Path: Top > S2-Theses > Business Administration-SBM > 2012

THE EFFECT OF SOEKARNO-HATTA INTERNATIONAL AIRPORT – JAKARTA RAILWAY TRAIN PROJECT TO PT KERETA API INDONESIA FINANCIAL PERFORMANCE

PENGARUH ADANYA PROYEK KERETA API BANDARA SOEKARNO-HATTA – JAKARTA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PT KERETA API INDONESIA

Master Theses from JBPTITBPP / 2017-09-27 15:31:16
Oleh : ADHI NUGRAHA (NIM: 29110409), S2 - Business Administration
Dibuat : 2012, dengan 6 file

Keyword : Railway Train, Capital Structure, Project Investment, Financial Performance

Soekarno-Hatta is the largest and busiest airport in Indonesia. With passenger growth up to 5.7% per year expected by 2030 passengers in and out of airports will reach 141 million people. So far, the transportation route in and out of the airport is only via the highway road (toll or non-toll) that will pass ring road Jakarta. Currently, the growth of vehicles in Jakarta is very surprising to cause severe traffic jam. The traffic jam that often occured is also affected either directly or indirectly to the traffic conditions and from the Soekarno-Hatta Airport




Indonesia Government through Presidential Decree number 83 of 2011 assigned PT Indonesia Railway to build railway transportation infrastructure through a circular route Jakarta to Soekarno Hatta. The purpose is to develop alternative transportation to help reduce transport problems in the future.




For PT KAI itself, as the government-owned company that has a public service obligation (PSO), the project must be done, but there will be a question of whether this project will give positive or negative impact for the company in the future, especially in terms of financial performance. Therefore, to analyze the value added of this project, the future financial statements between if PT KAI do the project and if they don’t do the project must be compared.




As a first step analyzed the financial condition of PT KAI current through the analysis of time series, cross section, a ranking based on two methodologies (BUMN & Moody's), and the current capital structure. Furthermore, the feasibility and demand analysis of the project will be presented as information.




To determine how much value a given project, the projected of current consolidated financial statements and financial statement projections of the project will be conducted. Next step will be compare and analyze the results of these projections which are the consolidated financial statements without the project with projected financial statements consolidation plus project. From the results of the comparison will be observed whether the project also increased ratings of PT KAI.




This research provides business solutions to PT KAI to improve financial performance and corporate value by increasing the financial indicators and investment rating. In the end, the project can be roled as a business solution to improve financial performance in the future.

Deskripsi Alternatif :

Soekarno-Hatta merupakan bandar udara terbesar dan tersibuk di Indonesia saat ini. Dengan pertumbuhan penumpang hingga 5.7% per tahun diperkirakan pada tahun 2030 penumpang yang akan keluar masuk Bandara mencapai 141 juta orang. Selama ini jalur keluar masuk dari Bandara melalui jalan raya (tol maupun non tol) yang akan melewati jalan tol lingkar Jakarta. Saat ini, pertumbuhan kendaraan di Jakarta sangat mencengangkan hingga menimbulkan kemacetan yang parah. Kemacetan yang sering terjadi ini ikut berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung kepada kondisi lalu lintas dari dan menuju Bandara Soekarno- Hatta.




Pemerintah Repubik Indonesi.a melalui Peraturan Presiden nomor 83 tahun 2011 menugaskan PT Kereta Api Indonesia untuk mengusahakan sarana dan prasarana angkutan melalui jalur lingkar Jakarta menuju Bandara Soekarno Hatta. Hal ini dilakukan untuk membangun alternatif jalur transportasi untuk membantu mengurangi permasalahan angkutan di masa depan.




Bagi PT KAI sendiri, sebagai perusahaan milik pemerintah yang memiliki kewajiban pelayanan publik (PSO), proyek ini wajib dilakukan, namun akan timbul suatu pertanyaan apakah proyek ini akan memberikan dampak positif bagi perusahaan di masa yang akan datang terutama dari segi kinerja keuangan perusahaan. Oleh sebab itu untuk menganalisa nilai tambah proyek ini, akan dilakukan perbandingan kinerja keuangan perusahaan antara jika PT KAI melakukan proyek dengan jika tidak melakukan proyek.




Sebagai langkah awal dilakukan analisa keadaan keuangan PT KAI saat ini melalui analisa time series, cross section, penentuan peringkat berdasarkan dua motodologi (BUMN & Moodys), dan struktur permodalan saat ini. Selanjutnya akan dibahas mengenai analisa kelayakan dan demand dari proyek Untuk menentukan berapa besar nilai tambah yang diberikan proyek, dilakukan proyeksi laporan keuangan konsolidasi dan proyeksi laporan keuangan proyek. Selanjutnya akan dibandingkan dan dianalisa hasil proyeksi ini yaitu laporan keuangan konsolidasi tanpa proyek dengan proyeksi laporan keuangan konsolidasi ditambah proyek. Dari hasil perbandingan akan diamati pula peningkatan peringkat dari PT KAI.




Penelitian ini memberikan solusi bisnis kepada PT KAI untuk meningkatkan kinerja keuangan dan nilai perusahaan dengan melakukan peningkatan indikator keuangan dan peringkat investasi. Pada akhirnya, penelitian ini akan menjadikan proyek sebagai solusi bisnis untuk meningkatkan performa keuangan di masa depan.

Beri Komentar ?#(8) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTITBPP
OrganisasiS2 - Business Administration
Nama KontakUPT Perpustakaan ITB
AlamatJl. Ganesha 10
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon62-22-2509118, 2500089
Fax62-22-2500089
E-mail Administratordigilib@lib.itb.ac.id
E-mail CKOinfo@lib.itb.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Ir. Subiakto Soekarno, MBA., Editor: PKL-SMK

File PDF...