Path: TopS2-ThesesGeophysics Engineering-FTTM2011

IMPLEMENTASI SEISMIK TOMOGRAFI WAKTU TEMPUH ANTAR LUBANG BOR DALAM MEMODELKAN STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN BUMI DANGKAL STUDI KASUS : SMART TUNNEL DI KUALA LUMPUR MALAYSIA

Master Theses from JBPTITBPP / 2017-10-09 10:24:10
Oleh : ADREE OCTOVA (NIM : 223 09 005), Department of Geophysical Engineering
Dibuat : 2011, dengan 6 file

Keyword : Seismik tomografi antar lubang bor, waktu kedatangan gelombang pertama, SMART tunnel.

Sebuah terowongan dengan fungsi ganda dibangun di Kuala Lumpur Malaysia untuk mengatasi banjir dan kemacetan. Pembangunan terowongan harus memiliki unsur keselamatan dan dampak lingkungan masyarakat yang baik. Oleh karena itu dalam pembangunan terowongan harus dilakukan beberapa studi untuk meyakinkan terowongan yang dibuat memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Salah satunya gambaran struktur batuan bawah permukaan bumi.



Metode seismik waktu tempuh antar lubang bor diterapkan dalam menggambarkan struktur bawah permukaan. Sumber diletakkan di salah satu lubang bor dan beberapa receiver ditempatkan di lubang bor lainnya. Data yang digunakan sebagai input metoda seismik tomografi waktu tempuh ialah kedatangan tercepat dari gelombang yang pertama kali diterima setiap receiver. Studi yang dilakukan terdiri dari tiga tahap. Pertama merekonstruksi model sintetis yang dibuat berdasarkan parameter lapangan. Parameter lapangan dibagi dalam 24 receiver dan 45 receiver. Kedua menerapkan proses inversi untuk data lapangan yang terdiri dari lima pasang lubang bor. Terakhir, dilakukan tes resolusi untuk menguji kualitas tomogram.



Pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak FAST menghasilkan bentuk rekonstruksi model sintetis dengan 45 receiver yang lebih tegas dan menyerupai model awal. Untuk data lapangan diindikasikan adanya cavity di beberapa tempat di antara lubang bor. Cavity ditemukan pada BH2A-BH1, BH4A-BH2A dan BH4A-BH5 dengan struktur memanjang dan bulat. Dalam tes resolusi menggunakan checker-board, anomali masih dapat diidentifikasi sampai ukuran 2 meter x 2 meter. Analisa seismik tomografi waktu tempuh antara lubang bor membuktikan bahwa metoda ini sangat bagus dalam menggambarkan struktur bawah permukaan dan batas lapisan. Ukuran dan posisi dari anomali dapat dikenali dan diinterpretasi dengan mudah.

Deskripsi Alternatif :

A tunnel with a dual function was built in Kuala Lumpur Malaysia to solving flood and traffic congestion problem. Construction of the tunnel must has good element of safety and environmental impact. Therefore, in the construction of the tunnel should be done several studies to make sure the tunnel that made has a high level of safety. One of them is subsurface imaging of rock structures.



Travel time cross-hole seismic tomography is applied to describing the structure of the subsurface. The sources are placed at one borehole and some receivers are placed in the others. First arrival travel time data that received by each receiver is used as the input data in seismic tomography method. This research is devided into three steps. The first step is reconstructing the synthetic model based on field parameters. Field parameters are divided into 24 receivers and 45 receivers. The second step is applying inversion process for the field data that consists of five pairs bore holes. The last step is testing quality of tomogram with resolution test.



Data processing using FAST software produces an explicit shape and resemble the initial model reconstruction of synthetic model with 45 receivers. The tomography processing in field data indicates cavities in several place between the bore holes. Cavities are identified on BH2A-BH1, BH4A-BH2A and BH4A-BH5 with elongated and rounded structure. In resolution tests using a checker-board, anomalies still can be identified up to 2 meter x 2 meter size. Travel time cross-hole seismic tomography analysis proves this mothod is very good to describing subsurface structure and boundary layer. Size and anomalies position can be recognized and interpreted easily.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiDepartment of Geophysical Engineering
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Dr.rer.nat. R. Moh. Rachmat Sule, ST, MT, Editor: Alice Diniarti

Download...