Path: Top > S1-Final Project > School of Business and Management > 2012

ANALISA STRATEGI PROMOSI DENGAN INTGRATED MARKETING COMMUNICATION MODEL UNTUL MENDAPATKAN KESADARAN MASYRAKAT DI BINTARO JAYA

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2015-06-15 08:42:01
Oleh : ADITYA WIDYARAAHMAN (NIM : 19008123); Pembimbing: Drs. Herry Hudrasyah, MA., School of Business and Management
Dibuat : 2012, dengan 7 file

Keyword : Integrated Marketing Communication, Promotion Strategy, Marketing Communication Mix, Advertising.

'My Mate Food & Friends' adalah bisnis kuliner yang nyata, disini penulis ikut terlibat langung dalam

menjalankan bisnis kuliner tersebut. Bisnis ini masih dalam proses, dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketertarikan pelanggan terhadap bisnis kuliner 'My Mate Food & Friends' di daerah Bintaro Jaya dengan mengetahui seberapa kuat brand building dan persaingan antar pesaing di Jakarta dengan menggunakan strategi bisnis Integrated Marketing Communication (IMC). Penulis ikut membangun proses pembangunan My Mate Food & Friends dalam penyelesaian

masalah yang sedang dihadapi dalam bisnis kuliner saat ini.

Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode penelitian eksploratori, yaitu dengan melakukan

field-observation. Dalam field observation penulis mengamati kondisi brand, pasar, competitor, dan lingkungan sekitar secara langsung, dengan membagikan kuesioner berdasarkan potential market dan persepsi & ekspektasi consumer terhadap cafe di Jakarta dan My Mate Food & Friends.

Dari data yang di peroleh dari observasi di lapangan secara langsung penulis dapat membuat beberapa pertanyaan untuk kuiesoner. Penulis menggunakan pertanyaan tertutup dimana jawaban dari kuesioner

tersebut didapat dari hasil field observation. Penulis menggunakan metode kuantitatif, dimana penulis menggunakan system statistik dari indikator yang telah ditetapkan berdasarkan permasalahan yang seharusnya diperbaiki oleh manajemen My Mate Food & Friends Bintaro. Pertanyaan yang diberikan oleh penulis adalah mengenai target pasar yang berpotensi untuk My Mate Food & Friends dan persepsi konsumer terhadap cafe di Jakarta dan ekspektasi konsumer untuk cafe My Mate Food & Friends.

Permasalah yang diangkat di penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan manajemen untuk meningkatkan kesadaran konsumer terhadap My Mate Food & Friends Bintaro, dan harus mencari solusi apa yang seharusnya manajemen lakukan untuk menjadi new culinary business concept yang diterima oleh masyarakat dan mendapatkan new costumer dengan menggunakan teori Integrated Marketing Communication Model dan kompetitif terhadap kompetitornya, dengan menggunakan SWOT Analysis & 7 P's Marketing Mix Analysis. Permasalah terlihat lebih jelas dari hasil statistik yang dikumpulkan oleh penulis, berdasarkan persepsi konsumer terhadap cafe di Jakarta dan ekspektasi konsumer terhadap cafe My Mate Food & Friends. Bisa dilihat kekurangan apa saja yang ada di cafe-cafe Jakarta dan menjadikan sebuah keuntungan untuk My Mate Food & Friends untuk mengembangkan brand serta management yang ada di dalam perusahaan. Oleh karena itu berdasarkan analisis tersebut, penulis memberikan saran dan rekomendasi untuk My Mate Food & Friends mengenai apa yang seharusnya manajemen lakukan, dari segi proses strategi promosi yang baik, berbeda, kreatif, efektif, dan efisien.

Deskripsi Alternatif :

'My Mate Food & Friends' is real culinary business in Bintaro Jaya, the writer also directly involve in

running this real culinary business. This business still on progress, as we can see the objectives of this

research is for discovering costumer awareness to My Mate Food & Friends in Bintaro Jaya Area, with knowing how strong the brand building the management make and competition between other music cafe in Jakarta.

The writer used Integrated Marketing Communication model strategy business to analyze this problem. The writer also develops the process of the development My Mate Food & Friends, and helped solving the problem in culinary business nowadays. In this research the writer used exploratory research method. Exploratory Research is the second stage of this research. This is a type used to determine the key factors that will be the costumer consideration. Exploratory research is type of

research of conducted because a problem has not been clearly defined. The results explorative research is going to be used field observation and questionnaire variables. On field observation the writer directly observe the brand competitor, consumer, and market condition also the environment in Bintaro Jaya.

On the questionnaires the writer spread in Bintaro Jaya, the questionnaires are based on Potential Target Market and Costumer perception cafe in Jakarta & Costumer Expectation for My Mate Food & Friends. From the data the writer easily to determine how to solve the problem, which is the writer will know the problem of cafe in Jakarta and it will be advantage to My Mate Food & Friends to develop their brand and company to compete with other music cafe in Jakarta. From the data the writer had from direct field observation in My Mate Food & Friend, the writer made questions for the questionnaire. The writer use confidential questions, where the answers from the respondents are gathered from field observation. The method the writer used is quantitative method.

The writer used statistic system from the indicator that stated based on the problem that should solved by My Mate Food & Friends management. The problem that raised in this research is about promotion strategy that performs by My Mate Food & Friends management to have costumer awareness for My Mate Food & Friends, and finding solution that management should do to become new concept culinary business in concept that accepted from

people in Bintaro and gaining new costumer (with Integrated Marketing Communication) also competitive with other competitors. (SWOT Analysis & 7 P's Marketing Mix Marketing Analysis).

The finding can be seen trough by data of consumer perception about cafes in Jakarta and consumer expectation abot My Mate Food & Friends. Therefore, based on the analysis, the writer giving conclusion and recommendation for My Mate Food & Friends management they should do, from the good, different, creative, effective and efficient strategy promotion process.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiSchool of Business and Management
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Herry Hudrasyah, MA., Editor: PKL-SMK

File PDF...