan aset dan keterampilan yang dibutuhkan serta membuat rencana implementasi strategi. Dalam analisis eksternal, industri sangat dipengaruhi oleh industri infrastruktur dan energi, yang beroperasi oleh lembaga pemerintah dan perusahaan swasta.



Strategi yang diusulkan oleh Fifan adalah strategi cost leadership, sebagai tahap awal untuk mengembangkan perusahaan dan membangun hubungan baik dengan pelanggan.



Tiga kompetensi inti: keahlian teknis, membangun hubungan kolaboratif dan kehandalanjasa mendukung strategi yang dipilih.



Langkah-langkah yang dilakukan adalah membangun hubungan kolaboratif dengan para stakeholders, untuk mendapatkan harga terbaik dari penyedia alat dan personel, mempersiapkan kedua faktor untuk kompetisi yang akan datang dan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Untuk keberlangsungan perusahaan Fifan harusdapat menyeimbangkan dan menjaga kualitas serta strategi bisnis yang diterapkan.

Deskripsi Alternatif :

At the beginning of establishment Fifan conducted survey and mapping activities in Indonesia and abroad specifically to supply manpower for oil and gas companies. Fifan had been through a period of crisis for the last 2 years, due to majority held by Shipping Agency, PT. Bintang Samudera Utama in September 2017. Fifan then became sister of PT. Bintang Samudera Utama and fully supported to re-operate in survey and mapping industries. Fifan operates in new three survey division: topography, hydrography and photogrammetry. This thesis aims to find, compile and maintain the company competitive advantage and suitable business strategy for the company, then create business strategy implementation plan.



The method is to create Industrial Organizational Model (I/O), which in I/O explains external environment that dominates company's strategic decisions. The sequential scheme in this study is to analyze the external environment, interpreting industry analysis, create strategy formulation, prepare required assets and skills create strategy the implementation plan. In external analysis the industry is heavily influenced by the infrastructure and energy industries, that operates by government agency and private company.



The strategy proposed by Fifan is cost leadership strategy, as an initial stage to develop the company and build good relationships with customers. Three core competencies: technical expertise, collaborative relationship and reliability of services support the strategy



The steps consist of building collaborative relationships with stakeholders to get the best price from suppliers and personnel, preparing both factors for the upcoming competition and building good relationships with customers. For further continuity company should be able to balancing and maintaining the quality and business strategy applied.




Keywords:Core Competencies, Cost Leadership, External Analysis, Industrial Organization Model, Survey And Mapping Services

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Perpustakaan Digital ITB. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - MBA-ITB
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Harimukti Wandebori, MBA., Ph.D, Editor: Yose Ali Rahman

File PDF...